Mal atau taman bermain. Mana yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu bersama anak?

Dalam ruangan vs luar ruangan. Gratis vs berbayar. Faktor-faktor ini akan menjadi pertimbangan ke mana Anda membawa anak bermain hari ini.

162 views   |   shares
  • Bermain bersama anak memberi banyak manfaat bagi Anda dan mereka. Sebut saja, pembentukan fisik, kognitif, sosial, dan emosional, selain juga dapat memperkuat ikatan kasih sayang Anda dengan anak-anak tersayang.

  • Dilema yang umum dihadapi oleh orangtua milenial yang hidup di kota besar adalah, 'ke mana saya membawa anak saya bermain?' Tentu jika dibandingkan dengan masa kecil kita dahulu, anak-anak masa kini dianugerahi dengan kecanggihan teknologi dan godaan konsumerisme yang jauh lebih dahsyat. Sekali waktu, Anda ingin memberikan variasi bermain untuk anak-anak, tidak selalu terkurung di rumah dan sekitarnya.

  • Dua tempat yang sangat populer sebagai pilihan tempat bermain di luar rumah adalah mal dan taman. Keduanya memiliki plus minus tersendiri dan tentu saja Anda perlu mempertimbangkan keduanya sebelum memutuskan ke mana Anda akan menghabiskan waktu bersama anak hari ini.

  • 1. Dalam vs luar

  • Membandingkan mal dengan taman, secara mendasar akan menunjukkan perbedaan antara dalam ruangan dan luar ruangan. Di taman, Anda akan mendapatkan suasana alami. Hijau dan rindangnya pepohonan, udara segar tanpa pendingin ruangan dan bersentuhan dengan alam secara langsung. Akan tetapi saat cuaca sedang tidak bersahabat, maka mal menunjukkan keunggulannya sebagai tempat dalam ruangan. Jam operasinya yang panjang pun membuat Anda tidak terpengaruh oleh ada tidaknya sinar matahari sebagai sumber penerangan.

  • 2. Keamanan dan pengawasan

  • Arena bermain anak di mal memiliki ruang lingkup yang lebih kecil daripada taman. Memasukinya pun dikenakan berbagai aturan, misalnya usia, tinggi badan dan syarat berpakaian (menggunakan kaus kaki adalah syarat yang sering diminta). Di dalamnya, pengawasan pun dilakukan lebih ketat, baik oleh petugas maupun CCTV. Inilah yang tidak akan Anda temukan di taman umum. Anda perlu turun tangan secara keseluruhan untuk memastikan anak Anda bermain dengan aman. Anak akan membaur dengan anak-anak lain dari berbagai usia tanpa kecuali, sehingga percikan konflik pun semakin tinggi kemungkinannya terjadi.

  • Advertisement
  • 3. Jenis permainan

  • Saat bermain di taman, Anda dapat mengembangkan ide bermain anak. Tidak hanya memanfaatkan fasilitas alat main yang ada di taman, Anda bisa membawa mainan sendiri. Untuk permainan fisik, Anda bisa membawa bola kaki, frisbee, bahkan sepeda. Sedang tak ingin berolahraga? Anda bisa mengajak anak bermain mencari jejak atau membuat kerajinan tangan sederhana sembari duduk-duduk di rumput. Bedanya di mal, Anda hanya bisa berpasrah dengan permainan yang telah ditentukan di arena bermain termasuk mengikuti aturan-aturan yang lekat terhadapnya.

  • 4. Tingkat keramaian

  • Pengguna taman tidak hanya keluarga-keluarga muda seperti Anda. Banyak kalangan yang juga mengunjungi taman dan menggunakannya sebagai tempat beraktivitas yang beraneka ragam. Nah, penggunaan bersama-sama juga berarti Anda perlu mengatur sedemikian rupa sehingga aktivitas Anda tidak mengganggu pengunjung lainnya dan juga sebaliknya. Keadaan seperti ini tidak Anda temui saat membawa anak bermain di mal. Di sana ada arena khusus bermain dan melakukan aktivitas lainnya, sehingga tidak saling mengganggu satu dengan lainnya.

  • 5. Biaya

  • Pada akhirnya, perbandingan ini akan jatuh pada sebuah faktor yang biasanya menjadi penentu final : harga. Bermain di mal akan merogoh kocek Anda jauh lebih banyak dari taman umum yang bebas biaya. Sesekali bermain di mal mungkin mungkin tidak terlalu banyak memengaruhi kondisi keuangan Anda. Namun jika terlalu sering tentu saja akan berimplikasi pada membengkaknya pengeluaran tersier keluarga. Akan lebih bijak jika dana tersebut Anda tabung untuk keperluan rekreasi lain seperti liburan keluarga, bukan?

  • Terlepas dari pilihan tempat Anda bermain bersama anak, keberadaan dan keterlibatan Anda saat beraktivitas dengannya tentu akan lebih berkualitas. Jauhkan segala distraksi seperti gawai dan ponsel. Hadirkan diri dan perhatian Anda seutuhnya demi kenangan indah yang akan selalu diingatnya hingga dewasa nanti.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Mal atau taman bermain. Mana yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu bersama anak?

Dalam ruangan vs luar ruangan. Gratis vs berbayar. Faktor-faktor ini akan menjadi pertimbangan ke mana Anda membawa anak bermain hari ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr