Ini 5 alasan mengapa Anda perlu mengenal dan bekerjasama dengan guru-guru di tempat anak Anda bersekolah

Ketika berada di sekolah anak-anak butuh seseorang yang bisa ia percayai layaknya orangtua di rumah. Ketika anak mampu mempercayai gurunya, mereka biasanya akan mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik.

262 views   |   shares
  • Meskipun keluarga sebagai tempat pendidikan utama bagi anak, sekolah memiliki peranan penting yang tidak boleh diabaikan. Sekolah adalah sebuah institusi negara yang bertugas membantu menggali dan mengembangkan potensi dasar seorang anak tidak hanya masalah intelektual tapi juga terkait aspek kepribadian, perilaku, budi pekerti dan juga tata krama. Oleh karena itu, orangtua dan pihak guru diharapkan bisa saling bersinergi demi mewujudkan perkembangan positif seluruh anak peserta didik.

  • Menurut seorang psikolog keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab dipanggil Nina, ada manfaat penting ketika orangtua dan guru bisa saling mengenal satu sama lain, beliau mengatakan "Kalau tidak pernah berkenalan bisa jadi obrolan orangtua dengan pihak guru di sekolah hanya sebatas ketika anak-anak menghadapi masalah atau saat pembagian rapor tiba. Obrolan tidak akan bisa mendalam, orangtua jadi kurang mengenal kepribadian anak-anaknya ketika berada di sekolah, yang tentunya berbeda jika dibandingkan ketika anak-anak berada di rumah. Komunikasi yang terjalin antara orangtua dan guru akan menjadi kunci penghubung orangtua dengan pihak sekolah. Orangtua akan memahami perangai anak-anaknya dan kesulitan-kesulitan apa saja yang mungkin sering mereka hadapi di sekolah."

  • Selain apa yang dijabarkan oleh Nina, setidaknya ada 5 manfaat positif lainnya bisa dipetik ketika orangtua dan pihak guru di sekolah mampu saling mengenal satu sama lain, diantaranya:

    1. Orangtua mengenal sosok guru yang mengajar
  • Sebagai seorang pendidik guru tetaplah manusia biasa yang tidak luput dari perbuatan salah. Ketika orangtua memahami karakter guru dan mengenal bagaimana metode yang digunakan saat mengajar, maka orangtua akan terhindar dari kesalahpahaman ketika anak-anak menerima hukuman dari gurunya di sekolah.

    1. Anak-anak mempercayai guru mereka
  • Ketika berada di sekolah anak-anak butuh seseorang yang bisa ia percayai layaknya orangtua di rumah. Ketika anak mampu mempercayai gurunya, mereka biasanya akan mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik.

    1. Guru memahami kondisi keluarga anak di rumah
  • Banyak kasus kesalahpahaman terjadi karena pihak guru tidak memahami bagaimana sebenarnya kondisi keluarga anak peserta didik. Sebagai contoh: Ketika anak sering datang terlambat guru akan dengan mudah memberikan hukuman akibat ketidaktahuan pihak sekolah mengenai kondisi anak. Padahal, anak selalu datang terlambat ke sekolah bisa jadi diakibatkan oleh beberapa faktor seperti: Jarak rumah ke sekolah yang terlalu jauh, faktor ekonomi keluarga yang kurang beruntung, anak harus bekerja membantu orangtuanya, orangtua sakit dan sebagainya.

  • Advertisement
    1. Terjadi kesepakatan antara orangtua dan pihak guru di sekolah
  • Dengan terjalinnya hubungan erat antara orangtua dan guru, maka pihak guru di sekolah akan memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan pembinaan secara menyeluruh terhadap bakat, telenta dan kegemaran anak-anak, yang semuanya demi kepentingan dan kesuksesan anak-anak itu sendiri dikemudian hari.

    1. Guru memahami keterbatasan yang dimiliki anak peserta didik
  • Dengan saling mengenal satu sama lain, pihak guru di sekolah jadi mengetahui keterbatasan apa saja yang dimiliki oleh anak peserta didik, seperti: Riwayat penyakit yang pernah diderita atau dimiliki oleh si anak, guru mengenal sifat dan karakter anak sehingga dapat melakukan pencegahan ketika muncul rasa frustrasi anak saat mengikuti pelajaran.

  • Beberapa hal yang perlu diupayakan agar terjalin hubungan baik antara orangtua dan pihak guru di sekolah:

    • Ketika anak mulai sekolah segera perkenalkan diri Anda kepada pihak guru di sekolah. Usahakan jangan menunggu hingga pihak sekolah mengundang Anda untuk datang guna membahas permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh anak-anak Anda.

    • Luangkan waktu untuk bertemu secara langsung atau bergabung dalam akun media sosial yang dimiliki oleh pihak guru di sekolah. Berkat adanya media sosial saat ini orangtua yang sibuk dengan pekerjaan bisa berdiskusi secara langsung dengan pihak guru tanpa harus bertatap muka secara langsung.

    • Hadirilah pertemuan yang diadakan oleh pihak sekolah untuk mempertemukan secara langsung para orangtua dan pihak guru di sekolah. Kegiatan semacam ini bisa menjadi ajang silahturahmi untuk membangun hubungan dekat satu sama lain.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Ini 5 alasan mengapa Anda perlu mengenal dan bekerjasama dengan guru-guru di tempat anak Anda bersekolah

Ketika berada di sekolah anak-anak butuh seseorang yang bisa ia percayai layaknya orangtua di rumah. Ketika anak mampu mempercayai gurunya, mereka biasanya akan mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr