Berbisnis online juga perlu sederet persiapan penting. Ini daftarnya

Mereka yang sukses dan berhasil dengan bisnis onlinenya pasti memulainya dengan perhitungan, pertimbangan, dan persiapan yang matang.

267 views   |   3 shares
  • Sekarang ini banyak pengusaha atau pemula yang mencari peluang usaha berbasis online. Banyak pula pengusaha konvensional yang akhirnya beralih pada usaha online. Meskipun bisnis konvensional masih banyak peminatnya, namun bisnis online ternyata juga tak kalah banyak peminatnya. Bisnis online di era yang serba internet memang menjadi lahan usaha yang menjanjikan. Hanya bermodalkan gadget dan internet, seseorang bisa meraup banyak keuntungan melalui usaha berbasis online (jika bisnis online berjalan sesuai harapan).

  • Meski terdengar mudah dan simpel, bisnis online juga punya trik dan persiapan matang yang harus dipersiapkan calon pengusaha online tersebut. Gadget, laptop, jaringan dan situs internet yang dimiliki bukan jaminan bisnis online bisa sukses. Kalaupun sukses, apakah dijamin jalan terus atau jangan-jangan hanya menjadi bisnis musiman.

  • Sudah banyak pengusaha online yang sukses dengan bisnis onlinenya, bahkan bisnis tersebut dijadikan sumber penghasilan utama mereka. Saya yakin mereka yang sukses dan berhasil dengan bisnis onlinenya pasti memulainya dengan perhitungan, pertimbangan, dan persiapan yang matang. Ini beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan:

  • 1. Miliki pemahaman dan pengertian yang benar tentang bisnis online yang akan Anda jalani

  • Yang pertama harus Anda persiapkan adalah niat, tujuan, mental positif, kualitas pribadi yang baik dan mindset yang benar. Anda harus benar-benar memahami dengan pasti tentang bisnis yang akan Anda jalani, misalnya berapa modal yang dibutuhkan, produk apa yang Anda jual, pangsa pasarnya siapa, strategi pemasarannya bagaimana. Namun sebelum berbicara ke masalah teknisnya, mindset Anda yang harus dibenahi dulu. Hal-hal yang bersifat non-teknis seperti yang saya sebutkan menjadi penentu berhasilnya usaha Anda.

  • 2. Putuskan apa yang akan Anda jual atau tawarkan

  • Apa yang Anda akan jual harus memiliki kejelasan yang nyata dan jelas. Jika Anda ingin fokus berjualan barang dalam hal ini pakaian misalnya, maka barang yang Anda tawarkan adalah pakaian, bukan yang lainnya. Akan lebih baik jika Anda bisa fokus pada satu jenis produk terlebih dahulu, jika sudah berkembang Anda bisa menambah item produk lainnya.

  • 3. Sertakan gambar, keterangan dan detail produk secara jelas

  • Ini penting untuk menarik minat pembeli. Anda harus kreatif menampilkan atau menyuguhkan gambar produk yang menarik, jangan lupa untuk menyertakan keterangan misalnya ukuran, warna, bahan dan harga produk tersebut. Kejelasan suatu produk menjadi pertimbangan para konsumen untuk membelinya. Selain itu Anda tidak perlu banyak membalas pertanyaan para konsumen yang tertarik pada produk Anda karena semuanya sudah jelas.

  • Advertisement
  • 4. Buat situs jualan yang nantinya sebagai tempat Anda berpromosi di internet

  • Meski mungkin barang yang akan Anda jual memiliki banyak kesamaan dengan pedagang online tetangga sebelah. Tetapi Anda harus berjualan di situs online pribadi Anda sendiri. Situs jualan yang Anda buat adalah lahan atau tempat Anda berpromosi. Tak mungkin kan Anda upload foto-foto barang dagangan Anda di situs milik pedagang online lainnya.

  • 5. Mempromosikan jualan Anda melalui media sosial, aplikasi sosial chat dan situs jual beli online yang memiliki jangkauan pemasaran luas

  • Media sosial, aplikasi sosial chat dan situs jual beli online yang memiliki jangkauan pemasaran yang luas bisa menjadi cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi mengenai bisnis yang Anda tawarkan. Peluang untuk meraih pembeli juga tergantung pada banyak jumlah teman atau follower kita.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Berbisnis online juga perlu sederet persiapan penting. Ini daftarnya

Mereka yang sukses dan berhasil dengan bisnis onlinenya pasti memulainya dengan perhitungan, pertimbangan, dan persiapan yang matang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr