Kapan usia yang tepat untuk rencana memiliki momongan?

Kesiapan sejauh apa yang harus dimiliki sebelum memutuskan berencana memiliki keturunan?

73 views   |   shares
  • Setiap fase kehidupan yang dijalani oleh setiap orang selalu memiliki waktu yang "ideal" untuk dijalani, seperti kapan waktu ideal untuk masuk sekolah, bekerja, menikah, dan juga waktu yang ideal untuk memiliki keturunan. Siapa yang tidak menginginkan keturunan? Bagi setiap pasangan yang telah menikah pasti ingin segera memiliki anak. Meski tekadang pandangan seperti ini juga dapat menjadi beban yang cukup memberatkan bagi beberapa orang, namun dalam hal usia ideal untuk memiliki anak ternyata perlu untuk dipikirkan dan diperhitungkan.

  • Alasan utama mengapa usia menjadi sangat penting dalam hal memiliki anak adalah karena kesempatan atau waktu yang terbatas. Kesempatan setiap pasangan untuk dapat berhasil lebih tinggi berada pada usia muda ketimbang di saat sudah berumur. Jelas, karena kesehatan dan kondisi fisik sangat penting untuk mendukung proses kehamilan tersebut khususnya bagi kaum wanita.

  • Usia 20 tahun

  • Usia muda yang dikatakan tepat untuk menjalani kehamilan adalah ketika wanita memasuki usia 20 tahun. Pada usia inilah tingkat kesuburan dari sel telur sangat melimpah. Dan beberapa risiko kehamilan seperti keguguran, pendarahan kelainan pada calon bayi dan lainnya yang sering kita dengar dialami oleh para ibu hamil juga terhitung lebih rendah dialami oleh mereka pada usia ini.

  • Memasuki 30 tahun

  • Penurunan yang cukup signifikan terjadi pada tubuh manusia baik itu kesehatan dan kondisi fisik ketika usia telah mencapai 35 tahun. Tidak hanya tubuh, organ reproduksi yang penting untuk mendukung kehamilan juga sudah mulai menurun kualitasnya dibandingkan dengan saat usia masih 20 tahun. Oleh karena itu, bagi setiap pasangan yang ingin memiliki keturunan hendaknya tidak menunda lagi jika usia sudah mulai memasuki usia 30 tahun. Selain semakin besarnya risiko kehamilan yang mungkin terjadi pada usia seperti ini, kemungkinan untuk melakukan persalinan secara normal pun semakin kecil, kebanyakan ibu hamil yang melakukan persalinan di usia seperti ini akan dianjurkan untuk menjalani persalinan secara caesar.

  • 40 tahun ke atas

  • Kesempatan yang dimiliki untuk hamil pada usia 40 tahun hanya sebesar 5 persen saja. Produksi sel telur yang semakin menurun hanya sedikit memberikan kesempatan untuk dapat hamil. Selain itu kualitas sel teur yang dihasilkan juga tidak sebaik seperti di saat masih berusia muda dan risiko kehamilan pun menjadi sangat besar.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Kapan usia yang tepat untuk rencana memiliki momongan?

Kesiapan sejauh apa yang harus dimiliki sebelum memutuskan berencana memiliki keturunan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr