Sebelum warisan jadi sumber persoalan, Anda dan keluarga bisa lakukan hal ini

Seringkali pembagian harta menjadi 'drama' yang memisahkan saudara sekandung. Hindari hal ini terjadi pada anak-cucu Anda!

508 views   |   1 shares
  • Telah banyak cerita tentang drama perebutan harta waris menjadi bencana dalam keluarga. Misalnya saja kasus perebutan harta waris Michael Jackson dan Whitney Houston yang sempat heboh diperbincangkan, karena kisruh pertengkaran keluarga yang merasa paling layak menerima harta warisan.

  • Kalau sudah berbicara tentang harta, terkadang hubungan sedarah pun bisa terputus. Barang atau harta yang tidak seberapa nilainya, dapat memecah tali silahturahmi antar saudara. Nah, demi menghindari 'drama' perebutan harta waris terjadi dalam keluarga Anda, sebaiknya lakukan pencegahan dengan pembagian harta secara jelas dan tertulis hitam di atas putih. Walau tidak seberapa jumlah harta yang Anda miliki sekarang, percayalah bahwa pembagian yang jelas dapat membuat segalanya lebih baik ke depannya.

  • Ini hal-hal yang perlu Anda cermati saat ingin membuat surat wasiat dan pembagian harta 'gono-gini':

  • Tahu siapa yang paling layak menerima hartanya

  • Tanpa mengenal usia, saat memiliki aset sebaiknya seseorang sudah memikirkan masa depan aset tersebut. Untuk siapa aset tersebut nantinya? Apa yang Anda harapkan untuk aset tersebut dan siapa yang berhak mengelolanya kelak? Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya, terkena penyakit parah yang mematikan, kecelakaan berujung maut dan kemungkinan terburuk lainnya. Jangan hanya tau bagaimana mengembangkan aset, tentukan juga siapa yang paling layak menerima aset tersebut dan bagaimana pembagian hasilnya untuk pewaris Anda kelak.

  • Konsultasi dengan ahlinya

  • Saat sudah punya bayangan mengenai siapa saja yang berhak mewarisi aset Anda, buat perencanaan matang dengan mengonsultasikannya kepada ahlinya atau pengacara yang Anda tunjuk. Diskusikan pada pengacara, apakah keputusan yang telah Anda buat sudah tepat atau malah berpotensi menimbulkan kekacauan di masa depan.

  • Bersikap adil

  • Jika Anda adalah orang yang memiliki anggota keluarga banyak, misalnya banyak anak, maka sepatutnya Anda perlu bersikap seadil-adilnya. Ketidakadilan pembagian harta pada sanak bersaudara hanya akan menimbulkan konflik di antara anak-anak Anda, yang nantinya dapat berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu Anda tidak mau kan? Sekalipun mungkin mereka tidak mempermasalahkan harta orang tua, namun sebagai orangtua Anda perlu bersikap bijaksana dan adil bahkan saat pembagian harta.

  • Rembuk bersama keluarga sebelum membuat keputusan

  • Saat Anda sudah memiliki rencana dalam pembagian harta, sebaiknya sebelum membuat keputusan akhir rembukkan kembali bersama keluarga Anda. Tanyakan pendapat mereka, atau tanyakan jika ada yang merasa tidak adil dengan rencana yang telah Anda buat. Lebih baik saling terbuka sejak awal untuk menghindari konflik di kemudian hari.

  • Advertisement
  • Buatlah surat wasiat di depan keluarga

  • Saat membuat surat wasiat juga sebaiknya dilakukan di depan keluarga agar sejak awal mereka tahu besaran pembagian masing-masing dan tidak mengharapkan lebih dari yang seharusnya. Anda juga bisa membawa saksi dari keluarga atau kerabat di luar yang menerima waris, untuk dapat jadi penengah saat nantinya terjadi pertikaian.

  • Masih banyak orang yang tidak berpikir untuk membuat wasiat harta warisan. Apalagi di Indonesia, budayanya yang lebih kekeluargaan seringkali merasa tabu untuk melakukan hal ini karena dianggap masalah harta adalah masalah semua keluarga. Padahal, masalah harta 'gono-gini' sangat berpotensi memecah belah keluarga dan merusak masa depan anak-cucu Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Sebelum warisan jadi sumber persoalan, Anda dan keluarga bisa lakukan hal ini

Seringkali pembagian harta menjadi 'drama' yang memisahkan saudara sekandung. Hindari hal ini terjadi pada anak-cucu Anda!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr