Bagaimana Cara Mengendalikan Uang agar Uang Tidak Mengendalikan Anda

Entah itu menguntungkan atau merugikan Anda, bunga uang akan berjalan terus. Anda dapat memastikan bahwa prinsip bunga gabungan berlaku bagi Anda.

15,675 views   |   11 shares
  • Entah itu menguntungkan atau merugikan Anda, bunga uang akan berjalan terus. Anda dapat memastikan bahwa prinsip bunga gabungan berlaku bagi Anda. Misalnya, jika Anda berinvestasi sebesar Rp1.000.000 setiap bulan selama 30 tahun, dan mendapatkan bunga hanya 5 persen, maka Anda akan mengakumulasikan sejumlah lebih dari Rp830.000.000. Sebaliknya, jika Anda meminjam uang dengan bunga sebesar 5 persen dan melakukan pembayaran selama 30 tahun, seperti cicilan rumah, sekarang Anda hanya dapat meminjam sebesar Rp186.000.000

  • Kebanyakan orang harus meminjam uang untuk membeli rumah. Itu tidak ada salahnya, tanpa memandang penurunan kondisi ekonomi selama lima tahun terakhir. Dalam banyak kasus, harga rumah cenderung meningkat untuk jangka waktu yang lama (meskipun tidak ada jaminan). Lebih penting lagi, kepemilikan rumah cenderung membantu meningkatkan kestabilan rumah tangga dan keluarga.

  • Selain itu, banyak orang memilih untuk membeli mobil dengan cara kredit, ya, memang sulit untuk membeli mobil secara tunai. Cicilan mobil baru dapat mencapai Rp5.000.000 per bulan. Hanya dengan menabung uang dalam jumlah tersebut selama satu tahun, Anda dapat membeli mobil yang layak jalan dan dengan perawatan yang teratur mungkin masih terus dapat berjalan selama beberapa tahun, tanpa harus mencicil dan dengan depresiasi yang sangat sedikit.

  • Jika Anda dapat menghemat sebesar Rp4.000.000 setiap bulan untuk mobil Anda berikutnya (selebihnya membelanjakan Rp1.000.000 untuk perawatan), setelah dua tahun Anda akan mengumpulkan sebesar Rp96.000.000 dalam tabungan Anda dengan sedikit bunga, jadi tampaknya Anda memiliki uang tunai Rp100.000.000 ditambah dengan Rp10.000.000 harga mobil rongsokan Anda untuk tukar tambah. Anda tidak membeli mobil rongsokan lagi. Pasti, Anda akan membeli mobil bekas, namun mobil yang dapat Anda kendarai dengan rasa bangga selama lima tahun lagi atau lebih.

  • Sementara Anda mengendarai mobil itu selama lima tahun yang akan datang, Anda akan terus menabung dan dengan jumlah sebesar Rp4.000.000 per bulan dengan sedikit bunga, Anda akan mengumpulkan uang tunai sebesar Rp250.000.000, ditambah dengan nilai tukar tambah mobil Anda yang sekarang, jadi sekarang Anda bisa membeli mobil baru bila Anda menginginkannya. Pakailah mobil tersebut selama tujuh hingga sepuluh tahun, dan jika Anda terus menabung, mobil Anda berikutnya akan menjadi mobil idaman!

  • Prinsip dan pola serupa berlaku hampir untuk semua hal. Hal itu berlaku bagi rencana liburan Anda (Ya, Anda dapat menukar tambah dengan liburan bekas), berangkat bermain golf yang baru, sepeda baru, ya, apa pun yang mengancam untuk memperbesar anggaran pembelanjaan Anda. Dampak dari menabung untuk pembelian barang-barang yang lebih kecil bahkan dapat lebih besar dari menabung untuk mobil Anda disebabkan oleh bunga yang Anda bayar pada kartu kredit— cara yang Anda gunakan untuk meminjam uang untuk membeli sepeda dan perangkat golf—adalah lebih tinggi daripada bunga yang umumnya dikenakan pada kedit pembelian mobil.

  • Advertisement
  • Banyak orang yang membiarkan utang konsumeris mereka menumpuk hingga terlihat seperti pinjaman pembelian mobil dan akhirnya yang dapat mereka pamerkan darinya adalah barang-barang bekas yang sulit untuk dijual di . Anda dapat mengendalikan uang dengan menabung untuk barang-barang yang ingin Anda beli daripada menggunakan kartu kredit dan pinjaman. Jika Anda melakukannya Anda akan mendapati bahwa uang bekerja untuk Anda serta mempermudah kehidupan Anda, bukan mempersulitnya. Anda akan berinvestasi dalam bentuk saham, obligasi, dan property dan berencana untuk masa pensiun yang menyenangkan sementara teman-teman Anda semuanya membuka.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to master money so it doesn't master you” karya Devin Thorpe.

Baca, hidupkan, bagikan!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Bagaimana Cara Mengendalikan Uang agar Uang Tidak Mengendalikan Anda

Entah itu menguntungkan atau merugikan Anda, bunga uang akan berjalan terus. Anda dapat memastikan bahwa prinsip bunga gabungan berlaku bagi Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr