Cara Membuat Anak Anda Berlatih Musik tanpa Pertentangan

Mendengar dan melihat perkembangan anak-anak dalam bermain musik dapat memotivasi mereka untuk terus berkembang.

2,482 views   |   2 shares
  • Baru-baru ini seorang bapak tua mendengar dua anak saya bermain piano. Lalu dia menyatakan kekagumannya terhadap kemampuan mereka bermain piano. Setelah berbasa-basi sedikit, dia mengatakan sebuah kalimat yang sering kali kita dengar, "Saya sangat menyesal karena saya tidak terus berlatih bermain piano seperti yang ibu saya inginkan.”

  • Anak saya tidak termotivasi dengan apa yang bapak tua itu katakan, dia malah berpaling kepada saya dan berkata, "Saya tidak akan pernah menyesal jika saya tidak pernah bermain piano lagi."

  • Anak laki-laki saya hampir berumur sebelas tahun, sebentar lagi saya akan menginjak usia empat puluh tahun. Saya bisa melihat ke depan lebih jelas daripada anak-anak saya, makanya saya mengharuskan anak-anak saya untuk berlatih piano setiap hari. Kadang-kadang sangat sulit unutk membuat anak-anak berlatih piano tanpa disuruh, tapi percaya atau tidak, akhir-akhir ini berlatih bermain musik mulai berjalan agak mudah. Mungkin karena alasan-alasan berikut yang telah membantu lancarnya latihan musik di rumah kami:

  • 1. Berkompromi

  • Mengertilah atau putuskanlah mengapa anak berlatih bermain musik sangat penting bagi Anda. Alasan-alasannya dapat berbeda untuk setiap anak. Untuk anak yang satu, mungkin berlatih musik adalah sebuah cara untuk belajar mendisiplinkan diri. Alasan lainnya mungkin untuk mengembangkan tradisi keluarga atau untuk mengembangkan bakat mereka. Atau mungkin juga sebagai alat pertukaran dengan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Apapun alasannya, berkompromi dapat membantu menentukan seberapa sering anak Anda berlatih musik dan apakah latihan musik harus diprioritaskan dalam kegiatan mereka sehari-hari atau tidak.

  • 2. Berikan dorongan

  • Kemungkinan untuk mendapatkan bea siswa untuk masuk di sekolah musik atau marching band di sekolah, bukanlah tujuan ataupun realitas bagi anak Anda untuk berlatih musik. Mungkin kepuasan dari menguasai sebuah lagu klasik, atau menyenangkan guru musik mereka, atau untuk menyenangkan orang tua mereka, tidaklah cukup. Cobalah tawarkan uang! Jadikan latihan musik sebagai persyaratan untuk keinginan mereka bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler yang mereka sukai. Atau Anda dapat menghukum mereka dengan mengharuskan mereka membayar sendiri biaya kelas musik mereka jika mereka tidak mau latihan di rumah. Sekali lagi, pertimbangkan seberapa besar pengaruh musik terhadap diri Anda sendiri dan berikan tawaran-tawaran yang sesuai dengan kondisi keluarga Anda.

  • 3. Pikiran yang terbuka

  • Advertisement
  • Selama 2 tahun, saya dan suami saya selalu memaksa salah satu anak kami untuk berlatih piano. Pelajaran piano terasa seperti mimpi buruk dan berlatih bermain piano menyebabkan banyak air mata dan pertentangan. Tapi kami berdua merasa bahwa anak kami perlu dilibatkan dengan dunia musik. Setelah dua tahun belajar piano, kami memperbolehkan anak kami untuk berhenti pergi ke kelas piano. Namun kami tetap mengharuskan dia untuk berlatih piano sendiri setiap hari sebagai persyaratan untuk dia bergabung dengan aktivitas yang dia pilih. Kami memperbolehkan dia menentukan waktu latihannya sendiri, dia boleh berlatih lagu apa pun yang dia mau, dan dia pun dapat menentukan berapa lama dia harus berlatih piano setiap harinya. Menyesuaikan pikiran saya yang sempit dengan keinginan saya untuk mereka belajar di sekolah musik setiap minggu telah mengubah jalan hidup kami.

  • 4. Bantulah anak-anak Anda untuk melihat hasil dari kerja kerasnya

  • Siapa yang tidak suka dipuji? Berikan anak-anak Anda kesempatan untuk bermain musik di depan umum. Bahkan lagu dasar seperti Twinkle Twinkle Little Star dapat memberikan sebuah senyum kebahagiaan bagi yang mendengarnya. Dukunglah mereka untuk tampil di konser atau pertunjukan umum. Bawalah anak Anda ke panti jompo untuk bermain musik dan menghibur orang-orang tua atau berikan mereka kesempatan untuk tampil saat ada acara keluarga. Bukan hanya rasa percaya diri mereka akan berkembang, tapi juga mereka dapat merasakan rasa puas dari hasil prestasi yang mereka raih. Cobalah untuk merekam saat mereka sedang bermain piano dan bandingkan perkembangan mereka dengan bulan-bulan berikutnya. Mendengar dan melihat perkembangan dirinya sendiri dapat memotivasi anak Anda untuk terus berlatih.

  • Cara Anda membuat anak-anak Anda untuk berlatih musik tanpa pertentangan mungkin berbeda dari cara saya, tetapi pada umumnya prinsipnya adalah sama meskipun hasilnya akan berbeda-beda. Beberapa anak kita mungkin akan tampil di Carnegie Hall, beberapa mungkin akan bermain musik untuk mengiringi paduan suara, beberapa akan menerima beasiswa untuk sekolah musik, dan beberapa mungkin tidak akan pernah menyentuh instrumen musik lagi. Setidaknya, saat mereka meninggalkan rumah untuk berdiri sendiri, kita telah mencoba untuk memberikan mereka wadah terbaik untuk berlatih musik.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How to get your child to practice music without a fight” karya Tiffany Sowby.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Tiffany and her husband Mike are the parents of five children; 5-15. Tiffany loves the laundry five children generate, but could do without the sticky floors and dirty dishes. Tiffany blogs at www.ourmostofthetimehappyfamily.blogspot.com

Cara Membuat Anak Anda Berlatih Musik tanpa Pertentangan

Mendengar dan melihat perkembangan anak-anak dalam bermain musik dapat memotivasi mereka untuk terus berkembang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr