5 hal yang bisa Ibu lakukan untuk membantu menumbuhkan kecerdasan bayi

Kecerdasan anak tidak datang dengan sendirinya, dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting, terutama Ibu.

5,638 views   |   20 shares
  • Orangtua mana yang tak ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Rasanya semua orangtua di belahan dunia manapun mengharapkan yang terbaik baik bagi anak-anak mereka. Kecerdasan yang dimaksud bukan hanya dari sisi akademik saja melainkan juga cerdas dalam segala hal yang berguna sebagai bekal si kecil dalam bersosialisasi di masa depan, seperti halnya life skill.

  • Kecerdasan anak tidak datang dengan sendirinya, dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting, terutama Ibu. Untuk mewujudkan dan menghasilkan anak yang cerdas, maka ada beberapa aspek yang harus Ibu persiapkan dan semuanya itu harus dimulai sejak bayi. 5 hal ini yang perlu Ibu lakukan sejak dini.

  • 1. Berikan kasih sayang yang tulus

  • Tanpa kasih sayang, perhatian yang tulus, tumbuh kembang bayi tidak maksimal. Ketika dari bayi, anak kurang merasakan kasih sayang orang tua terlebih kasih sayang seorang Ibu, rangsangan kecerdasan anak akan terganggu, yang dimana sistem kerja otak pada anak menurun. Ciptakan rasa kasih dan sayang melalui pelukan, ciuman, belaian dan interaksi verbal yang terarah tujuannya agar anak merasa nyaman dan senang. Semua hal yang menyenangkan yang diterima anak sejak bayi, membuat cara kerja otaknya lebih baik dan optimal.

  • 2. Beri asupan makanan kaya gizi

  • Kebutuhan nutrisi bagi anak harus benar-benar terpenuhi, bahkan sejak anak dalam kandungan, Ibu wajib memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan janin agar janin tumbuh sempurna dan sehat. Tak bisa dipungkiri, mengapa banyak anak-anak lahir kemudian tumbuh menjadi anak yang tak berkualitas. Salah satu penyebabnya, karena dari dalam kandungan saja, Ibunya tidak memberikan asupan gizi yang baik. Dimasa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otaknya. ASI merupakan makanan utama pertama yang Ibu harus berikan pada bayi. Anak-anak yang mengkonsumsi makanan sehat sejak dini, memiliki pikiran yang lebih fokus sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otaknya. Selain itu anak yang cukup gizinya memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

  • 3. Selalu berikan stimulasi sejak bayi

  • Pada saat bayi baru lahir, sel-sel otaknya belum terkoneksi satu sama lain dengan sempurna. Dengan memberikan stimulasi secara berkala, Ibu secara langsung membantu sistem kerja otak anak menjadi sempurna. Stimulasi -stimulasi yang Ibu berikan membuat anak belajar menerima informasi yang anak butuhkan. Stimulasi yang dapat Ibu berikan dapat berupa nyanyian, sapaan, sentuhan, bermain bersama atau sekedar mengajak ngobrol bayi. Lakukan sambil menatap mata dan menyentuh tubuh bayi. Apa yang Ibu lakukan tersebut sebagai landasan bagi perkembangan bahasa bayi dan peluang bagi bayi untuk tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas.

  • Advertisement
  • 4. Budayakan membaca

  • Mengapa membaca itu penting? Karena dengan membaca, anak akan memperoleh banyak informasi, pengetahuan dan hal baru yang belum diketahuinya. Membaca merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak. Membaca adalah pengalaman belajar dini yang harus Ibu ajarkan sejak bayi karena membantu otak si kecil lebih bekerja dan membuat anak lebih cerdas. Anak yang suka membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan berkesempatan menjadi anak yang lebih unggul.

  • 5. Arahkan pada hal-hal yang positif dan bermanfaat

  • Anak cerdas bukan hanya dilihat dari hasil presentasinya yang membanggakan disekolah saja, anak cerdas harus bisa jadi individu yang unggul, berakhlak, berprestasi non akademik, pandai bersosialisas. Untuk itu, Ibu harus senantiasa mengarahkan anak pada hal-hal yang positif dan bermanfaat, misalnya tumbuhkan sikap religius pada anak sejak dini, arahkan bakat/potensi yang dimiliki anak,ajarkan anak nilai-nilai moral seperti bagaimana menghargai orang lain, bagaimana untuk selalu menjaga anak yang selalu rendah hati.'

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

5 hal yang bisa Ibu lakukan untuk membantu menumbuhkan kecerdasan bayi

Kecerdasan anak tidak datang dengan sendirinya, dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting, terutama Ibu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr