Sulitnya kembali berhubungan intim setelah mengalami keguguran. Apa yang harus saya lakukan?

Ranjang "mendingin" karena trauma dan ketakutan Anda. Keguguran yang telah lalu rupanya membekas dan membuat Anda sulit untuk 'moving on'.

1,358 views   |   1 shares
  • Kehilangan janin yang sedang diharapkan kelahirannya adalah sebuah musibah yang menyayat hati. Para ibu yang mengalami keguguran, tenggelam dalam duka, tidak sedikit yang bergulir menjadi sebuah trauma.

  • Kepedihan yang menghantui lalu merembet pada kemampuan dan keinginan untuk moving on. Salah satunya adalah untuk melakukan hubungan intim dengan suami tercinta. Pada umumnya, hubungan intim dapat dilakukan setelah pasangan siap (terutama sang istri).

  • Dari segi kesiapan fisik, mayoritas ahli medis menyarankan untuk menunggu hingga pendarahan berhenti. Lebih baik lagi jika telah mengalami satu siklus haid yang normal. Setelah keguguran, rahim dan leher rahim lebih rapuh dari biasanya. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim atau memasukkan benda asing apapun ke dalam vagina. Hubungan intim yang terburu-buru dapat membuat rahim dan leher rahim terinfeksi sehingga makin lama untuk pulih. Biasanya, pendarahan akan berhenti setelah 2 minggu. Bisa saja pendarahan terjadi lebih lama, tergantung kasus yang terjadi.

  • Apabila Anda masih was-was, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kembali setelah beberapa minggu. Diskusikan dengan dokter kandungan, apa penyebab keguguran Anda yang lalu. Jika kiranya tidak ada masalah mengkhawatirkan, Anda dapat mencoba perlahan untuk kembali aktif secara seksual.

  • Yang kerap terjadi, kesulitan untuk memulai kembali berhubungan suami istri muncul dari sisi psikologis. Ketakutan, trauma, dan rasa bersalah membuat Anda enggan untuk melangkah. Di sinilah dukungan dan penyemangat berupa sugesti positif perlu ditanamkan pada benak Anda. Terkadang Anda lupa, bukan hanya Anda saja yang mengalami kesedihan. Suami, orang tua, atau pihak keluarga turut berduka atas peristiwa ini. Jangan ragu ataupun sungkan untuk meminta pertolongan.

  • Sekiranya Anda merasa berat menjalani hari-hari, bicaralah pada sahabat atau menjalani konseling dengan psikolog. Di forum-forum maya, ada pula threadyang mempertemukan para ibu yang mengalami keguguran seperti Anda. Ini bisa menjadi support group yang baik. Berbagi cerita dari mereka yang mengalami pengalaman serupa, seringkali membuat perasaan lebih baik dan lebih cepat untuk pulih secara mental.

  • Advertisement
  • Sewajarnya, akan ada beberapa fase yang Anda akan lalui; mulai dari syok, penyangkalan, hingga akhirnya dapat menerima dan moving on. Anda sulit mengungkapkan rasa secara lisan? Tuliskan kesedihan dan kegalauan Anda menjadi sebuah karya. Secara tak langsung, Anda dapat membangkitkan inspirasi bagi mereka yang membacanya. Setidaknya, ada yang berempati dengan apa yang Anda lalui.

  • Biasanya, satu atau dua kali keguguran, tidak memengaruhi kesempatan Anda untuk memiliki momongan. Namun, apabila mengalami keguguran tiga kali berturut-turut, Anda perlu berkonsultasi mendalam dengan dokter kandungan untuk mempersiapkan kehamilan dengan risiko lebih rendah.

  • Sangat disarankan apabila berniat untuk hamil kembali, Anda mempersiapkan tubuh supaya lebih sehat dan fit dengan melakukan beberapa cara di bawah ini:

    • Hilangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol

    • Batasi asupan makanan dan minuman yang mengandung kafein serta bahan pengawet

    • Berolahraga secara teratur

    • Hindari terkena penyakit parah, misalnya demam yang terlampau tinggi, jangkitan virus menular, atau penyakit kronis (diabetes, hipertensi, asam urat tinggi) yang akan meningkatkan risiko kehamilan

    • Jaga bobot badan untuk berada dalam angka normal dan ideal

  • Badai ini tidak untuk Anda hadapi sendiri. Luka ini akan sembuh kala Anda membuka diri. Berbicaralah dari hati ke hati dengan suami, sepakati untuk memulai di saat Anda berdua benar-benar siap. Pada waktunya, Yang Maha Kuasa akan memberikan kembali rezeki di dalam rahim Anda. Sementara itu, persiapkan segalanya sebaik mungkin guna mencegah terulangnya kembali peristiwa kehilangan yang memilukan ini.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Sulitnya kembali berhubungan intim setelah mengalami keguguran. Apa yang harus saya lakukan?

Ranjang "mendingin" karena trauma dan ketakutan Anda. Keguguran yang telah lalu rupanya membekas dan membuat Anda sulit untuk 'moving on'.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr