7 manfaat luar biasa jika Anda terbiasa berpikir positif

Berpikir positif adalah rahasia sehat jasmani dan rohani Anda
Sep 13, 2017

1,597 views   |   7 shares
  • Berpikir positif terhadap segala hal membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Seseorang dapat hidup dengan lebih bahagia jika ia tidak membiarkan pikiran-pikiran negatif menguasai dirinya. Berbekal pikiran-pikiran positif, setidaknya ada 7 manfaat lain yang bisa diperoleh, diantaranya:

  • Pikiran positif membuat seseorang lebih rendah hati

  • Sakit hati, ketersinggungan, iri hati, dengki dan amarah bisa dihindari jika seseorang terbiasa berpikir positif. Pikiran-pikiran positif mampu menuntun seseorang menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan memahami kelemahan orang lain sebagai sebuah hal yang manusiawi.

  • Pikiran positif membuat hidup lebih bahagia

  • Berawal dari pikiran segala sesuatu dapat terjadi. Pikiran-pikiran positif akan mendorong seseorang hidup dengan lebih rileks dan penuh rasa syukur. Pikiran-pikiran semacam ini membuat seseorang mampu menikmati kehidupannya dengan lebih bahagia.

  • Pikiran positif membuat tubuh lebih sehat

  • Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh ternyata tidak sulit dilakukan, cukup dengan berpikir positif hal tersebut mampu mempertahankan kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak orang justru lebih memilih membiarkan pikiran-pikiran negatif menguasai dirinya. Kenyataannya, pikiran-pikiran negatif inilah yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya yang akhirnya justru merusak kesehatan tubuh kita.

  • Pikiran positif mampu meningkatkan rasa percaya diri

  • Memupuk rasa percaya diri merupakan gabungan antara keyakinan terhadap kemampuan dan rasa penghargaan terhadap diri sendiri, ini merupakan aspek penting dalam kehidupan setiap manusia. Orang yang penuh rasa percaya diri biasanya menyukai dirinya sendiri, ia mengetahui bagaimana cara mencapai tujuan pribadinya dan selalu berpikir positif terhadap masa depan.

  • Pikiran positif membuat seseorang lebih mudah bersosialisasi

  • Banyaknya perselisihan dalam masyarakat terjadi karena masing-masing pihak kerap menaruh curiga terhadap satu sama lain. Ini tentunya sangat dilematis, padahal jika seseorang mampu selalu berpikir positif berbagai macam kesalahpahaman bisa dihindari. Pikiran-pikiran positif dalam kaitannya dengan kehidupan bersosialisasi akan menjauhkan seseorang dari pikiran-pikiran bahwa suku, ras, agama maupun golongannya adalah yang terbaik.

  • Pikiran positif membuka peluang bagi keberhasilan

  • Seseorang berhasil meraih kesukses tidak hanya karena dia pribadi yang cerdas, melainkan karena dia mau berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki pikiran positif yang kemudian diterapkan dalam sebuah sikap yang dapat mendukung perkembangan karirnya. Singkat kata, Fisik, mental dan pikiran adalah modal utama meraih kesuksesan. Fisik yang sehat, pikiran yang positif akan membuat seseorang memiliki mental baja.

  • Advertisement
  • Pikiran positif membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih bijaksana

  • Pikiran-pikiran positif membuat seseorang tumbuh menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Confusius pernah berkata, "Ada tiga cara untuk belajar mengenai kebijaksanaan, yaitu: Pertama, melalui perenungan dengan mendalam. Kedua, melalui meniru teladan-teladan baik. Ketiga, melalui melewati berbagai macam pengalaman hidup." Gabungan dari ketiga hal tersebut akan membentuk kepribadian seseorang dan disertai dengan iman serta takwa kepada Tuhan, maka seseorang mampu melihat kehidupan sebagai sebuah rahmat yang wajib dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

  • Tips sederhana agar kita selalu berpikir positif:

    1. Jadilah pribadi yang optimis dan selalu harapkan hal terbaik terjadi dalam kehidupan.

    2. Dimana pun dan kapan pun jadilah pribadi penuh senyum kepada setiap orang.

    3. Pergunakan waktu luang untuk melakukan rekreasi sehat bersama seluruh anggota keluarga, sanak saudara dan sahabat.

    4. Tonton atau baca sumber-sumber yang dapat memberikan inspirasi positif. Hindari media-media yang justru menayangkan hal-hal negatif.

    5. Selektif dalam menjalin persahabatan. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang mampu berpikir secara positif, maka kepositifan mereka akan menular kepada Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

7 manfaat luar biasa jika Anda terbiasa berpikir positif

Berpikir positif adalah rahasia sehat jasmani dan rohani Anda
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr