Cara Membantu Memulihkan Iman Pasangan Anda

Tuhan adalah topik yang rumit dan peka untuk dibahas – terutama dengan pasangan yang telah kehilangan imannya.

4,535 views   |   3 shares
  • Tuhan adalah topik yang rumit dan peka untuk dibahas – terutama dengan pasangan yang telah kehilangan imannya. Ketika saya pertama kali bertemu suami saya, kami berbagi pandangan keagamaan yang sama. Dia tidak pernah mempertanyakan Tuhan. Sampai suatu hari, sebuah insiden mengerikan mengubah segalanya.

  • Itu terjadi pada suatu pagi, saya meminta suami saya untuk tidak menghadiri sebuah permainan . Dia bertanya mengapa dan saya menjawab bahwa saya hanya merasa tidak enak dalam hati saya. Dia mencium dahi saya untuk menenangkan saya dan pergi menghadiri permainannya. Saya berdoa agar perasaan berat dalam hati saya mereda. Saya berdoa agar dia akan baik-baik saja.

  • Sejam kemudian, telepon berdering dan itu suami saya. Dia baru saja mengalami cedera serius di matanya. Sebuah bola memantul di tanah dan menghantam satu rongga matanya. Suami saya yakin bahwa dia telah kehilangan penglihatan di mata kirinya untuk selamanya. Dia marah kepada Tuhan. Dia bertanya mengapa Tuhan menghukumnya. Mengapa ini terjadi padanya? Mengapa hal-hal buruk terjadi pada orang-orang baik?

  • Suami saya tinggal di rumah selama tiga bulan setelah operasi. Saya menggunakan waktu menyendiri kami untuk membahas kemarahannya kepada Tuhan. Saya menanyakan suami saya apa yang terjadi dengan iman yang pernah dimilikinya. Mengapa dia marah kepada Tuhan? Dia tidak punya jawaban. Saya dapat melihat rasa frustrasi dan kebingungan dalam ekspresi wajahnya.

  • Saya menjelaskan kepadanya bahwa Tuhan tidak menghukum umat-Nya, dan tentunya Tuhan tidak sedang menghukum dia. Saya menjelaskan Tuhan tidak mencobai umat-Nya melebihi kemampuan mereka. Kita menghadapi momen sulit dalam kehidupan kita sebagai pelajaran kehidupan. Ini adalah saat-saat di mana kita perlu beriman kepada Tuhan. Kita perlu percaya kepada-Nya dan berpegang pada kekuatan yang telah Dia tanamkan dalam diri kita masing-masing. Suami saya tidak membantah, tetapi juga tidak menyetujui saya. Saya tahu dia sedang berusaha keras untuk kembali beriman kepada Tuhan, tetapi sayangnya, perkataan saya belum cukup.

  • Berikut adalah beberapa kegiatan yang kami ikuti untuk memulihkan kembali iman suami saya:

  • Menghadiri tempat peribadatan kami

  • Ketika Anda menghadiri tempat peribadatan, Anda dapat berbicara kepada-Nya tanpa interpretasi, penilaian, atau rasa takut. Selama di tempat peribadatan, suami saya terhubung kembali dengan Tuhan. Dia mendapatkan kesempatan untuk berbicara kepada Tuhan tentang kecelakaannya, rasa frustrasinya, dan hal-hal lain dalam benaknya.

  • Advertisement
  • Tetapkan waktu khusus untuk membaca kitab suci bersama atau seorang diri

  • Jika Anda tidak punya kitab suci di rumah, kunjungi perpustakaan atau carilah kitab suci online. Bacalah mengenai Tuhan. Berdoalah kepada-Nya. Dalam kasus saya, saya membacakan banyak ayat suci kepada suami saya selama masa pemulihannya.

  • Menghadiri atau mengadakan diskusi kelompok rohani

  • Selama diskusi ini, seseorang memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang Tuhan dan pemahaman iman berdasarkan pengalaman pribadi yang dibagikan. Kita semua tidak harus percaya pada Tuhan yang sama, tetapi kita percaya pada Tuhan. Diskusi kelompok rohani membantu pikiran, tubuh, jiwa, dan membuka hati kita untuk apa yang Tuhan inginkan bagi kita.

  • Suami saya akhirnya memperoleh kembali penglihatannya dan imannya kepada Tuhan. Dia menanggapi dengan baik diskusi kelompok, membaca kitab suci dan pergi ke tempat peribadatan – meskipun hanya berdua saja dengan saya. Dia memohon pengampunan dari Tuhan. Dan hingga hari ini, dia menerima hal-hal baik dan buruk dengan tangan terbuka dengan pengetahuan bahwa Tuhan di sisinya setiap saat.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to talk to your spouse about God after a loss of faith" karya Mayra Bitsko.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Mayra Bitsko is a freelance writer, the author of A Second Chance and The Past Beckons and holds a master's degree in business administration-accounting.

Cara Membantu Memulihkan Iman Pasangan Anda

Tuhan adalah topik yang rumit dan peka untuk dibahas – terutama dengan pasangan yang telah kehilangan imannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr