Kematian dalam Keluarga: Bagaimana Caranya Saya Dapat Membantu?

Setelah sebuah peristiwa kematian tidak ada cara berduka yang benar atau salah, dampingilah mereka yang mengalami kehilangan melalui kata-kata, kehadiran, pelukan lembut, tidak menghakimi atau mencoba memperbaiki keadaan.

8,887 views   |   15 shares
  • Telepon berdering, tidak ada hal yang luar biasa di rumah Jacob, kecuali bahwa ini bukanlah panggilan telepon “biasa.” Sharon mengangkat telepon hanya untuk mendengar kabar yang tak disangka-sangka. Putri tetangganya, Tracy telah ditabrak oleh sebuah mobil saat pulang ke rumah dari sekolah. Anak gadis usia belasan ini meninggal saat itu juga. Sharon telah mengenal Tracy sejak masih kanak-kanak. Dia terkejut dan ingin berbuat sesuatu untuk menghibur tetangga yang dihormatinya itu, namun dia merasa tidak dapat berbuat apa-apa dan tidak yakin bagaimana cara melakukannya.

  • Kehilangan orang-orang yang disayangi merupakan pergumulan jiwa yang sangat sulit. Rasa duka dan kehilangan merupakan suatu hal yang hampir tak tertanggungkan. Saat orang-orang yang kita sayangi, keluarga atau sahabat mengalami trauma semacam itu, kita ingin menolong melalui suatu cara tetapi bagaimana cara melakukannya? Apa yang harus kita katakan? Apa yang dapat kita lakukan? Karena kita sangat peduli maka keinginan kita adalah “menjadikan keadaan lebih baik” atau “memperbaiki situasi” namun segera kita menyadari bahwa hal ini bukan merupakan “sesuatu yang dapat diperbaiki.”

  • Berikut ini adalah beberapa saran yang mungkin berguna:

  • Tidak ada suatu cara berduka yang “tepat”

  • Karena masing-masing orang berduka dengan cara yang berbeda-beda, pekalah dan bersabarlah terhadap cara sahabat atau orang-orang yang Anda sayangi untuk berduka. Hal ini berarti menghindari hal-hal yang bersifat stereotip. Berhati-hatilah tentang penggunaan label seperti “kesepian, tertekan, atau marah.” Anda mungkin tidak benar dalam penilaian Anda dan akan berisiko menyinggung ketimbang menolong.

  • Dampingilah

  • Pertama dan yang terutama, sediakanlah diri Anda. Lakukan sesuatu daripada mengabaikan orang atau kenyataan kematian tersebut. Karena sering kali kita tidak tau cara menanggapinya, kita menghindar dan tidak berbuat apa-apa. Kadang-kadang menulis surat elektronik, menelepon, atau mengirim pesan singkat (SMS) merupakan cara yang lembut agar tetap terhubung dengan orang yang sedang berduka.

  • Kata-kata yang tepat mungkin tidak sepenting itu

  • Saat Anda tidak yakin apa yang harus dikatakan, kadang-kadang dengan mendampingi saja tanpa mengatakan apa-apa atau sedikit saja adalah cara yang sangat menolong. Jika Anda menanggapinya dari hati, dengan kasih sayang, komunikasi nonverbal menjangkau mereka yang sedang berduka. Jangan segan-segan untuk menyentuh, memeluk atau menyalami bila hal itu tepat untuk dilakukan. Hal itu dapat mendatangkan penghiburan besar, dan kadang-kadang hal itu lebih kuat daripada kata-kata dan cuma itu yang diperlukan.

  • Advertisement
  • Dengarkanlah tanpa memberikan nasihat

  • Ini sangat sulit bagi sebagian besar dari kita. Kita begitu ingin “memperbaiki keadaan” ketimbang sekadar mendengarkan. Kebanyakan orang yang sedang berduka hanya menginginkan untuk berbicara kepada seseorang dan merasa bahwa hal yang dikatakannya diterima dan dimengerti. Nasihat secara umum justru merusak proses tersebut. Mendengarkan dari hati (mendengarkan kata-kata yang penuh emosi dan mengulanginya dengan kata-kata Anda sendiri) dapat menolong seseorang merasa dimengerti dan percaya bahwa Anda benar-benar peduli.

  • Jangan segan-segan untuk menyebutkan nama orang yang telah meninggal,

  • karena anggapan bahwa bila Anda mengungkit kembali masalah itu, hal itu akan mengingatkan orang yang masih hidup tentang kematian atau kesedihannya. Dengan tidak menyebutkan nama orang yang telah meninggal, Anda seolah-olah beranggapan bahwa dia tidak pernah hidup atau itulah sebabnya persitiwa tersebut menimpa orang itu.

  • Kunci untuk menjangkau mereka yang sedang membutuhkan adalah melakukannya saja! Ikutilah kata hati Anda dan yakinlah bahwa hati Anda akan menuntun Anda ke mana Anda harus pergi. Keluarga, sahabat-sahabat, dan tetangga kita membutuhkan dan layak mendapatkan dukungan dari kita.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Death in the family: How can I help?” karya Joshua Johnson.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

It is the mission of Cedar Fort to gather and develop life enhancing and inspiring ideas and products and convey them to our customers in the most professional, friendly, and timely manner while providing for our families.

Kematian dalam Keluarga: Bagaimana Caranya Saya Dapat Membantu?

Setelah sebuah peristiwa kematian tidak ada cara berduka yang benar atau salah, dampingilah mereka yang mengalami kehilangan melalui kata-kata, kehadiran, pelukan lembut, tidak menghakimi atau mencoba memperbaiki keadaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr