6 alasan ‘gadget’ (ternyata) juga memberikan manfaat untuk anak Anda

Tidak melulu merugikan, penggunaan gadget juga bermanfaat bagi anak selama dibatasi.

210 views   |   4 shares
  • Perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih saat ini, mau tidak mau turut memengaruhi gaya pengasuhan terhadap anak-anak kita. Setiap keluarga memiliki minimal satu atau lebih ponsel maupun tablet pintar. Hal ini menjadikan para anak-anak di era digital ini dapat dengan mudah ikut 'terkontaminasi' terhadap paparan teknologi, mencontoh dari orang-orang di sekitarnya. Banyak penelitian yang menuliskan pengaruh buruk paparan gadget terhadap pertumbuhan anak. Tetapi, betulkah perkembangan teknologi ini sebenarnya tidak baik untuk perkembangan anak?

  • Masih banyak pro dan kontra mengenai pandangan manfaat perangkat teknologi bagi anak-anak (dan bahkan orang dewasa). Nah, di bawah ini saya uraikan sedikit mengenai hal-hal positif yang sebenarnya dapat dipetik anak dari penggunaan teknologi modern ini. Berikut di antaranya:

  • 1. Melek informasi sejak dini

  • Generasi yang lahir setelah tahun 2000 sering disebut generasi digital. Setiap aspek kehidupan mereka hampir selalu bersentuhan dengan teknologi. Karenanya, mereka pun dapat dengan mudah mengakses segala informasi yang dibutuhkan. Bisa jadi, mereka bahkan lebih melek informasi ketimbang orangtua mereka.

  • 2. Memacu perkembangan motorik anak

  • Motorik adalah kemampuan anak untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Sebuah studiyang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa penggunaan gadget dengan layar sentuh pada anak-anak akan memacu perkembangan motorik mereka. Khususnya ketika mereka menyentuh untuk menaik-turunkan layar.

  • 3. Belajar dengan menyenangkan

  • Selain jadi sarana informasi, gadget juga dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran bagi anak. Ada ribuan aplikasi yang menarik dan berguna untuk membantu anak belajar, semuanya dikemas dengan lucu dan menarik tanpa mengurangi unsur edukasi yang penting untuk anak. Warna dan suaranya yang menarik mampu membuat anak merasa senang untuk ikut belajar.

  • 4. Paparan bahasa asing

  • Sebagian besar permainan atau informasi yang tersedia secara digital menggunakan bahasa Inggris. Tidak jarang orangtua mendapatkan anaknya yang masih balita paham dengan penggunaan beberapa kata asing yang sering didengarnya lewat gadget, misalnyaI, you, eat, drink, hungry, house, walk, run, dan seterusnya. Kalimat sederhana misalnya: I love you, I am hungryjuga beberapa di antaranya. Dengan keuntungan ini, Anda hanya perlu membimbing anak tentang penggunaan bahasa yang tepat tanpa harus susah-susah mengajarkan dari awal.

  • Advertisement
  • 5. Bertatap muka jarak jauh dengan sanak keluarga

  • Di masa lalu komunikasi jarak jauh hanya bisa dilakukan dengan surat menyurat atau menelpon. Itupun memerlukan biaya yang tinggi. Di era digital, komunikasi semakin mudah, gratis dan tersedia setiap saat. Bahkan bertatap muka di manapun dan kapan pun tanpa batas geografis, sejauh tersedia jaringan internet. Anak-anak akan merasa dekat dengan sanak keluarga mereka walau tidak pernah benar-benar bertemu langsung.

  • 6. Memudahkan peran orangtua mengajarkan ilmu pengetahuan

  • Melalui jaringan internet Anda dapat mencari jawaban dan informasi tentang apa saja. Misalnya sekarang ini anak-anak susah makan sayur, Anda bisa mencari informasi tentang trik mengajarkan anak makan sayur, atau makanan pengganti untuk memenuhi gizi anak dan lain sebagainya. Bagi anak yang sudah cukup besar, Anda dapat mencarikan informasi tentang 'mengapa manusia perlu makan sayur' dan menunjukkannya kepada anak untuk mereka pelajari sendiri.

  • Melihat uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa teknologi tidak melulu buruk untuk anak. Asal digunakan dengan bijak, teknologi ini juga dapat bermanfaat baik bagi pertumbuhan anak Anda. Tentu saja, selalu ada batasan bagi anak dan tidak dilepaskan begitu saja mengakses informasi tanpa dampingan Anda. Hindari juga membiarkan anak terpapar gadget sampai seharian penuh. Asosiasi Dokter Anak di Amerika tidak merekomendasikan penggunaan gadget untuk anak di bawah usia 2 tahun. Bagi anak usia 2 tahun ke atas, disarankan membatasi penggunaannya hanya 2 jam sehari.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

6 alasan ‘gadget’ (ternyata) juga memberikan manfaat untuk anak Anda

Tidak melulu merugikan, penggunaan gadget juga bermanfaat bagi anak selama dibatasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr