5 hal yang sebaiknya tidak pernah Anda keluhkan kepada pasangan

Ketika Anda mampu mencintainya dengan sungguh-sungguh, maka Anda tidak akan pernah mudah mengeluh terhadap apapun.

4,253 views   |   16 shares
  • Setelah menikah kini tumpuan uneg-uneg dalam kehidupan sehari-hari, beralih ke pada pasangan. Ya, mengeluh adalah sesuatu yang alami, lumrah bahkan sehat jika dilakukan dengan cara dan tujuan yang benar. Saya sendiri juga kerap melakukannya loh. Terkadang ada beberapa hal yang membuat saya terpaksa harus mengeluh kepada suami, tetapi setelahnya saya menyadari mengeluh bukanlah cara terbaik untuk menyampaikan sesuatu. Hanya saja sebagai manusia biasa saya merasa tidak berdaya untuk tidak melakukannya.

  • Namun, ada beberapa hal yang memang sebaiknya tidak pernah Anda keluhkan terhadap pasangan. Dengan kata lain, setelah menikah setidaknya Anda berdua telah membuat kesepakatan untuk tidak menyinggung bahkan mengungkit-ungkit kembali persoalan yang dapat membuat kondisi rumahtangga menjadi tidak nyaman. Baiklah, apapun yang terjadi jangan pernah mengeluh kepada pasangan jika ternyata hal-hal di bawah inilah alasannya:

  • Jumlah anak yang dimiliki

  • Pepatah yang mengatakan banyak anak banyak rezeki agaknya sudah tidak relevan diterapkan di zaman sekarang. Sebab dengan makin banyaknya anak secara otomatis membuat kebutuhan hidup juga makin membengkak. Nah, keputusan untuk memiliki banyak anak tentu sudah menjadi kesepakatan Anda berdua. Alih-alih mengeluh dan berdebat, sebaiknya Anda berdua berdiskusi dan saling membantu untuk menjaga supaya kondisi perekonomian keluarga tetap stabil.

  • Berbeda keyakinan

  • Menikah dengan pasangan yang berbeda keyakinan, maka Anda berdua harus siap menghadapi tentangan dari orangtua, sanak saudara, sahabat dekat dan mungkin masyarakat sekitar. Ada banyak persoalan akan Anda berdua hadapi dengan kondisi pernikahan semacam ini. Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh jika suatu hari nanti persoalan demi persoalan baru bermunculan, Anda berdua harus ingat bahwa ini semua telah menjadi kesepakatan bersama dan Anda berdua siap menanggung segala risikonya.

  • Jenis pekerjaan pasangan

  • Sebelum menikah pasti Anda telah mengetahui latar pekerjaan calon pasangan, hal ini penting sebab sangat memengaruhi kondisi perekonomian keluarga nantinya. Dan setelah menikah, maka Anda berdua harus bisa saling mendukung karier masing-masing. Masalah demi masalah pasti akan datang, tetapi ingat jangan pernah mempersoalkan tentang pekerjaan masing-masing karena Anda berdua telah menyepakatinya.

  • Kebiasan-kebiasaan pasangan

  • Entah baik atau buruk, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu mengeluhkan kebiasaan-kebiasaan pasangan. Pikirkan kembali, meminta seseorang untuk mengubah kebiasaan-kebiasannya bukanlah perkara mudah. Sebelum menikah Anda pasti telah mampu beradaptasi dengan hal tersebut, bersedia menerima kelemahannya dan berjanji untuk hidup setia bersamanya.

  • Advertisement
  • Latar belakang pendidikan dan keluarganya

  • Sadari tidak semua orang memiliki pendidikan tinggi yang diharapkan dan tidak semua pula yang beruntung lahir dan dibesarkan dalam kondisi keluarga utuh serta bahagia. Alih-alih mengeluh terhadap kedua hal tersebut, tentu lebih baik Anda dan pasangan kini bersama-sama membangun keluarga yang lebih sejahtera. Fokuslah terhadap masa depan Anda berdua terlebih bagaimana pasangan telah memperlakukan Anda selama ini. Semakin banyak bersyukur, maka hidup Anda bersamanya akan jauh lebih bahagia.

  • Bijaklah dalam perkataan maupun tindakan. Cintailah pasangan Anda dengan sepenuh hati. Ketika mampu mencintainya dengan sungguh-sungguh, maka Anda tidak akan pernah mudah mengeluh terhadap apapun. Berusahalah selalu berpikir positif, jangan izinkan setiap persoalan -besar maupun kecil- menjadi batu sandungan dalam perjalanan hidup rumahtangga Anda berdua.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 hal yang sebaiknya tidak pernah Anda keluhkan kepada pasangan

Ketika Anda mampu mencintainya dengan sungguh-sungguh, maka Anda tidak akan pernah mudah mengeluh terhadap apapun.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr