Cara Menjaga Keintiman dengan Pasangan Setelah Kehadiran Anak

Ketika kita baru menikah, sangat mudah menemukan waktu untuk bersama, tetapi ketika anak-anak lahir dan berada di tengah-tengah kita, lebih rumit untuk menemukan waktu bersama.

63,560 views   |   76 shares
  • Ketika kita baru menikah, sangat mudah menemukan waktu untuk bersama, tetapi ketika anak-anak lahir dan berada di tengah-tengah kita, lebih rumit untuk menemukan waktu bersama. Orang tua perlu memahami nilai waktu kebersamaan mereka dan menerapkan beberapa aturan dasar ketika mereka mulai berkeluarga yang akan memungkinkan untuk tetap menjaga keintiman dalam hubungan mereka sebagai pasangan suami dan istri, sehingga ketika anak-anak mulai lahir, hubungan intim tidak memudar. Berikut ini adalah lima langkah untuk membantu pasangan suami istri yang akan memungkinkan mereka untuk tetap membina hubungan intim mereka sambil membesarkan anak-anak.

  • 1. Biasakan anak tidur dengan teratur

  • Ini adalah aturan yang berharga untuk dijalankan sebagai orang tua. Tidak hanya akan memungkinkan anak Anda tidur malam dengan baik, namun juga memungkinkan orang tua menikmati waktu berdua tanpa diganggu anak-anak yang selalu mencari perhatian. Biasakan anak-anak tidur setidaknya dua jam lebih awal dari waktu tidur Anda sendiri. Ini akan memberi pasutri dua jam setiap malam di mana mereka dapat berbicara satu sama lain, berpelukan, membaca buku bersama atau melakukan banyak hal yang mempererat hubungan pasutri. Hal ini memungkinkan orang tua memiliki waktu yang berharga setiap harinya untuk berduaan saja.

  • 2. Jangan biarkan anak-anak tidur di tempat tidur Anda

  • Tempat tidur memiliki keistimewaan tersendiri dan merupakan ruang yang sangat pribadi untuk pasutri. Ini adalah tempat yang sangat pribadi ketika mereka berbagi momen-momen istimewa mereka. Jika ingin momen-momen istimewa ini terus terjaga dengan anak-anak di tengah-tengah mereka sangatlah penting bagi pasutri untuk menciptakan kesempatan buat itu. Apabila seorang anak tidur di tempat tidur orang tuanya, maka ini akan menjadi kebiasaan bagi anak dan keintiman dalam pernikahan akan dikorbankan. Awalnya tetapkanlah sebuah aturan bahwa anak-anak jangan pernah tidur di tempat tidur orangtuanya agar tidak menjadi kebiasaan. Jika sudah menjadi kebiasaan di rumah, segera ubah kebiasaan itu. Anda dapat memulai dengan menghabiskan waktu bersama anak Anda di tempat tidurnya sampai ia terlelap. Di saat anak terbangun dan kembali ke tempat tidur Anda, bawalah kembali anak ke tempat tidurnya setiap kali ia mencoba untuk kembali dan temanilah sampai anak Anda tertidur. Mungkin diperlukan beberapa malam untuk melakukan hal ini, dan Anda mungkin akan merasa lelah, namun ini berguna untuk mengubah kebiasaan anak Anda. Jangan mengorbankan keintiman bersama pasangan Anda hanya untuk kemudahan anak Anda.

  • Advertisement
  • 3. Ketika berkumpul bersama sebagai keluarga, duduklah di samping pasangan Anda dengan anak-anak di sekitar, bukan di tengah-tengah Anda

  • Ini adalah salah satu saran terbaik yang saya peroleh ketika sebelum menikah dan menjadi salah satu faktor terpenting untuk menjaga hubungan intim dengan kehadiran anak-anak Anda. Ketika pasangan duduk berdampingan, mereka memiliki kecenderungan untuk berpegangan tangan, bersandar pada pundak pasangannya, dan menciptakan keintiman melalui sentuhan kasih. Anda akan terkejut dan melihat banyaknya momen-momen istimewa yang dapat diciptakan dengan menerapkan aturan yang sederhana ini sepanjang perjalanan pernikahan Anda. Sentuhan kasih yang kuat dapat menjadi sebuah pengingat yang sederhana alasan utama Anda menikahi pasangan Anda.

  • 4. Pergi kencan dengan pasangan setidaknya seminggu sekali

  • Pastikan untuk membuat perjanjian dengan pasangan Anda bahwa kencan tidak akan berhenti setelah kehadiran anak-anak. Seperti yang dikatakan bahwa pasangan yang menikmati kegiatan bersama akan tetap bahagia bersama, dan ini adalah benar. Pasangan perlu untuk meluangkan waktu bersama dan sedikit menjauh dari anak-anak sehingga mereka dapat fokus pada kebutuhan satu sama lain dan bukan hanya tertuju pada kebutuhan anak-anak. Rencanakan dalam anggaran keuangan Anda untuk menyewa pengasuh atau Anda dapat menitipkan anak-anak kepada pasangan lain yang Anda kenal. Jika Anda tidak memiliki pilihan, buatlah kencan malam Anda sekali dalam seminggu di rumah di mana Anda dapat memesan makanan dan menyewa film sementara anak-anak berada di tempat tidur. Apa pun yang Anda lakukan, pastikan bahwa ini adalah kencan dan lakukan sebagaimana mestinya kencan tersebut dilakukan. Ketika Anda telah menjadwalkannya, Anda akan tahu bahwa, jika rencana lain gagal, setidaknya ada satu malam dalam seminggu, Anda telah merencanakan keintiman.

  • 5. Memiliki percakapan yang berarti tanpa adanya gangguan

  • Salah satu cara terbaik untuk menciptakan keintiman bagi pasangan ialah dengan menjalin hubungan emosional dan spiritual. Percakapan yang berarti setiap hari akan memungkinkan pasangan untuk berbagi perasaan, keyakinan, emosi dan memungkinkan mereka menjalin hubungan yang lebih dari sekedar basa-basi. Daripada hanya membicarakan kejadian sehari-hari, ketika pasangan membuka hati dan berbagi apa yang paling berharga bagi mereka, mereka benar-benar berbagi satu sama lain. Pasangan akan menemukan hubungan mereka lebih intim sewaktu mereka belajar untuk membuka jiwa mereka bagi satu sama lain.

  • Advertisement
  • Keintiman tidak harus dikorbankan ketika anak-anak lahir dalam pernikahan. Hal ini dapat ditemukan dalam hal-hal kecil yang Anda lakukan terhadap pasangan Anda dan keputusan yang Anda buat sebelum anak-anak menjadi bagian dalam pernikahan. Buatlah aturan-aturan ini bagian dari kehidupan Anda, dan bahkan setelah anak-anak Anda lahir, keintiman pasangan suami dan istri akan menjadi bagian rutin dari kehidupan pernikahan Anda. Dengan melakukan hal ini Anda tidak hanya akan menemukan kebahagiaan dalam pernikahan Anda, namun Anda juga akan menjadi teladan bagi anak-anak Anda akan pernikahan yang bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "How to enjoy intimacy after children" karya Tiffany Fletcher.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Cara Menjaga Keintiman dengan Pasangan Setelah Kehadiran Anak

Ketika kita baru menikah, sangat mudah menemukan waktu untuk bersama, tetapi ketika anak-anak lahir dan berada di tengah-tengah kita, lebih rumit untuk menemukan waktu bersama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr