Ilmu Dasar Investasi bagi Pemula

Jika Anda seperti kebanyakan orang, investasi itu menakutkan! Semua tampak sangat rumit. Kabar baik: Anda dapat melakukannya! Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui ada di bawah ini.

11,387 views   |   18 shares
  • Jika Anda seperti kebanyakan orang, investasi itu menakutkan! Semua tampak sangat rumit. Kabar baik: Anda dapat melakukannya! Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui ada di bawah ini.

  • Uang yang disimpan dalam rekening tabungan atau bilyet deposito tidak menghasilkan keuntungan untuk memberikan penghasilan di masa pensiun atau pertumbuhan dana yang cukup selama waktu untuk persiapan bagi masa pensiun. Melakukan investasi dalam bentuk lain dapat menjadi pilihan yang bijaksana.

  • Beberapa kata kunci akan membantu Anda memahami semua hal yang Anda butuhkan untuk mulai mengambil keputusan investasi yang arif:

  • Saham: Saham dalam perusahaan adalah unit atau satuan andil kepemilikan dalam perusahaan tersebut. Itulah sebabnya para investor kerap berkata seperti ini, “Saya memiliki Ford dan IBM,” yang sebenarnya mereka hanya bermaksud bahwa mereka memiliki andil kepemilikan saham di perusahaan-perusahaan tersebut. Harga-harga saham naik dan turun secara acak dalam jangka waktu yang pendek, namun cenderung bergerak naik dalam periode waktu yang lama. Harga yang Anda bayarkan saat membeli saham serta harga saat Anda menjual saham tersebut adalah berbeda—-Anda membayar sedikit lebih untuk membeli dan menerima sedikit berkurang saat Anda menjualnya. Para pelaku pasar mengambil keuntungan dari selisih tersebut. Anda juga akan membayar komisi untuk membeli dan menjual saham. Harga-harga saham dapat saja jatuh hingga nol. Tidak ada batasan seberapa tinggi harga saham dapat naik. Beberapa perusahaan membayar deviden kepada seluruh pemegang saham (orang-orang yang memiliki saham) dan beberapa perusahaan tidak membayarnya.

  • Obligasi (Surat utang): Surat pinjaman perusahaan dan pemerintah dari para investor yang membeli surat pinjaman tersebut disebut sebagai obligasi. Biasanya, untuk suatu periode waktu yang lama, bunga dibayarkan atas obligasi, tetapi bukan pokok utangnya —-paling sedikit lima tahun dan sering kali hingga 30 tahun atau lebih. Pada akhir masa berlaku obligasi tersebut (saat jatuh tempo), pokok utangnya dibayarkan. Misalkan obligasi diluncurkan dengan nilai per lembar Rp. 1.000.000 maka seringkali Anda diminta untuk membeli lebih dari satu lembar untuk satu kali pembelian. Pasar obligasi jauh lebih besar daripada pasar saham, tetapi kurang diminati karena pergerakan harga obligasi yang tidak sedramatis pergerakan harga saham, sehingga orang-orang jarang membicarakannya. Jumlah keuntungan investasi atas obligasi cenderung lebih rendah daripada jumlah keutungan atas saham setelah jangka waktu yang lama karena obligasi cenderung berisiko lebih rendah—-namun tidak ada obligasi yang benar-benar tanpa risiko! (Anda bahkan dapat mengalami kerugian saat membeli Obligasi Pemerintah jika suku bunga meningkat dan Anda harus menjualnya).

  • Advertisement
  • Reksadana: Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola secara profesional yang diinvestasikan dalam bentuk saham/atau surat utang. Pengelola dana profesional mengenakan biaya, namun mereka bekerja sekeras mungkin untuk menganalisa investasi, memutuskan kapan harus membeli dan menjual saham serta melakukan pertemuan dengan manajemen perusahaan tempat mereka berinvestasi.

  • Reksadana merupakan sarana yang baik bagi para pemula untuk mulai berinvestasi. Banyak reksadana yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian secara kecil dan bulanan sehingga Anda dapat memulainya hampir tanpa apa-apa dan mengembangkan dana secara berarti setelah jangka waktu cukup lama. Walaupun demikian, pemilihan reksadana pun dapat saja menakutkan.

  • Untuk menyederhanakan proses, pertimbangkanlah untuk membuka rekening di perusahaan-perusahaan agen reksadana yang besar (Anda mungkin saja ingin memilih berdasarkan lokasi kantornya yang terdekat). Kadang-kadang mereka menawarkan produk reksadana yang dapat Anda investasikan tanpa biaya dan mereka mempunyai orang-orang yang dapat membantu Anda untuk memilih. Jadi Anda sudah tahu semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai menanam modal.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli "Investing 101 for the true novice" karya Devin Thorpe.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Ilmu Dasar Investasi bagi Pemula

Jika Anda seperti kebanyakan orang, investasi itu menakutkan! Semua tampak sangat rumit. Kabar baik: Anda dapat melakukannya! Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui ada di bawah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr