Kenali 3 sumber penyebab kerenggangan hubungan antara Anda dan pasangan

Jarak dan tembok dalam hubungan ini begitu melukai hati. Apakah penyebabnya hingga rasa itu perlahan memudar?

5,276 views   |   11 shares
  • Merenggang dari pasangan sungguh melukai hati. Anda masih mencintainya, namun terkadang tak punya keberanian untuk memandang matanya. Banyak kata yang ingin terucap, namun Anda sadar apalah gunanya bicara. Pasangan mungkin berniat untuk meminta maaf, namun apakah benar perdebatan Anda begitu seriusnya hingga butuh gencatan senjata?

  • Mengapa menunjukkan rasa cinta dengan tindakan sederhana terasa berat dan sulit? Padahal, aksi kecil semacam ini justru memberikan makna mendalam akan romantisme yang begitu didamba. Adanya jarak dan tembok pemisah tak kasat mata ini membuat segalanya rumit. Apabila situasi tak mengenakkan ini sedang Anda alami, ketahuilah bahwa masalah ini perlu segera disudahi. Kenali dahulu, apa saja penyebab Anda menjauh dari pasangan, seperti tiga alasan ini.

  • 1. Tidak nyambungsatu sama lain

  • Pasangan sepatutnya juga menjadi sahabat terdekat Anda. Membangun sebuah hubungan tulus dengan pasangan adalah sebuah hal wajib dalam pernikahan. Berbagilah dengannya, mulai dari rahasia, ketakutan, hasrat, cita-cita, rancangan masa depan, dan semua kerapuhan diri yang menjadikan siapa diri Anda seutuhnya. Fokuslah pada hubungan ini. Tidak ada yang lebih penting dari hubungan Anda dengannya, sehingga teruslah berikhtiar membangun dan menjaganya. Apabila mungkin, cobalah mengenang masa lalu. Koreklah kenangan lama yang berkesan guna menyambungkan lagi ketidakcocokan yang merenggangkan Anda.

  • 2. Tidak bersenang-senang

  • Pasangan yang saling menikmati kebersamaan akan dengan mudah membangun kemesraan. Tertawa bersama adalah salah satu caranya. Keceriaan juga terbentuk dari hubungan akrab. Jadikan kencan sebagai agenda rutin Anda seperti masa berpacaran dulu. Menikah bukanlah alasan untuk lupa melakukan hal-hal romantis yang membangkitkan 'gelitik kupu-kupu' di perut Anda. Menghabiskan waktu berkualitas hanya dengan pasangan tercinta akan membuat Anda berdua lebih rileks dan menikmati waktu kebersamaan berdua.

  • Untuk sebuah kencan yang sukses, pilihlah sesuatu yang Anda sama-sama gemari. Berbincanglah dengan akrab, ringan, santai, dan menyenangkan. Hindari membahas masalah-masalah Anda saat kencan. Utamakan membangun kedekatan dan keintiman. Dengan demikian, Anda akan mengakrabkan diri secara alami dan perlahan mengikis tembok yang memisahkan. Selamat tinggal, kerenggangan!

  • 3. Kurangnya rasa saling pengertian

  • Sadarilah, saat Anda mencoba untuk saling mengerti, masalah pun akan semakin mudah untuk dihadapi. Mulailah dengan memperbaiki komunikasi Anda dengan pasangan. Jadilah pendengar yang baik, berempatilah terhadap perasaan mereka. Pahami apa maksud yang mereka sampaikan, baik lisan maupun bahasa tubuh. Bukalah diri Anda terlebih dahulu untuk menjadi tempat bersandar baginya, sehingga ia yakin bahwa pernikahan ini bukan dibangun atas ego pribadi Anda belaka. Sempatkan untuk bicara dengannya. Anda dapat memulai secara bertahap. Misalnya, hari ini dari pesan seluler, lalu meningkat menjadi telepon di kesempatan berikutnya. Hingga akhirnya, Anda berdua bertemu empat mata dan bicara lebih mendalam. Dengan membangun rasa saling pengertian, Anda pun dapat memahami pasangan Anda sepenuhnya secara lebih objektif.

  • Advertisement
  • Pernikahan yang kuat berawal dari sebuah hubungan persahabatan yang solid. Berjuanglah untuk menjadikan pernikahan Anda sebuah tujuan hidup utama. Jadikan pasangan sebagai pencipta kenangan manis dalam hidup Anda. Niscaya, menua bersama adalah relationship goals yang Anda amin-kan berdua.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Ratih Arawinda dari artikel asli berjudul "3 razões para o seu cônjuge estar distante" karya Cibele Carvalho.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Cybele Carvalho adalah konsultan yang ahli dalam bidang keluarga dan menjadi pengajar dan membawakan kuliah untuk para pengantin baru. Beliau juga merupakan pakar psikologi forensik. Carvalho berkarier dan tetap menjalankan perannya sebagai istri dan ibu.

Kenali 3 sumber penyebab kerenggangan hubungan antara Anda dan pasangan

Jarak dan tembok dalam hubungan ini begitu melukai hati. Apakah penyebabnya hingga rasa itu perlahan memudar?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr