Ketika pasangan memiliki cara asuh berbeda

Memperlakukan anak dengan cara asuh dan didikan yang berbeda apalagi sampai menjadi perdebatan antara kedua orangtua di depan anak akan berpengaruh besar pada cara berpikir sang anak pada setiap keputusan yang akan dibuatnya.

303 views   |   6 shares
  • Banyak sekali di antara kita yang berpandangan bahwa setiap keluarga pasti menerapkan pola asuh yang berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya. Hal ini memang benar, tiap anak yang berada dalam keluarga pasti diasuh dan didik dengan cara dan pola yang tidak sama dengan anak lainnya dalam keluarganya masing-masing. Setiap orangtua memiliki cara, prinsip dan tujuan masing-masing yang dimilikinya terhadap anak-anak mereka, hal inilah yang membuat perbedaan itu terjadi. Kenyataannya didikan antara ayah dan ibu terkadang dapat menjadi perbedaan perlakuan terhadap anak dan perbedaan dalam perlakuan tersebut dapat sangat memengaruhi sang anak.

  • Kekompakan antara kedua orangtua dalam mendidik anak ini sangat penting demi kepentingan anak yang dikasihi untuk masa depannya. Memperlakukan anak dengan cara asuh dan didikan yang berbeda apalagi sampai menjadi perdebatan antara kedua orangtua di depan anaknya sangat berpengaruh besar pada cara berpikir sang anak pada setiap keputusan yang akan dibuatnya. Tanpa adanya perdebatan langsung saja efek yang ditimbulkan pada psikologis anak saat menerima perbedaan itu cukup berpengaruh. Yang terburuk adalah anak dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk mendapatkan keuntungan pada saat ia sebenarnya melakukan kesalahan.

  • Jika hal tersebut sering terjadi di dalam keluarga, banyak sekali hal negatif yang dapat muncul dalam kepribadian anak dalam bersikap bahkan bukan tidak mungkin ia menjadi anak yang bermasalah. Apa yang dapat dilakukan untuk membuat anak tetap terjaga di dalam pengawasan kedua orangtua adalah dengan secara kompak menerapkan didikan dan perlakuan cara asuh dengan cara menghindari hal-hal yang mungkin dapat terjadi perbedaan. Hanya dengan cara tersebut setiap perbedaan di antara orangtua dapat diatasi oleh keduanya.

  • Merupakan sebuah hal yang wajar pada setiap keluarga, antara ayah dan ibu berbeda sikap dan perlakuan terhadap anak mereka mengingat keduanya berasal dari keluarga dan latar belakang yang sudah pasti berbeda namun bersatu di dalam sebuah rumah tangga. Tetapi di dalam usaha menyepakati perbedaan tersebut perlu diingat untuk juga tidak mengikutsertakan anak di dalam perdebatan. Diskusi dan perdebatan tidak seharusnya dilakukan di hadapan anak, jika memang ada hal yang perlu dibicarakan dapat dilakukan pada kesempatan lain.

  • Perbedaan di dalam mendidik anak baik itu cara dan pola asuh tidak selalu menjadi sebuah masalah yang serius jika kedua orangtua dapat menyikapi hal tersebut dengan benar tanpa harus menyertakan anak mereka di dalamnya. Apalagi ternyata perbedaan kecil yang muncul dari ayah atau ibu terkadang dapat memberikan anak sebuah cara pandang yang bervariasi pada suatu hal. Asalkan selama orangtua dapat terus berusaha mempersatukan perbedaan dan tidak membuatnya menjadi semakin lebar maka hubungan yang sehat antara suami dengan istri dapat terbina, keharmonisan antara orangtua dengan anak juga dapat dirasakan di dalam keluarga.

  • Advertisement
  • Suami dan istri yang terus mau mencari solusi untuk menemukan kesepakatan yang baik terhadap anak mereka, perlahan dapat menjadi sebuah kerja sama yang indah dalam mendidik dan mengasuh anak yang dicintai.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Andreas Kurniawan lulus sarjana S1 Teknik Informatika tahun 2009 di STMIK MDP. Memulai karir sebagai IT officer di sebuah Bank selama 1 tahun sebelum akhirnya bekerja di PT. Thamrin Brothers sebagai analis sampai saat ini. Email:

Ketika pasangan memiliki cara asuh berbeda

Memperlakukan anak dengan cara asuh dan didikan yang berbeda apalagi sampai menjadi perdebatan antara kedua orangtua di depan anak akan berpengaruh besar pada cara berpikir sang anak pada setiap keputusan yang akan dibuatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr