Merawat cinta di usia senja

Tahun-tahun pernikahan seringkali memudarkan ikatan yang ada. Lakukan hal ini agar kisah cinta Anda berdua tetap tumbuh subur.

1,396 views   |   9 shares
  • Ingatkah dulu bagaimana gelora cinta antara Anda dan pasangan diresmikan dalam ikatan pernikahan? Dirayakan dengan pesta yang sakral, dimeriahkan oleh ratusan tamu undangan yang memberi restu dan harapan untuk kehidupan pernikahan yang bahagia.

  • Namun menjalani bahtera pernikahan adalah babak baru yang seringkali di luar bayangan Anda tentang pernikahan, sebelum Anda menikah. Seorang peneliti perkembangan manusia, Profesor Robert J. Styrenberg, mengemukakan teori tentang pernikahan yang diberi nama 'Triangular theory of love'. Dalam teori tersebut dikemukakan bahwa cinta dalam pernikahan dibangun di atas 3 pilar, yaitu Intimacy (Keintiman-keterkaitan jiwa) - Passion (Hasrat-ketertarikan fisik/seksual) - Decision/Commitment (Keputusan/Komitmen-mempertahankan hubungan pernikahan). Tahun-tahun akan berlalu, perubahan turut terjadi di banyak aspek kehidupan dan fisik selama pernikahan. Lalu ke mana arah pernikahan Anda? Khususnya saat usia Anda berdua telah mencapai setengah abad? Berikut saya bagikan resep untuk merawat agar cinta tetap membara bahkan hingga puluhan tahun usia pernikahan Anda:

  • 1. Adanya perbuatan 'timbal-balik'

  • Pernikahan selalu diikuti dengan tugas dan tanggung jawab. Masing-masing pasangan perlu menjalankan perannya untuk saling menyenangkan satu sama lain dan membuat hidup lebih nyaman, serta melakukannya dengan senang hati. Masing-masing memasang telinga dan hati untuk mendengarkan, karena terkadang dalam obrolan yang ringan sehari-hari terselip keinginan salah satu pasangan. Menangkap dan memenuhi hal-hal kecil tersebut dapat menimbulkan perasaan dicintai dan diperhatikan.

  • 2. Hidupkan dan pertahankan canda ria

  • Tertawa terbukti dapat merangsang produksi hormon dopamin yang memicu rasa sukacita dan kepuasan. Hal ini sangat bermanfaat bagi hubungan suami-istri. Menonton bersama pertunjukan atau film yang mendatangkan gelak tawa, atau dapat saling bercerita hal-hal yang lucu adalah cara terbaik untuk menjalin kedekatan dan mencairkan masalah.

  • 3. Sentuhan meningkatkan romantisme

  • Dalam sebuah artikel "The Power of Touch' yang terbit di laman Psychology Today menyebutkan bahwa sentuhan ternyata memberikan rasa nyaman baik bagi yang disentuh maupun yang melakukannya. Ini adalah salah satu cara komunikasi yang paling dasar untuk meningkatkan keintiman dan romantisme dalam suatu hubungan. Sebuah penelitan mengusulkan 12 langkah yang dapat meningkatkan keintiman yang dapat dilakukan oleh pasangan: Tiga yang pertama, kontak mata-ke tubuh, kontak mata- ke mata dan berbicara. Sembilan langkah berikutnya melibatkan sentuhan, dimulai dengan berpegangan tangan, lalu berciuman dan akhirnya dilanjutkan pada tahap keintiman seksual.

  • Advertisement
  • 4. Kemukakan 'hasrat' Anda secara terbuka

  • Menurut teori Prof. Sternberg, hasrat adalah ketertarikan fisik secara seksual. Ketika usia mulai menua, baik pria maupun wanita mengalami perubahan-perubahan fisik dan hormon yang cenderung menyebabkan kemunduran gairah seksual. Bila tidak diperhatikan dan disiasati, bisa timbul kebosanan yang mampu menurunkan romantisme suami dan istri. Jangan malu mencoba hal-hal yang baru termasuk di atas ranjang. Bicarakan hal-hal yang ingin Anda eksplorasi (berhubungan dengan keintiman seksual) dengan terbuka dan dikemas dalam suasana humor.

  • 5. Pelukan adalah tanda kedekatan hati

  • Beberapa ahli menyebutkan bahwa pelukan akan memicu hormon oksitosin yang juga disebut 'hormon ikatan', sehingga dapat menghasilkan perasaan terikat satu sama lain. Selain perasaan itu, oksitosin dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang menjauhkan Anda dari sakit infeksi bahkan bisa menormalkan detak jantung serta menurunkan stres. Sambil menyelam, minum air kan? Kedekatan bertambah, tubuh Anda berdua pun tetap sehat.

  • 6. Bantulah sesama

  • Temukan tempat-tempat di mana Anda dapat melakukan kegiatan sosial, membantu dan melayani sesama. Temukan pengalaman dan kepuasan saat membantu orang lain, sehingga Anda berdua akan selalu bersyukur dan bertekad untuk hidup lebih baik lagi bersama-sama.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Merawat cinta di usia senja

Tahun-tahun pernikahan seringkali memudarkan ikatan yang ada. Lakukan hal ini agar kisah cinta Anda berdua tetap tumbuh subur.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr