10 Pertanyaan yang Anda Harus Ajukan dalam Pertemuan Orang Tua Murid

Bersekolah adalah berkisar tentang mengajukan pertanyaan. Guru bertanya kepada murid, dan begitu pula sebaliknya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk belajar dan mengajar.

10,512 views   |   9 shares
  • Bersekolah adalah berkisar tentang mengajukan pertanyaan. Guru bertanya kepada murid, dan begitu pula sebaliknya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk belajar dan mengajar. Jadi, bila tiba waktunya untuk pertemuan orang tua murid, berikut ini adalah beberapa pertanyaan kunci yang dapat Anda ajukan kepada guru, untuk membantu Anda memanfaatkan waktu pertemuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta untuk membekali Anda agar menjadi pedorong yang lebih baik bagi anak Anda yang masih sekolah.

  • Kebanyakan dari pertanyaan-pertanyaan ini akan terliputi dalam pertemuan-pertemuan seperti itu. Jangan khawatir. Ingat-ingatlah pertanyaan tersebut dalam benak Anda sewaktu Anda memikirkannya, dan gunakanlah daftar ini untuk membantu Anda menemukan pertanyaan yang mungkin tidak muncul di benak Anda.

    1. Apa saja keterampilan serta pengetahuan yang diharapkan untuk dikuasai anak saya selama tahun ini? Apa saja standard-standard yang harus dipenuhi, serta bagaimanakah kami dapat mengetahui apakah anak kami sudah memenuhinya?

    2. Bagaimana anak saya akan dievaluasi? Informasi apa yang digunakan? Bagaimana cara menentukan nilai, serta sistem penilaian apa yang Anda gunakan? (Bila perlu, mintalah agar sistem penilaiannya dijelaskan kepada Anda).

    3. Apa yang dapat saya lakukan di rumah untuk turut membantu anak saya? Apakah Anda memiliki sistem bagi orang tua untuk mengetahui apa saja pekerjaan rumah yang diberikan?

    4. Apa yang Anda lihat sebagai kelebihan/kekurangan dari anak saya?

    5. Bagaimana anak saya bersosialisasi? Apakah mereka terlihat mempunyai teman dan berteman baik dengan murid-murid lainnya? Apakah anak saya terlihat senang pada umumnya?

    6. Apakah anak saya bersikap hormat kepada Anda? Apakah mereka mengikuti peraturan di kelas? Apakah mereka sopan dan ramah?

    7. Apakah anak saya melakukan sesuatu sesuai potensi mereka? Apakah mereka berusaha sebaik-baiknya?

    8. Apakah anak saya mengumpulkan pekerjaan rumahnya tepat waktu, dan mengerjakan tugasnya dengan sebaik-baiknya?

    9. Apakah anak saya aktif berbicara atau bertanya di kelas? Apakah mereka meminta bantuan jika mereka bingung atau tidak yakin?

    10. Apa rencana tindakan kita untuk semester berikutnya? Apa gol yang harus kita buat untuk tugas di sekolah dan juga tugas di rumah?

  • Ini juga merupakan kesempatan Anda untuk menjelaskan seberapa banyak waktu Anda yang tersedia untuk membantu, apakah itu untuk acara pesta perayaan di kelas, mendampingi anak atau hadir di kelas. Guru mengerti bahwa orang tua memiliki situasi yang beragam, dalam hal pekerjaan, adik-adik yang masih kecil dan sebagainya. Beberapa orang dapat menyumbangkan banyak bantuan di dalam kelas, sementara yang lain tidak.

  • Advertisement
  • Jika anak Anda memberi tahu Anda sesuatu yang dilakukan guru yang menjadi perhatian Anda, sampaikanlah hal tersebut. Tetapi katakanlah dengan hati-hati: Tidak dengan cara yang menuduh, tetapi dengan cara yang sifatnya mengumpulkan informasi. Sadarilah bahwa anak-anak, kadang-kadang ingin mencari perhatian yang lebih dari salah satu pihak orang dewasa ketimbang pihak lainnya. Mengertilah bahwa guru harus menangani banyak murid dan berada dalam tekanan dari setiap sisi.

  • Ingatlah bahwa jika Anda prihatin dengan beberapa hal di kelas, Anda tidak harus menunggu untuk pertemuan orang tua murid yang terjadwal untuk membicarakannya kepada guru. Kebanyakan guru sangat terbuka untuk mendiskusikan banyak hal bersama Anda sepanjang tahun. Tetaplah berkomunikasi setelah menemukan cara yang lebih diinginkan untuk saling berhubungan: Manakah yang lebih mudah? atau telepon?

  • Kebanyakan guru merupakan orang yang sangat peduli yang benar-benar menginginkan yang terbaik buat anak Anda. Tetapi untuk hasil terbaik, mereka membutuhkan bantuan dari rumah. Gunakan pertemuan orang tua murid serta bentuk komunikasi lainnya untuk membantu menyediakan dukungan yang terbaik bagi guru dan murid.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “10 questions you should ask at parent teacher conferences” karya Margot Hovley.

Bantu kami menyebarkan

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

10 Pertanyaan yang Anda Harus Ajukan dalam Pertemuan Orang Tua Murid

Bersekolah adalah berkisar tentang mengajukan pertanyaan. Guru bertanya kepada murid, dan begitu pula sebaliknya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk belajar dan mengajar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr