Bepergian dengan Seorang Bayi Itu Mudah

Melakukan perjalanan bersama seorang bayi tidak perlu berjuang dan bersusah payah.

616 views   |   shares
  • Apakah Anda pernah merasa sepertinya bagasi Anda berlipat ganda ketika bepergian bersama seorang bayi. Atau merasa terlalu mencolok ketika Anda berjalan menuju pesawat bersama anak Anda. Atau ngeri ketika anak Anda yang belum bisa berjalan ingin merangkak di lantai bandara yang kotor? Jika Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan tersebut, kemungkinan Anda telah berusaha keras ketika bepergian dengan seorang bayi dan semoga tidak keberatan untuk membuatnya sedikit lebih mudah.

  • Kami terbang 14 kali bersama anak lelaki kecil saya antara ketika dia masih baru lahir sampai 2 tahun. Separuhnya saya terbang dengannya sendirian. Sementara penerbangan pertama kami tidaklah terlalu buruk, tentu saja masih ada beberapa yang bisa diperbaiki, seperti ketika terjebak selama satu jam di landasan pacu. Juga ada beberapa saat yang memaksa saya untuk berjuang, seperti membiarkan anak saya merangkak di lantai bandara. Selebihnya, ada beberapa hal kecil yang saya pelajari dan yang saya peroleh ketika liburan yang patut dikenang untuk alasan yang benar dan tidak perlu sampai harus menjadi orangtua atau bayi yang cerewet.

  • 1. Ketahui bagaimana anak Anda dalam perjalanan

  • Tentu saja kita semua mengenal anak-anak kita, tapi apakah kita mengetahui bagaimana anak kita dalam perjalanan. Bahkan, ketika Anda tidak sedang bepergian dengan anak Anda, tentunya Anda memiliki pengetahuan tentang bagaimana mereka dalam perjalanan yang bisa menolong Anda memutuskan bagaimana mengatasinya. Misalnya, ketika sedang dalam kendaraan yang berjalan apakah anak Anda tertidur? Jika ya, Anda mungkin mempertimbangkan melakukan perjalanan dengan pesawat atau mobil selama jam tidur mereka. Namun, jika anak Anda tida bisa menikmatinya dan Anda sangat yakin dia tidak akan tertidur, pertimbangkan untuk bepergian ketika mereka sedang gembira. Kemungkinan hal tersebut terjadi dipagi hari. Contoh lainnya mungkin merencanakan perjalanan Anda sewaktu jam tidur siang dan jam makannya dan pastikan untuk memiliki mainan kesukaannya untuk membuatnya tetap merasa nyaman.

  • 2. Telepon lebih dulu untuk mengetahui tentang pilihan-pilihan dan peraturannya

  • Perjalanan di zaman sekarang sangat memusingkan, apalagi dengan seorang bayi. Hubungi dulu hotel tempat menginap Anda dan cari tahu pilihan apa yang tersedia untuk anak-anak. Kebanyakan hotel memiliki tempat tidur khusus untuk bayi Anda dan biasanya disediakan secara gratis. Jika Anda menginap di hotel yang menyediakan tempat tidur khusus untuk bayi, Anda tidak perlu lagi membawa barang berukuran besar dalam perjalanan. Juga hubungi maskapai penerbangan untuk mengetahui apa yang bisa Anda masukan ke dalam bagasi dan melewati petugas sekuriti. Menurut pengalaman saya kebanyakan bandara mengijinkan hal-hal yang berhubungan dengan perlengkapan bayi, termasuk makanan. Saya biasa membawa (kursi untuk anak-anak dalam mobil) waktu bepergian dengan pesawat namun khawatir jika sampai hilang di bagasi maka saya akan kehilangan barang yang sangat penting dan mahal selama perjalanan. Cari tahu apakah maskapai penerbangan menyediakan cadangan untuk berjaga-jaga kalau kehilangan terjadi.

  • Advertisement
  • 3. Periksa barang-barang bawaan untuk mempermudah Anda, jika barang-barang itu terbatas

  • Jika Anda memutuskan untuk bepergian dengan Anda lewat bandara, pasti sedikit pilihan yang tersedia. Kami memilih ransel sehingga kami bisa lebih mudah membawanya dalam bandara. Juga ada yang dapat dirobah menjadi (kereta dorong bayi) yang sekalian bisa membantu Anda membawa anak-anak di bandara. Periksa di toko kebutuhan perjalanan bayi setempat untuk melihat apa yang ada.

  • 4. Menyewa perlengkapan bayi

  • Di kota besar sekarang Anda bisa menyewa perlengkapan bayi dan kadang-kadang Anda bisa mengatur pengembaliaanya di bandara. Ketika saya bepergian sendirian bersama anak lelaki saya, saya meminta hotel menyediakan tempat tidur khusus bayi kemudian juga menyewakan dan . Yang juga sangat penting, karyawan perusahaan itu menemui saya di bandara untuk memastikan tersedianya transportasi segera setelah kami mendarat.

  • 5. Rencanakan segala sesuatunya dan juga rencanakan yang tidak perlu

  • Saya tahu bahwa hal ini hampir tidak mungkin, tetapi cobalah. Dengan mengemas lebih banyak barang dan gagasan maka kami bisa bertahan selama sejam macet di landasan pacu. Demikian pula dengan perencanaan yang fleksibel dalam perjalanan karena Anda bakal tidak tahu apa yang akan terjadi. Suatu kali kami pernah bepergian dengan memiliki sedikit rencana tapi tidak pasti. Dengan memanfaatkan jadwal anak-anak kami, kami juga dapat santai.

  • Melakukan perjalanan bersama seorang bayi tidak perlu harus berpayah-payah. Dengan mengetahui pilihan-pilihan Anda dan keperluan perjalanan dan dengan perencanaan yang cermat Anda bisa memiliki pengalaman untuk di kenang – untuk alasan yang benar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Traveling with a baby made easy” karya Gina Baker.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Gina is a nurse, mom, entrepreneur, photographer, artist in training, athlete and more. She graduated with a masters degree in nursing informatics.

Situs: http://chocolatepeaces.com

Bepergian dengan Seorang Bayi Itu Mudah

Melakukan perjalanan bersama seorang bayi tidak perlu berjuang dan bersusah payah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr