Kesetiaan adalah Sebuah Perjalanan: 3 Cara yang Menakjubkan untuk Tetap Setia

Tumbuh dewasa, saya menemukan bahwa kesetiaan terinspirasi dari harapan, rasa kepemilikan, dan perlindungan dari Tuhan.

33,393 views   |   118 shares
  • Apakah artinya setia? Apakah ada hubungannya dengan pernikahan? Apakah kesetiaan dapat memberikan inspirasi pada kodrat Ilahi? Apakah kesetiaan membawa harapan dan kedamaian? Kesetiaan dapat diartikan sebagai kepercayaan, bisa juga diartikan sebagai kekuatan yang tak terbatas. Pikirkanlah baik-baik apakah artinya Setia dan Kesetiaan bagi diri Anda sendiri.

  • Saya tumbuh dewasa dengan pengetahuan dasar romantis dari kesetiaan, yang artinya komitmen dan loyalitas kepada pasangan Anda. Semasa saya tumbuh dewasa, saya menemukan bahwa kesetiaan terinspirasi dari harapan, rasa kepemilikan, dan perlindungan dari Tuhan. Tapi sekarang, arti yang paling lazim dan kuat dari arti kesetiaan telah membawa saya kembali ke bagaimana saya mengartikan hubungan saya; hubungan dengan diri saya sendiri.

  • Mari kita mulai dari awal:

  • 1. Kesetiaan dalam hubungan

  • Kesetiaan dalam hubungan tidak hanya berarti setia dalam pernikahan saja. Tetapi juga berarti setia kepada teman dan keluarga. Kesetiaan juga bukan berarti memihak kepada mereka, apalagi jika teman atau anggota keluarga Anda ikut bertanggung jawab atas batas kesalahan mereka . Namun kesetiaan dalam hubungan lebih diartikan sebagai kesediaan kita untuk mendukung mereka dan mempercayai mereka untuk memberikan perhatian terhadap Anda sebagaimana Anda selalu memberi perhatian terhadap mereka.

  • 2. Kesetiaan kepada dan dalam kekuatan Anda yang lebih besar

  • Memiliki iman kepada kekuatan Anda lebih besar berarti Anda mempercayai dan medukungnya. Anda percaya bahwa kepentingan Anda didahulukan dan kesejahteraan Anda berada padanya. Tapi dengan ini, iman pada kekuatan yang lebih besar dapat memiliki banyak arti bagi Anda. Mungkin dapat berarti mencari jawaban dan bimbingan dari kekuatan yang lebih besar. Kesetiaan Anda ini mungkinkan Anda untuk mencari tempat lain untuk bimbingan, kepuasan, kedamaian atau cinta. Jika demikian artinya, janganlah sungkan untuk melakukannya. Tapi ketahuilah bahwa kekuasaan yang lebih besar akan selalu ada untuk Anda, dan akan bergembira menerima Anda jika Anda peduli dengannya.

  • 3. Setia kepada diri sendiri

  • Setia kepada diri sendiri berarti Anda benar-benar hidup dalam apa yang Anda pegang tinggi, berharga, dan penting untuk kehidupan yang memuaskan. Ini berarti memastikan bahwa Anda memprsiapkan diri Anda sendiri apa dan siapa yang Anda butuhkan dalam hidup Anda. Hal Ini menentukan perilaku dan perlakuan apa yang layak Anda terima dan bersedia menerima diri sendiri dan orang lain. Setia kepada diri sendiri menetapkan standar integritas yang Anda pegang. Memang sulit untuk menegakkan standar ini dalam menghadapi orang atau situasi yang tampaknya bersikeras untuk merusak kesejahteraan, kebahagiaan, dan keseimbangan hidup Anda. Tetaplah kuat, dan beriman. Ketika teka-teki hidup Anda mulai jatuh berantakan, dan ketika hidup mulai terwujud kembali, semuanya akan tampak seperti jalan kehidupan yang benar karena iman Anda mulai terwujud.

  • Advertisement
  • Beberapa tahun yang lalu, setia kepada diri sendiri telah memberi makna yang sangat penting dan introspektif bagi saya. Saya membuat keputusan tentang kencan yang membuat hidup saya agak sulit dan saya merasa kesepian. Meskipun saya belum mencapai puncak tujuan dalam hidup ini, saya merasa bangga dengan keputusan yang saya buat, dan saya tidak membuat keputusan itu untuk sementara. Apa dan siapa yang saya ijinkan masuk ke dalam kehidupan saya telah memberikan rasa hormat yang dalam bagi diri saya sendiri. Hasilnya memang lebih menantang daripada yang saya rencanakan tapi saya bisa jujur dan penuh percaya diri jika seseorang bertanya kepada saya tentang hal ini. Saya akan senang dan bangga untuk membicarakannya.

  • Kesetiaan adalah sebuah perjalanan kepada hal-hal yang penting dan berarti bagi Anda. Baik itu keluarga, teman, cinta, pernikahan atau fisik. Menemukan iman dan hidup sesuai dengan iman dapat membuka sebuah dunia yang Anda anggap mustahil untuk ditemui. Membawa iman dan kesetiaan ke dalam hidup Anda setiap hari akan membantu Anda mencintai apa yang Anda lihat di cermin, di orang lain, di dunia, dan di dalam hati Anda sendiri.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “3 Amazing ways to stay faithful” karya Georgia Lee.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

Kesetiaan adalah Sebuah Perjalanan: 3 Cara yang Menakjubkan untuk Tetap Setia

Tumbuh dewasa, saya menemukan bahwa kesetiaan terinspirasi dari harapan, rasa kepemilikan, dan perlindungan dari Tuhan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr