Bagaimana Cara Berkemas untuk Perjalanan Piknik Keluarga

Bersiap-siap untuk perjalanan piknik keluarga dapat menyebabkan stres. Banyak hal yang harus dipikirkan sehingga sangat mudah untuk menjadi lupa akan sesuatu. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam prosesnya.

2,898 views   |   1 shares
  • Bersiap-siap untuk perjalanan piknik keluarga dapat menyebabkan stres. Banyak hal yang harus dipikirkan sehingga sangat mudah untuk menjadi lupa akan sesuatu. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam prosesnya dengan melakukan pendekatan langkah demi langkah berikut ini:

    1. Buatlah poster jadwal perjalanan dan tempat-tempat yang akan dikunjungi berikut gambar-gambarnya.

    2. Berikan kepada setiap angota keluarga sebuah tas kecil untuk dibawa dalam mobil dan menggunakannya untuk menaruh barang-barang yang akan digunakan selama perjalanan. Beri mereka daftar barang-barang untuk diisi, seperti bahan bacaan, alat tulis, tisu, serta kantong plastik untuk tempat sampah. Beri tahu mereka agar mereka masing-masing bertanggung jawab atas barang-barang yang mereka bawa serta menaruhnya kembali ke dalam tas setelah memakai suatu barang. Berilah label nama di masing-masing tas dan barang. Taruhlah makanan di bagian tengah dan jauh dari jangkauan anak kecil, serta berikanlah hanya pada saat hendak dimakan.

    3. Khususkanlah koper untuk barang-barang yang digunakan pada aktivitas tertentu, misalnya peralatan berenang atau bermain di air, pakaian resmi, bermain di taman, dan menunggang kuda.

    4. Bahaslah jadwal dan tempat-tempat yang akan dikunjungi selama perjalanan bersama keluarga. Sewaktu Anda membahas setiap aktivitas, suruhlah para anggota keluarga untuk mengumpulkan barang-barang yang mereka butuhkan untuk aktivitas tersebut. Masukkanlah barang-barang tersebut ke dalam koper yang telah ditentukan. Berilah label sedemikian rupa sehingga semua anggota keluarga dapat mengenali dengan jelas koper yang dikhususkan untuk setiap aktivitas.

    5. Setelah Anda mengemasi barang-barang yang digunakan untuk aktivitas, kemasilah barang-barang yang digunakan sesuai urutan hari. Taruhlah barang-barang keperluan anak-anak yang paling kecil bersama dengan barang-barang anak-anak yang lebih besar atau orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memandikan dan memakaikan pakaian mereka. Berilah label koper sesuai dengan nama orang yang akan menggunakannya, serta kemasilah pakaian dalam, kaus kaki, pakaian tidur, serta pakaian biasa secukupnya sesuai dengan jumlah hari perjalanan tersebut. Suruhlah setiap individu untuk mengeluarkan barang-barang tersebut dari kamar mereka dan menaruhnya dalam koper.

    6. Peralatan mandi keluarga dapat ditaruh dalam tas jinjing khusus untuk dipakai bersama-sama, atau khusus untuk anak-anak yang lebih besar ke dalam tas mereka sendiri, dengan menggunakan kantong berperekat untuk menghindari agar benda-benda cair tidak tertumpah pada pakaian jika kemasannya bocor atau pecah. Pastikanlah bahwa mereka membawa sampo, sabun, deodoran, sikat dan pasta gigi, serta pisau cukur bila dibutuhkan.

    7. Jika Anda harus menyiapkan makanan sendiri selama perjalanan, bawalah tempat khusus untuk peralatan makan dan peralatan memasak. Barang-barang ini termasuk gelas, piring, mangkok, sendok-garpu, pisau tajam, centong nasi dan sayur, mangkok besar,panci-panci, taplak, sabun cuci piring, serbet, serta baskom besar untuk mencuci piring, serta peralatan untuk menyalakan api.

    8. Saat mengemasi bahan makanan, pikirkan secara cermat untuk setiap jam makan sesuai jadwal perjalanan serta benda-benda yang dibutuhkan untuk menyiapkannya. Kemasilah bahan makanan sesuai jam makan sebanyak mungkin, dengan memerhatikan bahan makanan apa saja yang perlu disimpan di lemari pendingin sebelum atau sesudah jam makan.

    9. Periksalah jadwal perjalanan sesaat sebelum berangkat bersama para anggota keluarga untuk memastikan bahwa Anda telah membawa semua benda yang Anda butuhkan, kemudian taruhlah barang-barang tersebut di dalam mobil sehingga koper-koper disusun secara terurut sesuai dengan urutan waktu pemakaiannya.

    10. Luangkanlah waktu untuk berdoa atau untuk hening sejenak beberapa saat sebelum Anda berangkat. Ini biasanya dilakukan untuk mengingat-ingat barang-barang yang mungkin Anda lupa sebelumnya!

  • Advertisement
  • Perjalanan piknik keluarga dapat menjadi menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga bila kita meluangkan waktu untuk menyertakan mereka dalam proses persiapan dan berkemas. Anak-anak akan tahu hal-hal yang diharapkan dari mereka, dan orang tua pun tidak terlalu stres. Semua akan gembira menantikan hari-hari yang menyenangkan bersama-sama sebagai keluarga.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to pack for a family road trip” karya Denise Anderson.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Denise is a published author, with an Education Specialist Degree in School Psychology. Additional writings are found at http://denise-w-anderson.hubpages.com. For more information.

Bagaimana Cara Berkemas untuk Perjalanan Piknik Keluarga

Bersiap-siap untuk perjalanan piknik keluarga dapat menyebabkan stres. Banyak hal yang harus dipikirkan sehingga sangat mudah untuk menjadi lupa akan sesuatu. Libatkan seluruh anggota keluarga dalam prosesnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr