6 hal yang harus kamu diskusikan secara jujur pada pasangan sebelum memutuskan untuk menikah dengannya

Jujur dan bicara terbuka sepenuhnya kepada pasangan adalah awal yang penting untuk masuk ke jenjang hubungan yang berikutnya

4,649 views   |   22 shares
  • Sebuah pernikahan yang kokoh haruslah didasari dengan pondasi yang kuat. Dan salah satu pondasi yang menopangnya adalah kejujuran. Hubungan yang diawali dengan ketidakjujuran biasanya tidak akan berakhir bahagia. Kebohongan kecil maupun kebohongan besar akan berdampak buruk bagi pernikahan Anda.

  • Setiap pasangan memiliki harapan yang baik untuk pernikahan mereka kelak. Membentuk keluarga idaman yang hidup bahagia. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, Anda harus mempertimbangkan banyak hal untuk mewujudkan pernikahan impian Anda yang bahagia, salah satunya melalui keterbukaan kepada pasangan Anda.

  • Jangan pernah malu atau takut mengungkapkan kejujuran Anda, meskipun mungkin apa yang nantinya Anda ungkapan akan membuat pasangan Anda kecewa, marah, ilfil atau bahkan kehilangan rasa terhadap Anda. Setidaknya keberanian Anda untuk berterus terang membuktikan bahwa Anda adalah orang yang jujur dan bertanggung jawab.

  • Berikut 6 hal yang perlu kamu ungkapan secara jujur kepada pasangan sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengannya.

  • 1. Masa lalu Anda

  • Meskipun ada ungkapan jangan pernah menoleh kembali ke masa lalu, fokus dan pandanglah ke masa depan, namun bagaimanapun pasangan Anda berhak mengetahui masa lalu Anda, begitupun sebaliknya. Ketahuilah banyak pernikahan yang pada akhirnya kandas karena kebohongan akan masa lalu dari masing-masing pasangan yang terbongkar. Menceritakan masa lalu, apalagi yang buruk memang tidaklah mudah. Termasuk masa lalu yang berhubungan dengan mantan Anda harus Anda ungkapan secara jujur kepada pasangan Anda agar setelah Anda menikah tidak terjadi kesalahpahaman. Tak semua pasangan dapat menerima kenyataan yang Anda ungkapan,namun lebih baik memberitahunya sebelum terlambat.

  • 2. Kepribadian Anda

  • Alih-alih ingin terlihat sempurna didepan pasangan, Anda terpaksa menunjukkan sifat atau kepribadian Anda yang palsu dengan alasan untuk mendapatkan nilai plus dari pasangan Anda. Menutupi jati diri Anda yang sebenarnya lambat laun akan membuat Anda tidak nyaman sendiri. Lebih baik jadilah diri Anda sendiri dan beranilah untuk berkata jujur kepada pasangan Anda apa adanya Anda sebenarnya. Mungkin Anda memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan, atau sifat yang egois yang tidak diketahuinya. Namun pasangan Anda akan lebih menghargai kejujuran Anda. Dari situ Anda berdua bisa belajar saling melengkapi kekurangan masing-masing.

  • 3. Masalah finansial

  • Sebelum memutuskan menikah, Anda wajib berterus terang mengenai keadaan finansial Anda karena masalah finansial menjadi hal yang sensitif ketika Anda telah berumah tangga. Tak jarang percekcokan suami istri terjadi disebabkan karena masalah yang satu ini. Oleh sebab itu terbukalah mengenai keadaan keuangan Anda, seperti berapa gaji Anda setiap bulannya, penghasilan tambahan Anda, aset/properti yang Anda miliki termasuk terbuka soal hutang-hutang Anda ( jika ada).

  • Advertisement
  • 4. Masalah kesehatan

  • Jangan pernah menutupi masalah yang penting ini. Jika Anda memang memiliki riwayat penyakit, lebih baik jujur diawal hubungan Anda. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit yang kronis. Alangkah baiknya jika sebelumnya menikah, Anda dan pasangan Anda menjalani tes kesehatan pre marital, agar Anda maupun pasangan Anda sama-sama mengetahui kondisi kesehatan satu sama lain sehingga tidak terjadi kekecewaan, kesalahan paham atau penyesalan dikemudian hari.

  • 5. Tampilan fisik

  • Sebelum menikah Anda berhak sepenuhnya terhadap diri Anda sendiri, Anda bisa memutuskan berpenampilan sesuai keinginan Anda. Tetapi beda halnya bila nantinya Anda telah menikah. Pasangan Anda juga berhak mengomentari penampilan fisik Anda, bahkan mungkin apa yang Anda suka justru pasangan Anda tidak suka. Inilah yang harus Anda ungkapan sejujurnya sebelum menikah. Buat kesepakatan yang bijak dan pengertian agar pasangan Anda bisa menerima apa adanya diri Anda.

  • 6. Pernikahan seperti apa yang Anda inginkan

  • Sebelum menikah, Anda dan pasangan mungkin menjalani kehidupan dengan cara yang berbeda. Perbedaan itu akan dibawa dalam satu ikatan pernikahan. Itulah yang harus Anda utarakan kepada pasangan Anda. Seperti apa hubungan pernikahan yang Anda inginkan, bagaimana mencari jalan tengah agar adil bagi Anda juga bagi pasangan Anda. Masalah seputar pernikahan ada banyak yang perlu diluruskan bersama, misalnya seks seperti apa yang Anda inginkan, pola asuh anak yang bagaimana yang baik diterapkan, pembagian tugas dan tanggung jawab dalam keluarga seperti apa, siapa yang bertanggung jawab mengelola keuangan rumah tangga dan masih banyak lainnya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

6 hal yang harus kamu diskusikan secara jujur pada pasangan sebelum memutuskan untuk menikah dengannya

Jujur dan bicara terbuka sepenuhnya kepada pasangan adalah awal yang penting untuk masuk ke jenjang hubungan yang berikutnya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr