7 langkah untuk memenangkan hati anak dari pasangan Anda

Stereotipe ibu tiri yang kejam seringkali menciptakan berbagai kendala bagi Anda untuk membangun koneksi dengan anak tiri tersayang.

397 views   |   2 shares
  • Jodoh tak ada yang tahu. Tiba-tiba, Anda menikah dengan seorang duda atau janda yang memiliki buah hati dari pernikahan mereka sebelumnya. Voila! Sekarang Anda memiliki peran baru sebagai orang tua tiri bagi mereka. Sayangnya, stereotipe yang banyak berkembang di dunia menempatkan posisi orang tua tiri sebagai sosok yang mendapatkan prasangka buruk. Ya, mulai dari bacaan dongeng masa lalu hingga tontonan televisi masa kini banyak menggambarkan ibu tiri sebagai sosok antagonis.

  • Beban ini yang akhirnya membuat para orang tua tiri baru kerap ragu dan sungkan melangkah ataupun membangun kedekatan dengan anak tiri mereka. Untuk mengatasi kecanggungan dan perjalanan pengasuhan anak tiri yang lebih mulus, mari simak 7 cara untuk memenangkan hati anak tiri Anda:

  • 1. Pertemuan perdana yang ringan

  • Kesan pertama sering menjadi penentu. Tak perlu berpikir rumit atau terlalu berusaha menciptakan sebuah pencitraan. Awali pertemuan Anda dengan anak tiri melalui perjumpaan yang tidak terlampau lama dan aktivitas ringan. Makan es krim bersama, bermain di taman, atau mengunjungi pekan raya. Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuknya dan tampilkan diri Anda yang santai serta bersahabat.

  • 2. Sukai kegemarannya

  • Anak-anak sangat senang apabila dirinya menjadi pusat perhatian. Itulah mengapa untuk mendekati mereka, tanyakan hal-hal yang mereka gemari. Lalu, tunjukkan minat Anda terhadap hal tesebut atau setidaknya minat Anda untuk mendengarkannya bercerita tentang kegemarannya. Secara halus, Anda memasukkan diri ke dalam dunianya dan ia merasa istimewa. Tak ada yang lebih menggembirakan anak selain menunjukkan bahwa dirinya menyukai hal-hal yang dianggap keren.

  • 3. Jadilah penyemangat

  • Apabila Anda berpikir, posisi seperti apakah yang perlu Anda tunjukkan dalam kehidupan anak tiri Anda? Menjadi penyemangat atau cheerleader adalah pilihan yang sangat bijak. Meskipun ada naluri keibuan dalam diri Anda, ada baiknya Anda tidak serta merta turut mengatur dalam kehidupannya. Untuk mayoritas pekerjaan pengasuhan, disarankan Anda lakukan berdua dengan pasangan atau memberikan kesempatan pasangan Anda sebagai orang tua kandung mereka untuk memegang kendali pengasuhan. Memang, tak perlu menjadi super akrab seperti sahabat. Adakalanya Anda perlu menunjukkan wibawa dan ketegasan sebagai orang yang lebih tua. Namun dengan memberikan ruang dan waktu kepada mereka untuk menerima kehadiran Anda, maka Anda telah membuat sebuah langkah meyakinkan untuk meraih kepercayaannya.

  • Advertisement
  • 4. Kasih sayang yang adil

  • Peliknya hubungan dengan anak tiri biasanya menjadi semakin rumit apabila Anda juga memiliki anak dari pernikahan sebelumnya. Tidak sedikit kasus 'pilih kasih' yang terjadi atau melabeli 'anakku' versus 'anakmu'. Jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, usahakan untuk selalu menyebut mereka "anak kita" atau cukup "anak-anak". Berikan perlakuan seadil mungkin. Untuk langkah awal, saat upaya pendisiplinan, Anda bisa menerapkan pembagian dengan pasangan sehingga anak didisiplinkan oleh orangtua kandungnya dahulu. Dengan demikian, mereka tidak merasa adanya teritori yang dilanggar ataupun ketidakadilan dalam perlakuan.

  • 5. Berhubungan dengan 'si mantan'

  • Sungguh langkah yang satu ini butuh hati seluas samudera. Namun, apabila Anda berhasil melakukannya, sederet dampak positif telah menanti di depan sana. Apabila mantan istri dari pasangan Anda masih ada, cobalah menunjukkan perilaku santun. Berikan kesempatan bagi mereka untuk tetap berhubungan baik dengan anak-anak. Hindari menjelekkan mantan istri pasangan Anda, seburuk apapun yang telah terjadi. Tetaplah berkepala dingin dan bersosialisasi sewajarnya. Berprasangka baik lah kepadanya dan tahan diri untuk tidak terprovokasi apabila ia mencoba memancing emosi Anda. Bagaimanapun, kekecewaan adalah sebuah perasaan yang manusiawi. Lambat laun hati yang keras pun akan luluh. Anak-anak pun melihat bahwa kebaikan Anda adalah sebuah teladan bagi mereka.

  • 6. Libatkan mereka

  • Di saat keraguan menggantung dalam benak anak tiri Anda, raihlah kepercayaan dengan memberikan kesempatan mereka melakukan sesuatu yang berarti untuk keluarga. Libatkan mereka dalam pertimbangan dan pengambilan keputusan. Tanyakan apa saja kebutuhan dan kemauan mereka. Susunlah bersama aturan dasar di rumah. Jadikan suara mereka berarti. Perpisahan kedua orangtua sudah cukup memberatkan hidup mereka secara emosional. Kala rasa percaya itu memudar, kembalikan lagi keyakinan bahwa mereka bukanlah pihak yang bersalah ataupun menjadi penyebab perpisahan tersebut.

  • Advertisement
  • 7. Berikan ruang privasi

  • Waktu akan menyembuhkan. Setiap orang punya cara dan kecepatan tersendiri untuk move on. Begitu pula dengan anak-anak tiri Anda. Perubahan mendadak adalah sesuatu yang mengancam kenyamanan hidup mereka. Biarkan mereka menjalani riak-riak kehidupan ini secara perlahan. Bukalah kesempatan bagi mereka untuk berjuang mencari solusi dan berani menghadapi lubang dalam kesempurnaan. Pada akhirnya saat sudah merasakan bahwa Anda bukanlah ancaman, mereka akan membuka diri dengan sendirinya. Selalu ada buah manis bagi setiap hati yang bersabar.

  • Kesempatan kedua adalah sebuah anugerah, sehingga Anda perlu semakin bijak dan berhati-hati dalam melangkah. Terbukalah selalu akan segala kemungkinan untuk berubah menjadi seseorang yang lebih baik. Pada saat yang tepat, usaha Anda akan memberikan jalan menuju keharmonisan yang didamba.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

7 langkah untuk memenangkan hati anak dari pasangan Anda

Stereotipe ibu tiri yang kejam seringkali menciptakan berbagai kendala bagi Anda untuk membangun koneksi dengan anak tiri tersayang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr