5 alasan terselubung seseorang gemar memamerkan kemesraan bersama pasangan di akun media sosial

Rasanya, tidak perlu ada yang dipublikasikan jika memang benar hubungan dengan pasangan sungguh-sungguh berjalan dengan baik. Anda setuju?

23,038 views   |   67 shares
  • Media sosial akhir-akhir ini menjadi tempat paling favorit bagi banyak orang untuk mengunggah foto-foto kenangan mereka. Selain karena dapat diakses secara gratis, media sosial menjamin foto-foto tersebut dapat terpelihara dengan baik tanpa khawatir bakalan rusak, hilang atau mungkin terhapus tanpa sengaja.

  • Namun, selain sebagai tempat untuk menyimpan foto-foto kenangan, sebagian orang dengan sengaja menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mencurahkan isi hati mereka hingga memajang momen-momen mesra bersama pasangan. Tidak ada yang aneh sebenarnya, tetapi seiring berjalannya waktu banyak orang mengunggah foto-foto mesra mereka untuk tujuan-tujuan tertentu yang terselubung.

  • Tidak bermaksud menghakimi, tapi jika dicermati dengan seksama ada beberapa alasan di balik banyaknya foto-foto mesra yang bersliweran di media sosial, diantaranya:

  • 1. Sebagai kamuflase untuk menutupi hubungan yang tengah bermasalah

  • Pamer kemesraan di sosmed tanda hubungan bahagia? Belum tentu, seorang profesor psikologi dari Albright College, Pennsylvania, Gwendolyn Seidman, Ph.D, mengatakan "Pada sebuah penelitian saya menemukan bahwa mereka yang puas dengan hubungan asmaranya akan lebih aktif dalam interaksi sosial ketimbang eksis di media sosial. Saya juga menemukan fakta bahwa orang-orang yang cenderung memiliki kepercayaan diri rendah lebih sering menampilkan info maupun foto-foto manipulasi sebagai cara untuk mendapatkan perhatian. Selain itu, ini merupakan salah satu cara untuk meyakinkan dirinya dan juga orang lain bahwa hubungan yang sedang mereka jalani baik-baik saja, padahal kenyataannya tidak demikian."

  • 2. Sebagai bukti bahwa seseorang telah move on dari pengalaman pahit masa lalu

  • Seidman juga menambahkan, "Mereka yang puas dengan hubungan asmaranya juga akan melakukan hal serupa, mereka akan sering update status serta mengunggah foto-foto mesra mereka bersama pasangannya. Seringkali cara demikian dilakukan dengan sengaja untuk memberitahu orang lain bahwa ia telah mampu bangkit dari pengalaman pahit masa lalu. Orang tersebut juga ingin menyampaikan kabar bahagia sekaligus memberitahu sang mantan bahwa dirinya baik-baik saja."

  • 3. Sebagai bentuk pencitraan diri

  • Sejak awal dibentuk media sosial telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan, dari yang awalnya hanya sebagai tempat untuk bersilahturahmi kini dapat dipergunakan sebagai media untuk melakukan promosi. Nah, untuk meyakinkan khalayak seseorang kerap mengungah foto mesra bersama pasangannya sebagai bentuk pencitraan diri yang bertujuan untuk menarik simpati, rasa percaya dan dukungan dari para follower-nya.

  • Advertisement
  • 4. Untuk mengobati rasa rindu kepada pasangan

  • Kadang kala media sosial oleh beberapa orang dianggap layaknya album kenangan untuk mengobati rasa rindu kepada orang yang sangat dicintainya. Seperti sebuah kisah pilu yang disampaikan oleh seorang wanita yang ditinggal pergi oleh pasangan hidupnya untuk selamanya. Wanita tersebut kerap memajang foto-foto kebersamaan bersama sang kekasih semasa ia masih hidup. Melalui cara tersebut wanita tersebut mengaku bisa sedikit mengobati rasa rindunya, meskipun ia tahu cara tersebut tidak akan mampu mengembalikan kenyataan yang sudah terjadi.

  • 5. Sebagai sinyal agar orang lain tidak menganggu hubungan mereka

  • Seringkali ada orang bertanya masih single atau sudah menikah? Nah, dengan adanya media sosial seseorang berharap orang lain tidak perlu lagi mempertanyakan status dirinya. Selain itu, ada pesan khusus yang ditujukan bagi mereka yang gemar "menganggu" hubungan orang lain supaya berpikir dua kali sebelum melakukannya. Ya, foto-foto mesra yang kerap dipajang sebagai "ultimatum" bahwa hubungan yang ia jalani bersama pasangan berjalan lancara dan bahagia.

  • Setujukah Anda, ketika segala sesuatu berjalan dengan lancar dan menyenangkan, baik dalam kehidupan pribadi maupun dengan pasangan, seseorang tak memiliki waktu untuk memamerkannya di media sosial? Menyebarkan atau memperlihatkan masalah yang sedang terjadi dengan pasangan di media sosial, sehingga banyak orang tahu tak akan menyelesaikan masalah. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menginspirasi Anda sekalian untuk memanfaatkan media sosial dengan bijaksana.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 alasan terselubung seseorang gemar memamerkan kemesraan bersama pasangan di akun media sosial

Rasanya, tidak perlu ada yang dipublikasikan jika memang benar hubungan dengan pasangan sungguh-sungguh berjalan dengan baik. Anda setuju?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr