Untuk 'traveling' yang nyaman, kuasai trik sukses melewati pemeriksaan keamanan bandara ini!

Dengan trik yang tepat, Anda bisa sukses melenggang dan melewati pemeriksaan ini tanpa rasa was-was.
Oct 21, 2017

1,224 views   |   1 shares
  • Perjalanan yang nyaman diawali dengan menaiki sarana transportasi, tanpa drama mengikuti. Bagi Anda yang memilih bepergian dengan pesawat terbang, tentunya tahu bahwa melewati rangkaian pemeriksaan keamanan di bandara sungguh mendebarkan. Pada dasarnya, pemeriksaan ini ditujukan untuk memastikan penerbangan berlangsung secara aman. Syaratnya, para penumpang tidak membawa barang-barang yang dapat mengganggu kenyamanan dan kelancaran penerbangan, ataupun berisiko menimbulkan masalah saat Anda mengudara nanti.

  • Ternyata, ada trik khusus yang membuat Anda bisa lebih lancar dan berhasil melewati pemeriksaan ketat ini. Ikuti 5 langkah berikut untuk kemudahan proses perjalanan Anda.

  • 1. Kemaslah tas dengan efisien

  • Bawalah hanya barang-barang yang Anda perlukan. Kriterianya, Anda perlu menggunakan barang tersebut untuk survive menjalani hari-hari. Jika masih dapat menemukan penggantinya di lokasi tujuan dan mampu membelinya, lebih baik tinggalkan saja. Tata barang-barang Andasehingga ketika pemeriksaan dilakukan, tidak mudah berantakan. Anda bisa memanfaatkan tips-tips light packing, seperti menggulung pakaian, memasukkan ke dalam ziplock dan mengompresinya, menggunakan rule of three dalam menentukan jumlah potong pakaian, dan sebagainya. Maksimalkan juga carry-on bag untuk mengurangi beban dalam tas yang masuk ke bagasi.

  • 2. Berpakaian yang simpel dan tidak merepotkan

  • Saat melewati titik pemeriksaan, Anda akan diminta untuk menanggalkan sepatu dan segala barang yang mengandung logam, misalnya gesper, aksesoris, bahkan bra berkawat! Untuk mempersingkat waktu, kenakan pakaian simpel seperti :

    • Sepatu jenis slip-on yang mudah dilepaskan. Apabila Anda menggunakan sepatu bertali, longgarkan tali sepatu Anda sebelum mendapatkan giliran.

    • Pakai bawahan yang tidak memerlukan ikat pinggang, misalnya berpinggang karet atau baju terusan.

    • Hindari memakai aksesoris berlebihan dan ornamen-ornamen logam.

    • Pilih bra tanpa kawat sebagai pakaian dalam Anda.

    • Anda bisa menggunakan passport bag untuk membawa barang-barang penting berukuran kecil yang akan diperiksa ke bandara, sehinga tidak perlu susah payah membuka tas ransel Anda yang pastinya sudah dipenuhi barang-barang.

  • Advertisement
  • 3. Membatasi jumlah cairan yang dibawa

  • Ada sebuah aturan pembatasan jumlah cairan yang dapat dibawa penumpang, khususnya ke dalam kabin. Yang termasuk dalam kategori ini di antaranya sampo, sabun cair, conditioner, wewangian, kosmetik, bahkan air minum botolan. Pengecualian biasanya diberikan pada ASI perah dan obat-obatan, namun Anda tetap perlu berkonsultasi dahulu pada perusahaan penerbangan mengenai jenis cairan semacam ini. Lebih baik, bawalah cairan-cairan tersebut dalam ukuran travel sizedan masukkan ke dalam plastik ziplock ukuran satu liter, guna memudahkan pemeriksaan. Untuk kosmetik, masukkan ke dalam satu pouch tersendiri dan jika memungkinkan, bawalah produk pengganti yang bukan berupa cairan, misalnya mengganti foundation cair ke bentuk padat seperti BB cushion, tisu penghapus rias sebagai pengganti make-up removercair, dan sejenisnya. Simpan cairan ini pada bagian tas yang mudah diambil, sehingga Anda tak perlu membongkar tas untuk merogohnya.

  • 4. Perhatian pada alat-alat elektronik

  • Alat-alat elektronik seperti ponsel, laptop, dan tablettak luput dari pemeriksaan. Anda akan diminta menyalakan dan mematikan kembali, termasuk pemeriksaan mendalam, mengingat ada pihak tak bertanggung jawab yang bisa saja menjadikan alat elektronik sebagai kamuflase persembunyian barang berbahaya seperti bom dan obat terlarang. Gunakan tas khusus untuk menyimpan alat-alat elektronik dan berikan perlindungan seperti special casing. Beberapa produk tas komputer telah mendesain supaya laptop mudah disertakan dengan tas lainnya. Atau, jika Anda menyatukan laptop dengan tas ransel, pilihlah model yang memiliki kantung tersendiri sehingga tidak mengacak-acak seisi tas Anda.

  • 5. Tenangkan hati dan pikiran

  • Pemeriksaan keamanan tak pelak membuat jantung berdebar. Namun, jangan biarkan hal ini membuat Anda menjadi ketakutan secara berlebihan. Tenangkan hati dan pikiran Anda, karena wajah dan gerak-gerik gelisah justru akan membangkitkan kecurigaan petugas. Berlakulah sopan pada para petugas keamanan. Tak ada salahnya pula, jika merasa tak tenang, Anda berbicara pada mereka. Misalnya jika ini adalah pengalaman pertama Anda menjalani pemeriksaan ini. Apabila memang tidak melakukan pelanggaran, melangkahlah dengan yakin dan tegar. Perjalanan yang nyaman akan diawali dengan kepercayaan dan keyakinan diri bahwa segalanya akan berjalan baik-baik saja.

  • Advertisement
  • Melakukan perjalanan memang selayaknya dipersiapkan sebaik-baiknya sejak dini. Tulislah daftar to-do-listuntuk memastikan semua persiapan tersedia. Kumpulkan informasi dari sumber terpercaya sebagai bekal pengetahuan Anda. Jalani traveling ini dengan nyaman dan pulanglah dengan kenangan menyenangkan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Untuk 'traveling' yang nyaman, kuasai trik sukses melewati pemeriksaan keamanan bandara ini!

Dengan trik yang tepat, Anda bisa sukses melenggang dan melewati pemeriksaan ini tanpa rasa was-was.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr