Cara membangun kepercayaan dengan anak remaja Anda

Dengan bersikap konsisten dan sabar, kita masih dapat dengan mudah menjangkau anak remaja kita ketika mereka membutuhkan kita. Saran berikut dapat membantu Anda mulai mempercayai anak remaja Anda di dunia luas.

1,979 views   |   3 shares
  • Kita mengasihi mereka dengan sepenuh hati kita tetapi mereka terus-menerus membuat kita penasaran. Anak remaja. Tampaknya setiap hari selalu ada tantangan berbeda yang dapat datang di antara Anda dan anak remaja Anda. Pada tahap ini, hadiah terbesar yang dapat kita berikan kepada mereka adalah kepercayaan kita. Pada saat ini, kita telah menghabiskan lebih dari satu dekade membentuk, menanamkan dan menyempurnakan nilai-nilai yang kita inginkan bagi mereka. Sekarang adalah waktunya untuk melepaskan mereka.

  • Saya tidak mengatakan ini akan mudah. Pada saat yang bersamaan, anak remaja kita sedang menguji batasan mereka, mengupayakan kemandirian mereka, dan berusaha menyingkirkan orang tua yang terkadang sangat merusak gaya mereka. Tetapi jika kita ingin bertahan menghadapi transisi akhir menuju kedewasaan ini, ada baiknya melonggarkan kendali demi kebaikan hubungan kita dengan anak remaja kita.

  • Kabar baiknya adalah dengan bersikap konsisten dan sabar, kita masih dapat dengan mudah menjangkau anak remaja kita ketika mereka membutuhkan kita. Saran berikut dapat membantu Anda mulai mempercayai anak remaja Anda di dunia luas:

  • Jadilah terpercaya

  • Sama seperti tahap lainnya dalam perkembangan anak Anda, sangatlah penting untuk memimpin melalui teladan. Tepati janji-janji Anda. Selalu ada bagi mereka. Jalani hidup sedemikian rupa yang memungkinkan Anda untuk tetap jujur dan terbuka dengan mereka tentang kehidupan Anda, sebagaimana yang Anda harapkan dari mereka. Ketika kita mulai memperlakukan anak remaja kita dengan rasa hormat yang kita berikan kepada sesama orang dewasa, mereka dapat merasakan bahwa kita menghargai proses berpikir dan pengambilan keputusan mereka.

  • Dengarkan dengan saksama

  • Setiap kali Anda mendapati anak remaja Anda bersedia berbicara dengan Anda tentang kehidupannya, ini merupakan kesempatan berharga. Berterima kasihlah kepadanya atas keterbukaannya. Berusahalah untuk tidak banyak bicara. Tanyakan anak remaja Anda apakah dia ingin masukan dari Anda, dan jika iya, sampaikan sesingkat mungkin. Mereka seringkali tidak mendengarkan lagi setelah beberapa kalimat pertama. Jangan membalas kesediaan anak remaja Anda untuk bersikap jujur kepada Anda dengan ceramah. Jadikan percakapan suatu pengalaman menyenangkan baginya, dan dia akan lebih sering datang kepada Anda ketika dia membutuhkan bantuan.

  • Mulailah hari ini

  • Rasa percaya dibangun satu bata demi satu bata. Baik Anda sedang memulai memberikan kebebasan kepada anak remaja Anda maupun memulihkan dan membangun kembali dari kepercayaan yang disalahgunakan, orang tua selalu harus memimpin. Cobalah jam malam baru. Berikan uang kepada anak remaja Anda dan mintalah dia untuk memberikan uang kembalian kepada Anda. Berikan gagasan jelas tentang pengharapan Anda dengan singkat, dan biarkan dia tahu bahwa Anda memberikan hadiah kepercayaan Anda kepadanya. Sekali lagi, sekarang bukanlah waktunya untuk menceramahinya, melainkan untuk membiarkan dia tahu bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang dapat Anda berikan kepadanya. Pilihlah untuk memberikannya sebagai hadiah.

  • Advertisement
  • Biarkan mereka membuat kesalahan

  • Remaja adalah calon orang dewasa. Bagaimana kita belajar dengan paling baik? Saya pribadi belajar banyak pelajaran terpenting dalam kehidupan saya melalui kesalahan saya. Saya bersyukur atas kasih karunia untuk meninggalkan kesalahan-kesalahan itu dan mendapatkan kesempatan lain untuk melakukannya dengan benar. Biarkan anak remaja Anda merasakan akibat alami dari kesalahan mereka, tetapi pastikan Anda selalu ada untuk mendukung mereka untuk memulai kembali. Imbaulah mereka bahwa selalu ada kesempatan lain untuk membangun kembali rasa percaya dalam hubungan Anda berdua. Imbaulah diri Anda sendiri dengan mengingat bahwa masa remaja adalah tentang bereksperimen dan membuat kesalahan. Pada akhirnya, anak remaja Anda akan menemukan jalannya.

  • Luangkan waktu bersama

  • Saran ini dapat menjadi semakin menantang sewaktu anak remaja kita mengembangkan kehidupan sosial dan prioritas mereka sendiri. Pastikan Anda menyisihkan waktu hanya untuk bersamanya. Satu cara bagus untuk tetap terhubung dengan anak remaja Anda dan membangun kepercayaan adalah dengan berminat dalam hal-hal yang mereka gemari – bahkan jika itu bukan kegemaran Anda. Saya sering menghabiskan sejam bermain dengan putra saya walaupun itu bukan kegiatan favorit saya, tetapi saya suka melihatnya mengajari saya cara melakukan hal yang sangat dia gemari. Waktu ini adalah saat yang tepat untuk percakapan yang luar biasa, dan itu tidak perlu terlalu serius.

  • Saran-saran sederhana ini dapat menjadi awal suatu jalan yang lebih mudah melalui masa remaja. Meskipun kita sangat mengasihi anak-anak kita, orang tua dapat seringkali bersikap terlalu ekstrim dan beresiko terlalu mengendalikan atau terlalu cuek dalam menghadapi anak-anak. Untungnya, panduan terbaik untuk apa yang anak-anak kita perlukan adalah anak-anak kita sendiri. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang anak remaja Anda benar-benar katakan kepada Anda tentang apa yang mereka perlukan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to establish trust with your teenagers" karya Margaret Crowe.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Margaret Crowe is a poet and mother of two from Charlotte, North Carolina. She can be reached at margaretdcrowe@gmail.com.

Cara membangun kepercayaan dengan anak remaja Anda

Dengan bersikap konsisten dan sabar, kita masih dapat dengan mudah menjangkau anak remaja kita ketika mereka membutuhkan kita. Saran berikut dapat membantu Anda mulai mempercayai anak remaja Anda di dunia luas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr