Yang Boleh Dilakukan dan Jangan Dilakukan untuk Menciptakan Pernikahan yang Langgeng

Ada beberapa hal sederhana yang boleh dilakukan dan jangan dilakukan yang tiap pasangan harus pahami dan terapkan agar pernikahan langgeng. Kita akan mulai dengan hal yang boleh dilakukan dan diakhiri dengan yang jangan lakukan.

11,675 views   |   3 shares
  • Boleh Dilakukan

  • Singkirkan faktor “seandainya”

  • Sebuah pasangan perlu menyingkirkan pikiran yang membayangkan “seandainya” pernikahan mereka langgeng. Sebaliknya, mereka harus berpendirian teguh bahwa “itu akan terjadi” dan menanyakan kepada diri sendiri, “Bagaimana menjadikan pernikahan kita langgeng?”. Bertekad bulat pada tujuan itu adalah langkah awal mewujudkannya.

  • Lebih peduli pada kepuasan pasangan Anda daripada kepuasan Anda sendiri

  • Itu bukan berarti Anda tidak peduli kepada diri Anda sendiri, melainkan itu berarti lebih memberi perhatian pada apa yang akan memuaskan pasangan Anda. Ketika Anda melakukan itu, hal yang luar biasa terjadi. Dia [pasangan Anda] akan merasa dikasihi, dan lebih bahagia. Ralph Waldo Emerson menjelaskan: “Merupakan kompensasi yang paling indah dari kehidupan bahwa ada manusia yang dengan tulus berusaha menolong orang lain tanpa menolong dirinya sendiri.” Kebaikan hati dan tindakan cinta kepada pasangan Anda akan kembali kepada Anda. Itulah rencana kompensasi alami. Dan ini menciptakan pernikahan yang bahagia.

  • Pujlah pasangan Anda

  • Pujian haruslah tulus, jadi carilah hal-hal yang Anda benar-benar sukai dari pasangan Anda. Kemudian, jangan hanya disimpan dalam hati, ucapkan. Ketika istri Anda terlihat cantik, katakan padanya “Waw, kamu terlihat cantik dengan gaun itu!” atau, “Enak banget makanan yang kamu buat malam ini.” Atau. “Saya suka otot-otot itu! Kamu memang pria sejati!” atau “Anak-anak kita sangat beruntung memiliki kamu sebagai ayah mereka. Saya senang kamu membantu Jimmy saat dia jatuh.” Kita semua suka pujian yang tulus.

  • Bicarakan apapun yang mengganggu Anda

  • Jika sesuatu yang masuk dalam kategori “sangat mengganggu”, bicarakan itu dengan pasangan Anda. Mungkin dia tidak menggantung pakaiannya dan itu mengganggu Anda. Bicarakan rencana untuk membuat rumah Anda rapi, dengan bantuan dari Anda berdua. Mungkin hal yang mengganggu itu bisa saja dia [istri] yang menggunakan uang melebihi anggaran. Dengan tenang duduk bersama dan buatlah anggaran belanja bersama, tanpa memojokkan dia. Memojokkan dia tidak akan berhasil. Coba katakan, “Saya khawatir dengan situasi keuangan kita. Mari kita bekerja sama dan membuat anggaran.” Ketika pasangan tidak membiarkan masalah makin besar dan membusuk maka pernikahan mereka akan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil.

  • Jangan dilakukan

  • Jangan menceritakan kesalahan pasangan Anda kepada orang lain

  • Membicarakan hal yang negatif mengenai pasangan Anda kepada teman atau keluarga adalah pengkhianatan. Jika sesuatu mengganggu Anda, lupakan, atau bicarakan dengan pasangan Anda. Gosip apapun sangat menyakitkan, namun bila itu menyangkut pasangan Anda sama juga seperti melemparkan granat ke rumah Anda sendiri. Jangan lakukan itu. Satu-satunya perkecualian adalah perundungan: ini perlu dilaporkan.

  • Advertisement
  • Jangan secara mental berfokus pada hal yang negatif

  • Kita semua memiliki bagian yang perlu ditingkatkan. Sebaliknya lihatlah hal yang positif dari pasangan Anda. Ketika pikiran negatif mengenai pasangan Anda muncul, alihkan pikiran itu dengan sesuatu yang Anda kagumi dari pasangan Anda. Itu akan menyingkirkan hal negatif dari pikiran Anda setiap saat.

  • Jika pasangan berusaha melakukan hal-hal sederhana ini pernikahan mereka akan langgeng. Tidak hanya langgeng, pernikahan akan dipenuhi dengan kebahagiaan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "The dos and don'ts of making your marriage last" karya Gary and Joy Lundberg.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

Yang Boleh Dilakukan dan Jangan Dilakukan untuk Menciptakan Pernikahan yang Langgeng

Ada beberapa hal sederhana yang boleh dilakukan dan jangan dilakukan yang tiap pasangan harus pahami dan terapkan agar pernikahan langgeng. Kita akan mulai dengan hal yang boleh dilakukan dan diakhiri dengan yang jangan lakukan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr