Ingin anak berprestasi di sekolah? Ini rahasianya

Tentu hal ini tidak terlepas dari peran serta orang tua yang mendidik dan mengasuh anak mereka sehingga mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan serta perilaku yang positif dalam menunjang proses pencapaian prestasi itu.

1,293 views   |   5 shares
  • Sebagai orangtua, di mana pun berada pasti memiliki keinginan yang sama terhadap anak-anaknya yaitu ingin mereka menjadi anak-anak yang pandai serta dapat berprestasi dalam pendidikannya. Meski faktor genetik yang diturunkan dari orangtua turut memengaruhi tingkat intelegensi anak, namun untuk memiliki prestasi di sekolah dapat diraih oleh siapa pun tanpa memandang hal tersebut.

  • Siapa yang tidak bangga menjadi orangtua dari anak yang dapat meraih prestasi yang baik di sekolahnya, tentu hal ini tidak terlepas dari peran serta orangtua yang mendidik dan mengasuh anak sehingga mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan serta perilaku yang positif dalam menunjang proses pencapaian prestasi itu.

  • Rangsangan orangtua sejak anak masih berusia dini sangat penting untuk membentuk intelegensi anak sampai ia kemudian siap untuk mendapatkan pendidikan di sekolah. Permainan edukatif, pola komunikasi yang baik menjadi awal yang bagus sebagai stimulasi untuk membantu perkembangan kecerdasan anak.

  • Selain itu, beberapa kebiasaan yang perlu untuk diajarkan pada anak dengan harapan agar nantinya ia membawa hal tersebut pada kesehariannya antara lain:

  • 1. Disiplin

  • Disiplin adalah sikap yang harus dimiliki oleh anak jika ia ingin meraih prestasi di sekolah. Bahkan sikap seperti ini pun berlaku pada orang dewasa sehingga sangat penting untuk ditanamkan pada diri anak. Mengajarkan disiplin pada anak tidak cukup hanya dengan menerapkan aturan-aturan yang harus mereka taati, keteladanan dari orangtua terbukti jauh lebih efektif agar mereka dapat mencontoh sikap ini.

  • 2. Membaca

  • Membaca merupakan kebiasaan baik yang dapat memberikan pengaruh besar pada kecerdasan anak. Lakukan kegiatan membaca secara rutin bersama anak baik itu dari buku, internet atau sumber lainnya yang dapat menambah wawasan anak dengan cara yang menyenangkan agar membaca menjadi kebiasaan yang dapat juga disenangi olehnya.

  • 3. Bermain

  • Banyak orangtua mengira dengan bermain justru membuat anak-anak menjadi malas dan tidak berguna. Selanjutnya mereka banyak mengekang anak mereka, padahal menyediakan waktu yang khusus untuk mereka bermain dengan mainan atau teman-teman sebayanya juga dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan baru yang berguna bagi anak. Meski demikian pengawasan dan arahan dari orangtua tetap harus dilakukan.

  • 4. Belajar

  • Waktu untuk belajar pelajaran yang didapatkan di sekolah tidak hanya dilakukan di sekolah saja, orangtua perlu memberikan waktu khusus selain bermain dan aktivitas lainnya untuk anak dapat belajar di rumah. Mengulangi pelajaran yang di dapatkan di sekolah bersama dengan orangtua dapat membantu anak lebih memahami pelajaran yang khususnya kurang dipahami olehnya.

  • Advertisement
  • 5. Aktif

  • Kebanyakan anak di sekolah terbiasa hanya mendengar penjelasan dari guru saja, dalam hal seperti ini ajarkan pada anak untuk aktif dan terbiasa untuk berani bertanya pada guru jika ada penjelasan yang belum mereka mengerti. Sering mengajak anak bepergian dan bertemu dengan banyak orang dan hal yang baru juga dapat membantu rasa percaya diri anak untuk menjadi lebih aktif.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ingin anak berprestasi di sekolah? Ini rahasianya

Tentu hal ini tidak terlepas dari peran serta orang tua yang mendidik dan mengasuh anak mereka sehingga mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan serta perilaku yang positif dalam menunjang proses pencapaian prestasi itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr