Pasangan yang melakukan 4 hal ini secara bersama lebih bahagia, menurut para ahli

Penelitian dari psikolog dan ahli keluarga menunjukkan bahwa ada hal-hal khusus yang dapat membuat pasangan bahagia tetapi tidak dapat dilakukan oleh pasangan lainnya.

7,589 views   |   20 shares
  • Pilihan kecil yang Anda buat setiap hari dalam pernikahan Anda menentukan keseluruhan kebahagiaan pernikahan Anda. Penelitian dari psikolog dan ahli keluarga menunjukkan bahwa ada hal-hal khusus yang dapat membuat pasangan bahagia tetapi tidak dapat dilakukan oleh pasangan lainnya. Beberapa hasil penelitian tampak masuk akal, namun sangat menarik untuk melihat faktor mana yang terbukti secara ilmiah membuat perkawinan menjadi lebih bahagia.

  • Berbagi tawa

  • Jika Anda dan pasangan anda selalu tertawa bersama, ada kabar baik untuk Anda.Menurut seorang ahli pernikahan, pasangan yang banyak berbagi tawa bersama akan lebih dekat.

  • Secara umum, pasangan yang tertawa bersama cenderung memiliki hubungan berkualitas lebih tinggi, "kata Laura Kurtz, seorang psikolog sosial dan peneliti yang melakukan penelitian ini. "Kita bisa melihat berbagi tawa sebagai indikator dari kualitas hubungan yang baik.

  • Penelitian melibatkan 77 pasangan heteroseksual yang masing-masing ditanya jawab dan membuat video untuk menceritakan bagaimana mereka bertemu, menyelesaikan dengan survei kedekatan dan kompatibilitas. Peneliti kemudian menganalisis video masing-masing pasangan untuk mengetahui frekuensi dan durasi tawa. Mereka menemukan korelasi yang signifikan antara kualitas tawa dan skor tertinggi dari survei kompatibilitas.

  • Para peneliti juga mencatat bahwa wanita tertawa lebih sering daripada laki-laki, tapi tawa laki-laki lebih menular (saat mereka tertawa, 1,73 kali lebih mungkin membuat pasangan mereka tertawa).

  • Tindakan kebaikan secara acak

  • Menurut studi yang telah dipublikasikan di journal Emotion, melakukan tindakan kebaikan secara acak untuk pasangan Anda, bahkan jika mereka tidak tahu tentang perbuatan Anda, dapat meningkatkan kebahagiaan pernikahan Anda.

  • Penelitian ini melibatkan 175 pasangan pengantin baru dengan rata-rata 7 bulan di bawah ikatan pernikahan. Selama dua minggu, para peserta mencatat kejadian di mana pasangan, baik tanpa pamrih membuat keputusan untuk memenuhi kebutuhan pasangan mereka, bersamaan dengan merekam keadaan emosional mereka sehari-hari.

  • Meskipun penelitian ini tampaknya cukup mudah, para peneliti psikolog benar-benar terkejut dengan hasilnya.Tentu saja mereka mengharapkan tindakan kebaikan yang lebih tinggi berkorelasi dengan jumlah kebahagiaan perkawinan yang lebih tinggi, namun yang tidak mereka duga adalah aspek pemberian vs penerimaan.

  • Para peneliti menemukan bahwa pasangan yang bertindak secara pamrih dan diperhatikan masih menuai manfaat emosional yang sangat signifikan. Sebenarnya, para pemberi mengalami 45% manfaat lebih rendah daripada penerima.

  • Advertisement
  • Frekuensi keintiman

  • Menurut study dari Society for Personality and Social Psychology, pasangan yang melakukan hubungan seks seminggu sekali atau lebih, akan lebih bahagia daripada pasangan yang jarang berhubungan seks.

  • Studi ini membuat perbedaan yang menarik, meskipun pasangan yang melakukan hubungan seks lebih sering mendapatkan akhir yang lebih bahagia, tautan itu tidak lagi signifikan pada frekuensi lebih dari sekali dalam seminggu. Dengan kata lain, pasangan yang melakukan seks setiap hari tidak merasa lebih bahagia daripada pasangan yang melakukan hubungan seks seminggu sekali.

  • "Temuan kami menunjukkan bahwa penting untuk menjaga hubungan intim dengan pasangan Anda, tapi Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari selama Anda mempertahankan hubungan itu," kata firma peneliti Amy Muise.

  • Jadi, jangan merasa tertekan untuk mendapatkan keintiman sebanyak mungkin. Ingatlah untuk berhubungan seks setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan kebahagiaan pernikahan lebih besar.

  • Tetap berkencan

  • Setelah mensurvei lebih dari 500 orang berusia 18 sampai 92 tahun, Studi perkawinan mengungkapkan tren yang signifikan, tetap menjaga kencan malam bisa sangat kuat untuk mempertahankan romantisme jangka panjang.

  • Peneliti menemukan korelasi ini karena fakta menunjukkan bahwa kencan malam akan membuat hubungan tetap segar, meski keadaan hubungan berubah menjadi tua.

  • Studi ini juga membuat perbedaan bahwa pasangan yang secara khusus mencoba hal baru pada kencan malam dan bukan hanya melalui pola yang sama setiap berkencan juga lebih bahagia.

  • "Identitas Anda sebagai pasangan sering hilang dikarenakan tugas rutin sehari-hari," pakar hubungan Aaron Anderson berkata. "Anda lupa tentang hal-hal seperti berbicara sebagai orang dewasa, saling menggoda. Jadi kencan malam adalah elemen penting untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda sebagai pasangan karena memungkinkan Anda untuk fokus pada hubungan Anda dan satu sama lain dengan cara orang dewasa.

  • Cara berbasis penelitian ini untuk menjadi bahagia mungkin terdengar sederhana dan intuitif, namun begitu banyak pasangan yang mengabaikannya! Untungnya, keempat cara untuk memiliki kebahagiaan sebenarnya terdengar menyenangkan dan mudah. Dari tertawa lebih sering, untuk merencanakan makan malam yang menarik, hubungan Anda akan tumbuh lebih kuat dalam waktu singkat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Pasangan yang melakukan 4 hal ini secara bersama lebih bahagia, menurut para ahli

Penelitian dari psikolog dan ahli keluarga menunjukkan bahwa ada hal-hal khusus yang dapat membuat pasangan bahagia tetapi tidak dapat dilakukan oleh pasangan lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr