Mendapatkan pengasuh anak yang baik dan dapat dipercaya ternyata ada caranya!

Karena kaitannya menyangkut perkembangan, keamanan, kenyamanan dan keselamatan anak Anda, maka alangkah baiknya Anda bisa selektif dan berhati-hati dalam memilih pengasuh.

211 views   |   shares
  • Tidak dapat dipungkiri kebutuhan masyarakat terhadap pengasuh anak/bayi semakin hari semakin meningkat. Akan tetapi zaman sekarang mencari dan mendapatkan pengasuh anak yang baik dan dapat dipercaya tidaklah mudah. Dikarenakan banyak juga beredar pengasuh anak yang tidak kredibel dan belum layak menjadi pengasuh yang ideal.

  • Jika memilih asal-asalan dan tanpa pertimbangan sebelumnya, dikhawatirkan nantinya Anda mendapatkan pengasuh abal-abal seperti yang sekarang ini banyak ditemukan. Memperkerjakan pengasuh artinya Anda membebankan tanggung jawab Anda dalam hal menjaga, merawat, dan mengasuh anak Anda kepada orang lain (pengasuh).

  • Karena kaitannya menyangkut perkembangan, keamanan, kenyamanan dan keselamatan anak Anda, maka alangkah baiknya Anda bisa selektif dan berhati-hati dalam memilih pengasuh. Terlebih lagi jika nantinya, Anda akan meninggalkan anak Anda seorang diri bersama pengasuhnya di rumah tanpa pantauan Anda, maka Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda menitipkan anak bersama orang yang tepat. Dengan begitu Anda tak perlu cemas lagi karena anak Anda akan baik-baik saja bersama pengasuhnya.

  • Berikut 6 cara memilih pengasuh yang baik dan dapat dipercaya:

  • 1. Cari referensi dari yang terpercaya

  • Cari referensi dari yang terpercaya seperti keluarga, kerabat, teman atau tetangga Anda yang pernah atau sedang memakai jasa pengasuh. Informasi dari mereka akan sangat membantu Anda mendapatkan pengasuh sesuai kriteria Anda.

  • 2. Yayasan yang resmi dan profesional

  • Pastikan yayasan atau agen tersebut telah lama beroperasi, profesional, sudah banyak dikenal masyarakat, dan memiliki testimoni yang tidak mengecewakan. Anda harus berhati-hati memilih agen karena tak jarang orang tertipu dengan agen penyalur berkedok namun kenyataannya agen tidak resmi. Walaupun bukan jaminan bahwa agen resmi dan terkenal dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggannya namun setidaknya meminimalisir bagi Anda mendapatkan pengasuh yang abal-abal.

  • 3. Wawancara langsung dengan pengasuh yang Anda pilih

  • Penting untuk bertatap muka dan melakukan proses interview langsung seperti halnya Anda merekrut karyawan baru. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menilai, apakah dia adalah orang tepat dan layak menjadi pengasuh bagi anak Anda. Jangan berpatok pada satu pengasuh saja, ada baiknya Anda memiliki beberapa pilihan sehingga Anda dapat memilih yang paling tepat di antara beberapa pilihan tersebut.

  • 4. Melalui wawancara yang telah Anda lakukan, setidaknya Anda dapat menilai karakter dan pembawaan pengasuh tersebut

  • Advertisement
  • Dengan demikian Anda yakin dengan pilihan Anda. Pilihlah pengasuh yang jelas terlihat mencintai anak-anak, dapat berinteraksi dengan baik, menjaga kebersihan, sabar, berkepribadian menyenangkan, dewasa, berpengalaman mengurus anak, cakap mengasuh anak dan paling penting pilihlah pengasuh yang memiliki kesesuaian dengan Anda dalam hal pola mengasuh anak sehingga pengasuh tersebut mudah mengikuti aturan Anda.

  • 5. Pastikan Anda mengetahui pasti tentang latar belakang, riwayat pengalaman, identitas lengkap, alamat rumah serta nomor telepon keluarganya yang dijadikan jaminan

  • Ini juga penting untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi. Cari tahu riwayat pengalamannya, misalnya berapa lama dia dulu bekerja sebagai pengasuh? Bagaimana pengalaman mengasuh anak sebelumnya? Alasan dia berhenti bekerja pada pekerjaan sebelumnya? Apakah dia tidak memiliki catatan kriminal? Bagaimana riwayat kesehatannya? Dan pastikan keaslian identitas diri yang dimilikinya serta alamat asalnya yang jelas.

  • 6. Amati respons dan keadaan Anak dari hari ke hari

  • Semua anak pastinya akan beradaptasi dengan orang baru yang berada di sekitarnya termasuk pengasuh yang nantinya akan selalu bersamanya. Di awal-awal mungkin anak belum terbiasa, rewel, bahkan takut dengan pengasuh barunya. Tetapi pengasuh yang berinisiatif akan mudah menyesuaikan diri dan mudah didekati anak asuhnya. Dari situlah, Anda dapat menilai. Lihat respons atau perkembangan anak setiap harinya. Apakah anak terlihat nyaman tanpa tekanan? Apakah anak senang berinteraksi bersama pengasuhnya? Apakah ada kemajuan dalam tumbuh kembang anak selama diasuh oleh pengasuh tersebut? Apakah anak tampak bersih dan terawat? Jika semuanya terkendali dan aman, artinya Anda tidak salah memilih pengasuh.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Mendapatkan pengasuh anak yang baik dan dapat dipercaya ternyata ada caranya!

Karena kaitannya menyangkut perkembangan, keamanan, kenyamanan dan keselamatan anak Anda, maka alangkah baiknya Anda bisa selektif dan berhati-hati dalam memilih pengasuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr