Ini alasan mengapa 1 anak saja kurang!

Katanya, banyak anak berarti banyak rezeki. Apakah Anda setuju pendapat tersebut?

1,264 views   |   7 shares
  • Kini di zaman yang serba sibuk dan serba mahal, semakin banyak pasangan yang memilih untuk memiliki satu anak saja. Ann Buchanan dalam bukunya Fertility Rates and Population Decline: No Time for Children? menuliskan bahwa penelitian di Inggris mengemukakan adanya kecenderungan keluarga dengan satu orang anak semakin meningkat hingga 12 persen dalam satu dekade belakangan. Dan proporsi jumlah orangtua yang memutuskan untuk memiliki satu anak meningkat 47 persen.

  • Namun di Indonesia, tren ini belum terlalu banyak diminati. Saat masih memiliki satu anak, atau saat bertemu dengan orangtua yang baru memiliki satu anak, pasti Anda akan sering mendengar pertanyaan seperti, "Kapan tambah adiknya lagi?" atau "Ayo dong, tambah lagi supaya sepasang". Sehingga seringkali keoutusan menambah anak muncul karena tekanan dari lingkungan sekitar.

  • Tapi, bukan tidak salah sih, bahkan Ann Buchanan yang juga profesor psikiater anak dari Universitas Oxford mengemukakan bahwa walau penelitian di Tiongkok menunjukkan kebanyakan anak tunggal tumbuh dengan baik namun ada kekhawatiran tentang tingkat bunuh diri yang lebih tinggi akibat tekanan yang lebih besar. Ternyata banyak tekanan mental yang juga dialami oleh para anak tunggal, seperti kesepian.

  • Mungkin pertimbangan orangtua masa kini lebih banyak pada kondisi ekonomi dan kesejahteraan anak. Banyak anak, banyak biaya. Besar pula perhatian yang harus dibagi saat memiliki anak lebih dari satu. Namun ini beberapa alasan yang menurut saya patut dipertimbangkan saat memikirkan ingin memiliki satu anak saja:

  • 1. Butuh teman berbagi kasih sayang dan tanggung jawab

  • Memiliki anak lebih dari satu juga berarti Anda dapat membagi tugas dan tanggung jawab rumah kepada mereka. Misal, saat si sulung ditugaskan untuk menyapu, adik mengepel dan bersama-sama membereskan mainan mereka.

  • 2. Saling melindungi satu sama lain

  • Sudah menjadi naluri dalam diri anak-anak untuk saling menjaga saudara mereka satu dengan lainnya. Baik saat berada dalam rumah, maupun saat sedang bermain-main dengan anak-anak lainnya. Saat mereka besar nantinya, saat Anda berdua sudah terlebih dahulu meninggalkan dunia ini, mereka akan memiliki satu dengan lainnya untuk saling menguatkan dan diandalkan.

  • 3. Tidak selalu lebih mahal

  • Memiliki banyak anak juga berarti memiliki banyak pengeluaran. Tetapi Anda dapat menyiasati dengan membeli produk-produk dengan paket ekonomis 'sekali banyak'. Biasanya paket ini lebih murah dibandingkan jika Anda hanya membeli satuan. Soal pakaian dan mainan, tidak perlu khawatir. Seiring dengan pertumbuhan, mereka akan mewariskan beberapa barang mereka kepada saudara yang lebih kecil seperti baju, tas, hingga sepatu.

  • Advertisement
  • 4. Menjadi orang tua yang lebih cerdas

  • Jika hanya memiliki satu anak, Anda akan cenderung mengabdikan waktu hanya untuknya. Namun jika menambah beberapa anak lagi, Anda akan belajar menjadi orangtua yang lebih banyak belajar, karena setiap anak berbeda. Anda tentu ingin menjadi orangtua yang terbaik tidak hanya bagi si sulung tapi juga untuk adik-adiknya.

  • 5. Kasih sayang berlimpah

  • Jika mereka sudah besar nanti dan memiliki keluarga sendiri, Anda akan mendapat kasih sayang melimpah dari cucu-cucu yang lucu. Anak-anak Anda pun akan secara bergantian merawat dan menemani Anda setiap saat dibutuhkan. Serunya, saat sudah berkumpul bersama maka suasana akan lebih ramai dan ceria!

  • Namun penting untuk Anda ingat, keputusan untuk menambah anak seharusnya datang dari Anda berdua sebagai orangtua, bukan dari desakan lingkungan sekitar ataupun permintaan anak. Pertimbangkan kondisi keluarga, apakah sanggup untuk menambah anak dan merawat serta membesarkan mereka dengan baik?

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Ini alasan mengapa 1 anak saja kurang!

Katanya, banyak anak berarti banyak rezeki. Apakah Anda setuju pendapat tersebut?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr