Cara Mendengarkan dengan Hati Anda

Ada formula menakjubkan untuk mendengarkan orang-orang yang Anda kasihi dan menanggapi dengan cara yang akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dimengerti.

5,184 views   |   1 shares
  • Ada formula menakjubkan untuk mendengarkan orang-orang yang Anda kasihi dan menanggapi dengan cara yang akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dimengerti. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berhenti memberikan nasihat, mengurangi kritik, mendengarkan saja, dan mengiakannya.

  • Arti dari mengiyakan

  • Mengiyakan dalam konteks ini artinya: berjalan berdampingan dengan orang lain secara emosional tanpa mencoba untuk mengubah arahnya.

  • Untuk memahami konsep ini, bayangkan diri Anda berjalan di sebelah pasangan Anda. Dalam beberapa hal, dia mulai berbagi masalah atau kekhawatirannya dengan Anda. Anda berpikir itu adalah tugas Anda untuk memecahkan masalahnya jadi Anda mulai mengatakan kepadanya hal-hal yang harus dia lakukan—memberikan nasihat. Ketika itu terjadi, Anda seperti pindah dari berjalan di sebelahnya lalu melompat ke depannya. Anda tidak lagi berjalan di sebelahnya melainkan sudah menjadi konfrontasi.

  • Ingatlah, Anda tidak memiliki semua jawabannya. Jika Anda berpikir Anda tahu apa jawabannya, gigit lidah Anda dan diam saja. Tetap dengarkan, dengan menggunakan kalimat mengiakan seperti,”Oh,” “Wah!”, “Itu pasti sulit.”, “Itu akan menyakitkan.”, dan “Saya prihatin karena itu terjadi padamu.”

  • Ini saatnya untuk berhenti berpikir bahwa Anda harus membuat segalanya lebih baik. Anda bahkan tidak berdaya melakukannya. Kekuatannya terletak dalam diri orang yang menghadapi masalah tersebut. Sebagai orang yang didengarkan dan diiakan mereka akan dapat menentukan secara lebih jernih, hal yang perlu mereka lakukan.

  • Empat aturan ini akan menolong dalam proses mendengarkan dengan hati Anda:

  • Aturan #1 DENGARKAN: Dengarkan dengan memberikan perhatian Anda sepenuhnya

  • Perhatikan orangnya, bukan TV, komputer, atau apa pun. Berhenti dari apa yang sedang Anda lakukan dan berikan diri Anda kepada orang yang membutuhkan telinga pendengaran Anda. Tutup mulut Anda, lihatlah mereka, buka telinga dan hati Anda.

  • Aturan #2 DENGARKAN: Dengarkan perasaan yang diungkapkan

  • Biarkan mereka merasakan apa yang mereka rasakan. Anda tidak dapat memberi saran atas hal yang mereka rasakan. Ketika seseorang berkata, “ Anda seharusnya tidak merasa seperti itu”, itu meningkatkan rasa frustrasi atau kemarahan mereka. Jika Anda hanya mendengarkan dan membiarkan mereka mengungkapkan bagaimana perasaan mereka, itu akan sangat berpengaruh dalam membantu mereka untuk menyingkirkan perasaan yang menyesakkan itu. Tidak seorang pun berhak untuk mengoreksi perasaan orang lain.

  • Advertisement
  • Aturan #3 DENGARKAN: Dengarkan kebutuhan yang diungkapkan

  • Jika pikiran Anda mengatakan “perbaiki” maka pendengaran Anda berhenti dan Anda mungkin tidak pernah dapat benar-benar mendengar apa yang orang lain butuhkan. Ada suami yang terus mengatakan hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh istrinya sementara yang dia inginkan hanyalah agar suaminya mendengarkan kekecewaannya. Dia akhirnya menyadari bahwa dia perlu memberitahu suaminya. Katanya, ”Saya mengatakan kepada suami saya, ‘Saya ingin berbicara. Jangan mencoba untuk memecahkan masalah. Saya hanya ingin kamu mendengarkan.’” Dan itu berhasil.

  • Bila orang memiliki kesempatan untuk mengungkapkan kebutuhan mereka, tanpa disela, maka itu memberikan kesempatan bagi pikiran mereka untuk berfokus dan menemukan pemecahannya sendiri.

  • Aturan #4 MENGERTILAH: Tempatkan diri Anda dalam situasi orang lain sebaik mungkin

  • Anda bukan orang itu dan Anda tidak tahu apa yang dia alami kecuali Anda mencoba untuk melihat dari sisi orang tersebut, bukan dari sudut pandang Anda. Sebaliknya dari berkata, “ Saya mengerti apa yang sedang Anda alami,” Anda dapat mengatakan, “Bantu saya agar saya lebih mengerti.” Anda tidak harus setuju, hanya perlu mengerti. Itulah yang dimaksud dengan mendengarkan dengan tulus.

  • Jika Anda mengikuti proses ini dan mendengarkan dengan hati Anda, banyak masalah akan dapat dihindari dan rasa kasih akan berlimpah. Itulah yang menjadikan pernikahan, rumah tangga, serta hubungan yang bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to listen with your heart” karya Gary dan Joy Lundberg.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

Cara Mendengarkan dengan Hati Anda

Ada formula menakjubkan untuk mendengarkan orang-orang yang Anda kasihi dan menanggapi dengan cara yang akan membuat mereka merasa diperhatikan dan dimengerti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr