Trik disiplin menggunakan 'car seat' saat berkendara bersama si kecil

Membiasakan si kecil duduk di car seat sejak dini adalah salah satu cara untuk memudahkan Anda mendisiplinkannya

210 views   |   shares
  • Bila Anda sedang hamil, atau sedang mencari ide untuk memberikan hadiah pada teman yang akan melahirkan, ada satu pilihan barang yang saya rasa juga sangat berguna bagi si bayi maupun orangtua yaitu car seat. Terutama bila Anda atau teman yang akan diberikan kado tersebut, menggunakan mobil sebagai alat transportasinya setiap hari.

  • Mungkin Anda akan bertanya-tanya, atau mendengar beberapa pertanyaan di sekitar Anda seperti: "Kenapa harus didudukkan di car seat? Aman atau tidak, bayi duduk sendirian di situ?", "Kasihan melihat si bayi menangis-nangis di bangku, mereka pasti minta didekap dengan nyaman oleh ibunya." atau "Bayi kan belum bisa duduk, memang boleh didudukkan seperti itu di mobil?"

  • Mengapa harus car seat dan bukan digendong saja?

  • Perlu Anda ketahui, di hampir banyak negara ada peraturan yang mengharuskan bayi baru lahir yang keluar dari rumah sakit pulang ke rumahnya, harus diletakkan di car seat jika menggunakan transportasi mobil. Siapa saja, bahkan pangeran William pun tidak terkecuali. Hal ini diatur demi keamanan bayi itu sendiri. Sama halnya dengan peraturan wajib menggunakan seat belt bagi penumpang dewasa, anak juga punya kewajiban menggunakan car seat bahkan hingga ia mencapai usia 12 tahun.

  • Aturan keamanan ini akan menghindarkan anak dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cedera saat mobil melakukan rem mendadak hingga mengalami kecelakaan. Karena jika digendong, ada kemungkinan si anak terlepas dari gendongan orangtua saat kaget atau panik, tidak sigap dengan rem mendadak atau bahkan rasa kantuk.

  • Seringkali yang dihadapi orangtua adalah, saat anak menolak didudukkan di car seat dan menangis. Di sinilah pertahanan untuk tetap mendudukkan anak agar aman di kursinya, jadi longgar. Padahal biasanya, masalah utamanya adalah kenyamanan si anak. Nah, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat Anda lakukan untuk meminimalkan hal tersebut:

    • Pastikan car seat terpasang dengan baik di tempatnya, sesuai dengan ketentuan usia anak dan model car seat.

    • Sebelum didudukkan di car seat untuk berkendara jauh, pastikan bayi atau anak sudah kenyang, digantikan dengan popok bersih dan mengenakan baju yang cukup nyaman. Bagi anak yang sudah besar, ajak mereka untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

    • Siapkan beberapa mainan untuk menghibur anak di kala macet atau perjalanan jauh. Anda juga dapat menyiapkan snack dan minuman jika mereka tiba-tiba merasa kelaparan.

    • Pastikan kondisi pendingin ruang dalam mobil diatur dengan suhu yang nyaman, tidak terlalu dingin maupun panas.

    • Selalu menyediakan popok ganti, selimut dan baju ganti di mobil.

    • Jika memungkinkan, pilihlah waktu perjalanan di jam tidur anak agar mereka dapat tidur tenang sepanjang perjalanan.

    • Siapkan perangkat yang dapat menghibur anak sepanjang perjalanan seperti musik favoritnya atau (jika terpaksa) film-film anak yang menarik.

    • Jika mulai menandakan akan rewel, mungkin mereka sudah merasa bosan. Coba ajak berinteraksi seperti bernyanyi dan ngobrol. Untuk anak yang sudah cukup besar, Anda bisa mengajaknya melakukan permainan sederhana seperti menghitung jumlah kendaraan berwarna tertentu, mencari-cari sesuatu atau menebak nama-nama benda.

  • Advertisement
  • Jika segala poin kenyamanan di atas sudah dilakukan dan ia masih menangis di car-seat, itu wajar. Apalagi jika kebosanan sudah melanda. Bukan hanya mereka, Anda pun mungkin sudah bosan dengan perjalanan jauh tersebut. Berikan waktu bagi diri Anda dan anak untuk sejenak meluruskan tubuh, dengan berhenti di tempat-tempat peristirahatan. Masih juga menangis? Mungkin ia sudah terbiasa di gendong dan memang mencari kenyamanan tersebut. Namun, pilih nyaman atau aman? Tidak terlambat untuk mengajarkan mereka duduk di car seat. Yang Anda butuhkan adalah kesabaran, yang anak butuhkan adalah kebiasaan. Jangan menyerah ya!

Baca, hidupkan, bagikan!

Setelah lulus dari kuliah IT, saya menjadi guru TK selama 7 tahun. Tidak jarang selain menghadapi murid saya juga memberi masukan kepada orangtua murid dari sisi seorang guru. Membaca, menulis dan musik adalah hobi saya. Setelah menikah saya langsung dikaruniai 1 putera yang lucu, saya menjadi ibu penuh waktu dan mulai mengembangkan hobi dan talenta saya yaitu membuat kue atau memasak. Saya senang mengumpulkan berbagai resep dan mencobanya di waktu senggang (yang tidak banyak) saya.

Trik disiplin menggunakan 'car seat' saat berkendara bersama si kecil

Membiasakan si kecil duduk di car seat sejak dini adalah salah satu cara untuk memudahkan Anda mendisiplinkannya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr