7 jenis makanan ini tidak disukai anak-anak padahal nutrisinya paling tinggi. Mengapa?

Banyak anak-anak membenci telur jika hanya direbus begitu saja. Baunya yang amis, tekstur yang padat dan liat membuat anak-anak kadang kesulitan saat menelannya.

409 views   |   2 shares
  • Memang kadang tidak mudah untuk membujuk anak-anak agar mau menyantap makanan sehat yang telah orangtua siapkan. Selain karena cara penyajian yang salah, rasa dan tekstur makanan yang kurang menarik membuat anak-anak akhirnya "mati-matian" berusaha menjauhi makanan tersebut.

  • Kurang lebih ada 7 jenis makanan sehat paling tidak digemari oleh anak-anak. Nah, semoga melalui artikel kali ini Anda, khususnya ibu-ibu rumahtangga, bisa mulai mengantisipasi jauh-jauh hari sebelum memberikan salah satu dari jenis makanan berikut kepada anak-anak.

  • 1. Sayuran berserat

  • Kangkung, sawi, seledri, brokoli dan bayam umumnya paling tidak digemari oleh anak-anak. Tekstur dari sayuran tersebut memiliki serat tinggi, bahkan jika cara pengolahan yang kurang tepat orang dewasa sekalipun akan sangat kesulitan untuk mencernanya. Untuk mengantisipasi kejadian semacam ini orangtua harus paham teknik pengolahan yang benar. Selain itu, orangtua juga harus cerdik dengan tidak menyajikan sayuran utuh kepada anak-anak.

  • 2. Daging sapi

  • Daging sapi adalah salah satu sumber protein tinggi yang baik bagi pertumbuhan anak-anak. Namun, jika cara mengolahnya salah tekstur daging sapi yang alot akan sangat menyulitkan anak-anak saat mengunyahnya. Untuk mengatasi hal semacam ini sebetulnya cukup mudah, orangtua harus bisa memastikan bahwa daging sudah benar-benar empuk atau mengubah bentuk daging yang kurang menarik menjadi berbagai jenis olahan makanan seperti pentol bakso, nugget sapi dan sebagainya.

  • 3. Buah-buahan berbau tajam

  • Durian, nangka, cempedak dan pepaya, adalah beberapa jenis buah-buahan berbau tajam paling tidak digemari oleh anak-anak. Anak-anak umumnya menilai segala sesuatu dari apa yang dilihatnya, jadi ketika mereka menjumpai buah-buahan berbau tajam secara tidak langsung mereka akan menganggap bahwa buah-buahan tersebut tidak enak untuk dimakan. Mengatasi kejadian semacam ini butuh kesabaran, orangtua tidak boleh memaksa anak untuk makan sebelum mereka benar-benar yakin bahwa buah-buahan tersebut ternyata sangat lezat.

  • 4. Ikan

  • Semua jenis ikan baik air tawar maupun laut pasti memiliki aroma amis sebelum diolah. Namun, ada beberapa jenis ikan paling tidak disukai oleh anak-anak baik karena bentuk, bau dan tekstur dagingnya, yaitu: Lele, tongkol dan bandeng. Lele diketahui hidup di tempat yang kotor, bandeng dagingnya yang tebal serta sedikit alot dan bandeng karena memiliki banyak duri di sekujur tubuhnya. Orangtua harus pandai mengolah ketiga jenis ikan tersebut dan membentuknya menjadi bentuk lain, sehingga anak-anak tidak menyadarinya.

  • Advertisement
  • 5. Makanan ringan atau cemilan

  • Jenang, dodol, moci dan sebagainya adalah beberapa jenis snack dengan tekstur lengket paling tidak digemari anak-anak. Orangtua tidak perlu memaksa anak untuk menyantap, sebelum mereka benar-benar menyukainya karena keinginan sendiri. Berikan jenis makanan ringan sehat lainnya yang mungkin lebih menarik minat mereka.

  • 6. Buah-buahan dengan rasa asam

  • Tomat, mangga muda, belimbing, jeruk, salak, kedondong dan sebagainya adalah beberapa jenis buahan-buahan sehat kaya akan vitamin c, tetapi paling tidak digemari oleh anak-anak. Anak-anak umumnya enggan menyantap buah-buahan tersebut karena rasa kecut dan sepat yang dimiliki. Agar anak-anak menyukai buah-buahan tersebut, orangtua bisa mengolahnya menjadi bentuk lain seperti manisan, selai, minuman segar, campuran kue atau puding dan sebagainya.

  • 7. Telur

  • Banyak anak-anak membenci telur jika hanya direbus begitu saja. Baunya yang amis, tekstur yang padat dan liat membuat anak-anak kadang kesulitan saat menelannya. Untuk mengatasinya, coba olah telur menjadi bentuk lain yang mudah untuk dicerna dan mengurangi bau amisnya, seperti: Telur mata sapi, dadar dan orak-arik dengan ditambah beberapa ornamen seperti keju parut atau mayonaise.

  • Anak mengalami susah makan sebetulnya tidak selalu menunjukkan bahwa ia sedang sakit. Orangtua harus jeli melihat perubahan sikap serta tanda-tanda yang ditunjukkan oleh buah hatinya. Memang semua fase dalam tumbuh kembang anak sangatlah unik, orangtua harus mampu bersabar dan menikmati setiap perubahan yang terjadi dengan sukacita dan kegembiraan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

7 jenis makanan ini tidak disukai anak-anak padahal nutrisinya paling tinggi. Mengapa?

Banyak anak-anak membenci telur jika hanya direbus begitu saja. Baunya yang amis, tekstur yang padat dan liat membuat anak-anak kadang kesulitan saat menelannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr