Pasangan tidak selalu dapat mengabulkan apa yang Anda harapkan. Lalu bagaimanakah sebaiknya?

Mengharapkan pasangan berubah demi Anda? Jangan berharap terlalu banyak!

1,810 views   |   3 shares
  • Pernikahan yang Anda jalani saat ini mungkin tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan mengenai pernikahan sebelumnya. Saya tidak berbicara tentang tumpukan cucian kotor, pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai atau kemampuan pasangan menciptakan suasana hangat di rumah. Tidak juga membicarakan kemampuan pasangan Anda memasak dan membuat kue-kue yang lezat, menyusun anggaran pengeluaran dengan cermat atau bersikap ceria ketika meletakkan anak-anak yang rewel ke tempat tidur.

  • Apa yang ingin saya bahas pada kesempatan kali ini adalah hal-hal apa saja yang tidak bisa diharapkan oleh setiap orang terhadap pasangannya, sesuai dengan keinginan mereka.

  • Hadapilah, pasangan kita hanyalah manusia biasa dengan penuh keterbatasan. Orang yang sangat mengagumi Anda dan juga membuat Anda "kerepotan" sepanjang sisa hidup Anda. Tidak peduli betapa penuh kasih, baik hati, lucu, setia dan murah hatinya dia, tidak ada pasangan yang bisa diharapkan mampu memberi segala hal yang kita inginkan.

  • Salah satu kunci pernikahan bahagia dan memuaskan adalah melepaskan serta melupakan segala hal yang Anda harapkan dari pasangan untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

  • Tentu saja kita semua menikah dengan harapan-harapan tinggi, tentang masa depan, kehidupan bersama pasangan hingga bagaimana kehidupan pernikahan Anda. Namun cukup sering harapan-harapan semacam ini tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan, dan kebanyakan orang melemparkan kegagalan tersebut kepada pasangan mereka.

  • Setelah merenung beberapa saat, saya menyadari ada 5 hal yang perlu diketahui setiap pasangan tentang pasangannya satu sama lain. Ya itu, Anda tidak bisa memaksa pasangan Anda melakukan sesuai apapun sesuai yang Anda harapkan. Inilah 5 hal tersebut:

  • 1. Mengubah dirinya sesuai apa yang kita mau

  • Mengharapkan pasangan mengubah dirinya hanya akan membuat hari-hari Anda dipenuhi rasa kecewa. Mengharapkan perubahan pada diri pasangan memang terlihat sebagai harapan yang masuk akal, tetapi tidak ada jaminan bahwa itu akan terwujud.

  • 2. Berpikir seperti apa yang kita pikirkan

  • Katakanlah pasangan Anda bersikeras bahwa langit berwarna hijau, apakah Anda akan merasa tertantang untuk memperdebatkannya? Saya harap tidak. Kasus, lain bagaimana jika pasangan berpikir bahwa Anda kerap meremehkannya, padahal Anda tidak pernah melakukan hal tersebut. Apakah Anda juga akan memperdebatkannya?

  • Saya memiliki banyak sahabat yang dalam kehidupan pernikahannya kerap mempermasalahkan hal-hal semacam ini. Saya melihat mereka saling berselisih paham tentang hal-hal yang sebetulnya kurang relevan untuk dibahas, bahkan tidak ada yang mau mengalah. Mereka berusaha saling mempertahankan argumentasi menurut versi mereka masing-masing.

  • Advertisement
  • 3. Mengharapkan cinta tanpa syarat

  • Idealnya, sebagai seorang anak, kita akan memperoleh cinta tanpa syarat dari kedua orangtua kita. Akan tetapi, rasa cinta yang kita peroleh dan berikan setelah tumbuh dewasa tidak mengikuti pola yang sama.

  • Di atas pelaminan, seseorang mengucapkan janji pernikahan dan bersumpah untuk mencintai satu sama lain tanpa syarat. Kemudian, setelah beberapa tahun hidup bersama mereka menyadari bahwa sulit untuk memenuhi janji tersebut. Jika boleh jujur terhadap diri sendiri, saya yakin Anda bisa memikirkan hal lain dari pasangan selain cinta tanpa mengharapkan imbalan apapun.

  • 4. Mengetahui isi pikiran kita

  • Mungkin Anda tidak mengharapkan pasangan untuk menebak apa yang Anda pikirkan, seolah-olah dia adalah seorang yang ahli dalam hal tersebut. Mungkin, sebaliknya Anda memiliki pola pikir seperti, "Mengapa dia tidak mengerti apa yang aku mau?" Atau "Setelah sekian lama menikah, dia seharusnya sudah mengetahui apa yang kuinginkan!"

  • Memang sangat masuk akal jika kita ingin dimengerti, tetapi sadari bahwa pasangan tidak akan pernah bisa memahami Anda sepenuhnya. Juga setiap keinginan dan kebutuhan Anda, tidak semua dapat ia penuhi. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam situasi semacam ini terkadang Anda dan pasangan tidak akan bisa selaras dalam segala hal.

  • 5. Melakukan segala sesuatu dengan sempurna

  • Tidak ada pasangan, tidak peduli seberapa peduli dan murah hatinya dia, bisa membuat segala hal dalam kehidupan kita mudah. Meski ada banyak hal indah yang dapat kita bisa peroleh darinya, tidak ada yang bisa menjadi penawar terbaik untuk rasa kesepian atau kebosanan kita. Tidak ada yang dapat memberi makna hidup kita, memberi kita kebahagiaan atau menyembuhkan semua luka yang dulu pernah kita alami. Suka atau tidak, pasangan kita tidak bisa melakukan segala hal yang kita inginkan dengan sempurna.

Bantu kami menyebarkan

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Pasangan tidak selalu dapat mengabulkan apa yang Anda harapkan. Lalu bagaimanakah sebaiknya?

Mengharapkan pasangan berubah demi Anda? Jangan berharap terlalu banyak!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr