Lakukan 5 hal ini untuk mengajarkan anak tentang 'cinta' yang sebenarnya

Contoh yang Anda dan pasangan tunjukkan setiap hari, adalah cara terbaik mengajarkan anak tentang arti cinta yang sebenarnya.

1,893 views   |   3 shares
  • Anda pasti setuju jika dikatakan bahwa anak akan belajar dari apa yang dilihatnya setiap hari. Mereka memerhatikan dan meniru segala tindakan orangtuanya, baik disadari maupun tidak. Jika Anda memberikan contoh yang salah, maka anak akan mengikutinya. Karenanya, selalu berikan contoh terbaik bagi mereka.

  • Jika ingin anak Anda tahu bagaimana mencintai dan dicintai, perlihatkan kepada mereka lewat contoh-contoh bagaimana Anda dan pasangan saling mencintai dan menghargai. 5 hal di bawah ini perlu Anda dan pasangan lakukan di depan anak-anak, untuk mengajarkan mereka tentang arti "cinta" yang sesungguhnya.

  • 1. Tertawa bersama

  • Ajarkan anak-anak bahwa hidup ini jangan dihadapi terlalu serius. Tidak hanya mengajarkan mereka untuk bahagia dan bersyukur dalam menjalani hidup, tapi juga perlihatkan pada meraka bahwa cinta dapat membuat kita tertawa karena bahagia.

  • 2. Tidak malu mengungkapkan 'cinta'

  • Jangan pernah merasa malu atau bosan mengungkapkan 'cinta' kepada pasangan, terutama saat di depan anak-anak. Bahkan tidak hanya kepada pasangan, ungkapkan juga cinta Anda kepada anak. Kalimat-kalimat seperti "Aku mencintaimu", "Terimakasih cintaku", "Kamu begitu menawan hari ini", "Kamu terlihat seksi", "Kamu adalah Ayah atau Ibu yang hebat". Dan ungkapan penuh cinta lainnya yang dapat memperlihatkan anak arti cinta yang sebenarnya.

  • 3. Melayani satu sama lain

  • Ajarkan anak-anak bahwa, ketika kita mencintai seseorang maka kita akan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk orang yang kita cintai tersebut. Tidak hanya dengan melakukan tanggung jawab sebagai seorang suami atau istri, tetapi lebih dari itu perlihatkan anak betapa Anda tulus melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan hati pasangan. Agar mereka memahami poin ini, sesekali ikut sertakan mereka mempersiapkan hal istimewa untuk Ibunya. Seperti memasak bersama makanan istimewa untuk Ibu, atau membuatkan sebuah hadiah istimewa di hari-hari yang spesial.

  • 4. Bekerjasama

  • Anak-anak Anda juga perlu tahu, bahwa sebuah cinta memerlukan kerjasama. Cinta tidak dapat bertahan jika hanya satu orang saja yang berjuang. Oleh karenanya, sejak dini tunjukkan kepada anak-anak bagaimana Anda dan pasangan bekerjasama sebagai sebuah tim dan memperkuat landasan sebuah pernikahan.

  • 5. Pergi berkencan

  • Pergi berkencan juga dapat menunjukkan kepada anak-anak bagaimana Anda dan pasangan saling mencintai dan terus meningkatkan cinta kalian dengan sering melakukan refreshing berdua. Ketika Anda terbiasa meninggalkan anak-anak untuk melakukan kencan berdua bersama pasangan, maka anak-anak akan memahami dan mengerti bahwa ayah dan ibunya membutuhkan waktu bersama sebagai seorang pasangan. Ketika anak Anda nantinya mulai menjalin hubungan romantis, mereka telah mendapatkan contoh yang sangat kuat bagaimana pentingnya sebuah kencan jika ingin berakhir dalam sebuah pernikahan.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Lakukan 5 hal ini untuk mengajarkan anak tentang 'cinta' yang sebenarnya

Contoh yang Anda dan pasangan tunjukkan setiap hari, adalah cara terbaik mengajarkan anak tentang arti cinta yang sebenarnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr