Manfaat besar mengajarkan integritas kepada anak sejak dini

Perbuatan-perbuatan baik yang anak-anak lakukan tidak muncul begitu saja tanpa campur tangan orangtua. Di balik kemampuan seorang anak berbuat benar, pasti ada orangtua yang telah dengan gigih mengajarkan kepada mereka teladan-teladan baik.

144 views   |   6 shares
  • Anak-anak secara konstan melihat teladan orangtua dan akan meniru segala hal yang orangtua lakukan. Dua orang anak di Amerika membuktikan hal tersebut, bagaimana ajaran orangtua begitu melekat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

  • Adalah Backy Squire, seorang ibu dari dua orang putra, Eli usia 7 tahun dan adiknya Bronx usia 5 tahun. Pada suatu hari Squire menerima sebuah rekaman video dari tetangga rumahnya. Dalam video tersebut memperlihatkan percakapan yang dilakukan oleh kedua putranya saat mereka menemukan uang. Meskipun jumlah uang yang mereka temukan tidak seberapa, tetapi percakapan yang mereka lakukan betul-betul sangat menakjubkan.

  • Squire mengetahui bahwa kedua putranya adalah anak yang baik, tetapi dia begitu terkejut saat melihat betapa kedua buah hatinya benar-benar memiliki integritas ketika tidak ada orang lain yang menyaksikan mereka.

  • Squire mengatakan, "Sangat mudah bagi kedua anaknya untuk menyimpan uang tersebut. Hati saya tersenyum ketika melihat mereka membuat keputusan yang baik tanpa ada sedikit pun rasa keraguan. Saya tidak pernah menyangka. Wow! saya telah melakukan sesuatu yang menakjubkan sebagai seorang ibu. Meskipun demikian, saya betul-betul sangat takjub dengan integritas kedua buah hati saya, mereka telah mengajarkan kepada saya sebuah teladan."

  • Sebagai orangtua kita tentu sangat berharap anak-anak mampu melakukan perbuatan-perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari mereka. Perbuatan-perbuatan baik yang anak-anak lakukan tidak muncul begitu saja tanpa campur tangan orangtua. Di balik kemampuan seorang anak berbuat benar, pasti ada orangtua yang telah dengan gigih mengajarkan kepada mereka teladan-teladan baik.

  • Dalam upaya menanamkan integritas kepada anak, setiap orangtua pasti memiliki metode terbaik untuk anak-anak mereka. Backy Squire telah berhasil mewujudkan hal tersebut dan tentunya Anda juga mampu melakukan hal serupa kepada anak-anak Anda.

  • Saya menggarisbawahi ada tiga poin menarik yang Squire ingin sarankan kepada setiap orangtua bagaimana mengajarkan integritas kepada anak-anak, dia mengatakan "Ada 3 hal utama yang saya percaya mampu mewujudkan hal tersebut, yaitu dengan fokus pada melindungi, mengajar dan mencintai anak-anak. Kemampuan anak-anak membuat keputusan sendiri tanpa campur tangan dari orang lain bisa menjadi tolak ukur apakah kita telah berhasil menjadi seorang ibu yang baik atau buruk bagi mereka. Sebagai orangtua kita ingin anak-anak mengetahui bahwa tidak masalah berbuat kesalahan dan berusaha memperbaiki diri setiap hari. Kami meluangkan sangat banyak waktu untuk ngobrol saat berada di meja makan, bermain di lantai atau di kamar tidur. Kami sangat mengasihi satu sama lain dan saya pikir hal tersebut membangkitkan sebuah keinginan dalam diri anak-anak saya untuk selalu berusaha dengan sungguh-sungguh menunjukkan potensi terbaik mereka." ujar Squire.

  • Advertisement
  • Anak-anak adalah karunia menakjubkan bagi kita setiap orangtua. Setiap anak memiliki kesempatan untuk tumbuh menjadi apa pun yang mereka inginkan suatu hari kelak. Semoga sebagai orangtua kita tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan berharga ini dan mengajarkan kepada anak-anak segala teladan baik yang mampu kita bagikan dengan segala daya, kemampuan dan akal budi yang kita miliki.

  • Tonton video inspiratif dari Eli dan adiknya Bronx, di bawah ini:

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Manfaat besar mengajarkan integritas kepada anak sejak dini

Perbuatan-perbuatan baik yang anak-anak lakukan tidak muncul begitu saja tanpa campur tangan orangtua. Di balik kemampuan seorang anak berbuat benar, pasti ada orangtua yang telah dengan gigih mengajarkan kepada mereka teladan-teladan baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr