Hamil kosong atau 'blighted ovum'. Apa saja tanda-tandanya?

Ketika harapan membumbung akan datangnya momongan, hancur seketika oleh kantung rahim yang kosong. Apa yang sebenarnya terjadi?

15,769 views   |   25 shares
  • Keguguran adalah sebuah risiko yang dialami 1 dari 5 ibu hamil. 80 persen dari peristiwa memilukan ini terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Salah satu penyebab di balik keguguran adalah kondisi hamil kosong atau blighted ovum (BO). Blighted ovum akan terdeteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada usia kehamilan minimal 7 minggu. Pada gambar USG akan terlihat bahwa kantung janin sudah terbentuk, namun tidak ada embrio yang mengisi kantung tersebut.

  • Blighted ovum terjadi karena embrio berhenti tumbuh dan berkembang. Penyebabnya adalah ketidaksempurnaan jumlah kromosom, bisa lebih ataupun kurang, sehingga perkembangan embrio pun terhenti. Walau sebenarnya embrio tersebut sudah sempat menempel pada dinding rahim dan mensekreksikan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG) pada level yang memungkinkan untuk terdeteksi pada tes kehamilan. Kegagalan tumbuh kembang embrio ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja kualitas sel telur dan/atau sperma penyusun embrio kurang baik atau proses pembelahan sel yang tidak sempurna sehingga terjadi perbedaan jumlah kromosom dari kondisi normal.

  • Anda pun akan mengalami tanda-tanda awal kehamilan akibat sekresi hormon kehamilan tersebut. Mual, muntah, perubahan kekenyalan payudara, adalah gejala umum awal kehamilan tersebut. Akan tetapi, seiring waktu dan kegagalan embrio tersebut untuk berkembang, Anda akan mengalami tanda-tanda lain yang patut diwaspadai.

  • Pertama, Anda akan mengalami pendarahan berlebih. Kedua, Anda pun mengalami kram perut yang menyakitkan. Kedua tanda ini merupakan sinyal untuk Anda agar segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

  • Begitu Anda dinyatakan positif keguguran akibat blighted ovum, dokter kandungan akan segera mengambil tindakan. Ada dua alternatif penanganan yang biasa dipiilih.

    • Dokter memberikan misoprostol melalui vagina Anda. Obat ini akan melemaskan dan melunakkan rahim, sehingga akan mengeluarkan jaringan-jaringan embrio yang tertanam di dalam rahim.

    • Sebuah tindakan dilatasi kuretase (atau lebih sering dikenal dengan sebutan operasi kuret) menjadi opsi lain. Rahim Anda akan didilatasi atau dibuka dan jaringan-jaringan embrio yang ada di dalam rahim pun dikeluarkan hingga rahim bersih. Operasi ini tentu membuat tubuh Anda memerlukan masa pemulihan selama beberapa minggu. Anda pun dapat meminta pemeriksaan lanjutan pada jaringan embrio jika ingin mengetahui kondisi lebih lanjut di balik peristiwa keguguran Anda.

  • Advertisement
  • Keguguran akibat blighted ovumpada dasarnya tidak menutup kemungkinan Anda untuk hamil kembali di masa mendatang. Sebuah studi menyatakan bahwa dari hasil penelitian mereka terhadap wanita penderita blighted ovum, sekitar 80 persen dari responden ternyata berhasil memiliki anak dalam rentang waktu 5 tahun pascakeguguran. Tindakan operasi kuret maupun terapi misoprostol tidak memengaruhi tingkat kesuburan Anda. Anda dapat segera berusaha memiliki momongan kembali setelah rahim kembali pulih (ditentukan melalui pemeriksaan dokter).

  • Satu catatan, jika Anda mengalami blighted ovum berulang atau keguguran berulang, maka Anda wajib memeriksakan diri lebih lanjut. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan mendalam, untuk mengungkap penyebab utama dari kegagalan kehamilan Anda.

  • Sebuah hal yang perlu Anda perhatikan pula, pascakeguguran, Anda dan pasangan akan mengalami gejolak emosi. Ini wajar, mengingat Anda mengalami sebuah peristiwa kehilangan yang menyakitkan hati, menghancurkan harapan melalui sebuah peristiwa yang terjadi di luar kendali. Sebelum memutuskan untuk mencoba hamil kembali, tak hanya tubuh yang perlu dipulihkan, Anda berdua pun perlu menata hati dan perasaan. Mental yang kuat dan siap akan membantu Anda melalui kehamilan dengan lebih lancar. Selain itu, Anda pun terhindar dari ancaman baby blues maupun post partum depression.

  • Setiap kehamilan memiliki risiko, bisa berakhir manis, ataupun tragis. Dengan daya upaya mempersiapkan kehamilan dengan prima, Anda dapat mengikis kemungkinan terburuk yang mengancam calon jabang bayi, atau mungkin jiwa Anda sendiri.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Hamil kosong atau 'blighted ovum'. Apa saja tanda-tandanya?

Ketika harapan membumbung akan datangnya momongan, hancur seketika oleh kantung rahim yang kosong. Apa yang sebenarnya terjadi?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr