5 trik foto makanan agar menarik untuk akun Instagram Anda

Asalkan tahu dan mengerti triknya, Anda akan menghasilkan foto makanan yang menarik.
Oct 13, 2017

792 views   |   2 shares
  • Jika berbicara tentang media sosial, siapa sih yang sekarang ini tidak memiliki media sosial. Saya rasa hampir semua penduduk dimuka bumi ini adalah pengguna media sosial aktif. Bahkan tak hanya satu akun media sosial, seseorang bisa memiliki akun media sosial dua, tiga bahkan lebih.

  • Salah satu akun media sosial yang paling hits sekarang ini adalah Instagram. Media sosial satu ini paling banyak peminatnya. Semua bisa Anda dapatkan melalui Instagram. Begitupun sebaliknya, Anda bisa berbagi apapun melalui akun Instagram Anda, tentunya melalui postingan berupa foto, vidio atau kata-kata dalam bentuk teks saja.

  • Ada kesenangan tersendiri saat seseorang bisa mengunggah atau membagikan postingan foto yang menarik. Ya entah itu maksudnya hanya untuk eksistensi atau memang ingin menunjukkan bahwa foto tersebut mempunyai nilai informatif yang dapat diketahui para pengguna Instagram lainnya.

  • Salah satu objek foto yang paling sering Anda lihat adalah foto makanan. Ya karena foto makanan yang menarik mengundang banyak like. Apalagi jika makanan tersebut memang untuk dijual atau dipasarkan, pastinya harus disungguhkan semenarik mungkin agar banyak yang melirik dan pada akhirnya membeli.

  • Meskipun bukan seorang food fotografer, Anda bisa juga kok memposting foto makanan yang menarik ala-ala food fotografer walaupun bermodalkan camera smartphone. Asalkan tahu dan mengerti triknya, Anda akan menghasilkan foto makanan yang menarik

  • 1. Pencahayaan

  • Pencahayaan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah foto termasuk foto makanan. Pencahayaan yang seimbang akan memberikan kesan " hidup" pada sebuah foto. Alangkah baiknya foto makanan diruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup, jika tidak cobalah untuk meletakkan makanan dekat dengan jendela yang terbuka. Pencahayaan alami akan membuat hasil fotomu original, natural dan sesuai warna aslinya.

  • 2. Memastikan flash camera

  • Tidak disarankan untuk mengaktifkan mode flash saat menggunakan camera karena dapat memberikan efek kurang bagus pada makanan, dan melunturkan warna makanan tersebut. Warna yang dihasilkan menjadi tidak seimbang bahkan menimbulkan bayangan yang tidak Anda inginkan.

  • 3. Latar belakang

  • Peran background juga menentukan menarik tidaknya foto makanan Anda. Perhatikan latar belakang dari objek yang akan Anda foto. Jangan sampai objek utama ( makanan) terganggu dengan objek lain yang dominan dan pada akhirnya fokus foto bukan pada foto makanannya oleh sebab itu, hindari untuk meletakkan komposisi subjek lain yang berlebih sebagai background objek utama.Latar belakang foto makanan harus bersih, simpel, dan unik untuk menonjolkan kesederhanaan dan sisi elegen dari foto tersebut.

  • Advertisement
  • 4. Pilih angle atau sudut pandang foto yang pas dan perhatian tata letaknya

  • Saat difoto, setiap orang tentunya memiliki angle andalannya. Ada kalanya pada sudut pandang sebelah kiri orang tersebut terlihat cantik, namun jika dilihat dari sudut pandang sebelah kanan ia terlihat kurang menarik. Sama halnya dengan memotret makanan. Setiap makanan punya sisi yang menarik untuk difoto. Sebaiknya coba berbagai angel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikan juga tata letaknya. Tata letak yang seimbang menjadi salah satu bagian yang mendukung seberapa menarik foto yang Anda hasilkan. Cobalah untuk berekspresi mengatur letak dan fokus makanan. Penataan yang menarik tentu akan membuat foto lebih menarik.

  • 5. Proses Editing

  • Hasil foto yang sempurna dan menarik biasanya akan melalui proses editing. Proses editing akan mempercantik foto Anda. Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi edit foto yang bisa Anda manfaatkan.

  • Selamat berekspresi dan ciptakan foto-foto makanan yang menarik di Instagram Anda!

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

5 trik foto makanan agar menarik untuk akun Instagram Anda

Asalkan tahu dan mengerti triknya, Anda akan menghasilkan foto makanan yang menarik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr