Cegah kulit kusam dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini

Dehidrasi adalah penyebab kulit menjadi tidak bercahaya, ciri-ciri yang biasanya mudah dikenali adalah kulit kering, keriput, berwarna lebih gelap dan pecah-pecah.

15,724 views   |   41 shares
  • Hidup dan tinggal di negara dengan iklim tropis merupakan sebuah keuntungan, matahari yang bersinar penuh sepanjang tahun menyebabkan iklim menjadi hangat. Namun, sinar matahari yang bersinar terik memiliki efek samping bagi kesehatan kulit, jika tidak terlindung kulit akan menjadi kusam bahkan belang akibat terbakar.

  • Selain efek buruk dari sinar matahari, penyebab kulit menjadi kusam juga bisa diakibatkan oleh beberapa kebiasaan buruk. Mengintip dari beberapa sumber, ternyata beberapa kebiasaan buruk berikut perlu dihindari jika ingin memiliki kulit sehat dan cerah:

  • 1. Malas mandi

  • Terdengar sepele, tetapi itulah kenyataannya. Malas mandi menyebabkan sel-sel kulit mati dan debu yang menempel tidak dapat dibersihkan secara maksimal. Jika kebiasaan malas mandi tetap dipertahankan sedikit demi sedikit endapan yang menempel di kulit akan menutupi pori-pori dan mengubah warna kulit menjadi kusam.

  • 2. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan gula

  • Menurut seorang peneliti asal Amerika, Fredric Brandt, terlalu sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang dialami oleh kulit pada akhirnya membuat warna kulit menjadi kusam dan berjerawat. Tidak hanya itu, makanan dan minuman manis juga ditengarai menjadi penyebab pecahnya kolagen sebagai zat yang berfungsi mempertahankan tingkat keremajaan kulit, dampaknya kulit menjadi kering dan keriput.

  • 3. Terlalu sering terpapar zat-zat kimia

  • Kulit wajah adalah bagian tubuh paling sering terpapar zat-zat kimia, ditambah lagi kebiasaan bergonta-ganti kosmetik menyebabkan kulit wajah harus melakukan penyesuaian setiap saat. Untuk mempertahankan warna dan kesegaran kulit, Ellen Marmur, seorang ahli dan juga dokter kulit asal Amerika, menyarankan agar cukup membasuh kulit wajah dengan air bersih di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.

  • 4. Melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa pelindung

  • Sinar matahari dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, tetapi terlalu lama terpapar sinar matahari juga dapat berakibat fatal bagi kulit. Oleh karena itu, gunakan pelindung jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebagai tindakan pecegahan oleskan secukupnya tabir surya, gunakan payung atau pakaian panjang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Advertisement
  • 5. Kencanduan terhadap asap rokok

  • Asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyebakan pigmen kulit menjadi gelap. Bibir adalah bagian paling sering terpapar asap rokok yang membuatnya berwarna hitam kecoklatan. Jadi jika ingin kulit, khususnya kulit bibir, tidak kusam sebaiknya mulai sekarang kebiasaan merokok segera dihentikan.

  • 6. Kebiasaan begadang di malam hari

  • Banyak orang tidak memiliki cukup tidur di malam hari, hal ini menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan gampang stres. Kelelahan fisik semacam ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan salah satu yang terdampak adalah kesehatan kulit. Menurut UCSF Medical School, hormon-hormon perbaikan dilepaskan oleh tubuh ketika seseorang sedang beristirahat. Oleh sebab itu, jika seseorang kurang tidur akan menyebabkan kulit nampak kusam serta di bawah kelopak mata biasanya akan muncul bercak kehitaman yang biasa disebut sebagai mata panda.

  • 7. Malas minum air putih

  • Air putih adalah cairang terbaik bagi tubuh, kandungan mineral yang dimiliki sangat mudah diserap untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah penyebab kulit menjadi tidak bercahaya, ciri-ciri yang biasanya mudah dikenali adalah kulit kering, keriput, berwarna lebih gelap dan pecah-pecah. Untuk itu, sebelum merasa haus segeralah minum, selain kulit menjadi sehat organ-organ tubuh yang lain akan terjaga kesehatannya berkat mengonsumsi air putih secara cukup.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Cegah kulit kusam dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini

Dehidrasi adalah penyebab kulit menjadi tidak bercahaya, ciri-ciri yang biasanya mudah dikenali adalah kulit kering, keriput, berwarna lebih gelap dan pecah-pecah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr