Tidak Ada Apa Pun yang Dapat Menggantikan Saat Makan Malam

Hal sederhana seperti makan malam bersama sebagai sebuah keluarga dapat menjadi cara terbaik untuk mempererat hubungan keluarga.

687 views   |   shares
  • Tak peduli seberapa sibuk hidup ini, makan malamlah bersama keluarga.

  • Ini adalah salah satu aturan yang pernah Anda dengar selama bertahun-tahun, tetapi aturan ini sulit diikuti sebab hidup makin sibuk saja. Kami memiliki lima anak, yang masing-masing memiliki kurikulum tambahan. Kalau tidak sedang mengantarkan anak-anak pergi ke dansa, senam, sepak bola, piano, mengajak anak-anak bermain ke rumah teman, maka kami pergi menyelesaikan urusan, belum lagi tugas sebagai orang tua, karyawan/wati, dan penulis. Kami selalu takjub bahwa kami dapat melakukan semuanya dalam waktu 24 jam sehari. Saya tahu kebanyakan kita menghadapi kesulitan yang sama sebab kami melihat Anda setiap hari, melakukan hal yang sama seperti yang kami sedang lakukan.

  • Tetapi jika Anda tidak hati-hati, hidup juga akan melewati Anda, anak-anak Anda akan menjadi dewasa dan waktu bersama yang berharga itu hilang. Untuk memastikan bahwa kami menggunakan waktu kami bersama anak-anak kami, kami memiliki aturan dalam keluarga kami untuk makan malam bersama setiap malam, tak peduli apa yang terjadi. Memang ada perkecualian untuk aturan tersebut, tetapi sebagian besar kami tetap berpegang pada aturan itu.

  • Makan malam itu penting

  • Mengapa kami bersikeras menjauhkan lima keturunan kami terlibat dari hal-hal lain hanya untuk duduk dan makan bersama? Sebagai pembuka, makan malam bersama dan saling bertukar pengalaman berasa nikmat. Betapa menakjubkannya anak-anak Anda akan terbuka ketika mereka mengetahui bahwa mereka tidak boleh ada di mana pun dan mereka akan makan. Ditambah lagi, ada beberapa studi hebat tentang pentingnya mengikuti aturan ini, yang membuktikan bahwa makan malam bersama sebagai keluarga ada manfaatnya. Salah satu dari studi itu dilakukan oleh (CASA) di Universitas Columbia yang berbunyi sebagai berikut:

  • “Studi menunjukkan bahwa makin sering keluarga makan bersama, nampaknya makin kurang anak-anak belajar merokok, minum minuman keras, menggunakan narkoba, tertekan, menderita kelainan makan dan tidak cenderung bunuh diri, dan mereka makin baik di sekolah, menunda kegiatan seksual mereka, mereka memakan sayuran, belajar menggunakan bahasa yang baik dan tahu garpu mana yang mesti digunakan” (2005).

  • Dengan manfaat seperti itu, makan malam keluarga kedengarannya seperti pantas diupayakan. Jadi, dengan semua yang terjadi dalam hidup Anda, usahakan sebisanya untuk berkumpul sebagai keluarga setiap malam, untuk makan malam dan sekadar berbicara. Ini merupakan satu kebiasaan yang Anda lakukan yang tidak akan Anda sesali.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “Nothing replaces dinnertime” karya Joshua Johnson.

Bagikan pada teman dan keluarga..

It is the mission of Cedar Fort to gather and develop life enhancing and inspiring ideas and products and convey them to our customers in the most professional, friendly, and timely manner while providing for our families.

Tidak Ada Apa Pun yang Dapat Menggantikan Saat Makan Malam

Hal sederhana seperti makan malam bersama sebagai sebuah keluarga dapat menjadi cara terbaik untuk mempererat hubungan keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr