Hati-hati, anak-anak mudah meniru perkataan kita

Jika anak Anda belajar untuk tidak menggunakan kata-kata buruk di hadapan Anda (dengan teladan Anda sendiri), mereka akan memilih untuk menggunakan kata-kata yang baik setiap saat.

1,345 views   |   0 shares
  • Anak saya umur 7 tahun, berteriak mengadu kepada saya, “Mami, kata Hannah pantatku harus ditendang!" Hannah yang baru berumur 5 tahun mendengar kata tersebut dari video senam pagi saya.

  • Anak-anak sangat senang menirukan sesuatu yang mereka dengar dari sekitarnya. Seandainya tidak begitu, mereka tidak akan belajar kata-kata dalam lagu “Bintang Kecil.” Saya sangat senang mendengar anak-anak kami mengutip kata-kata dari film-film kesukaan mereka, dan menyanyikan lagu yang mereka dengar. Namun agak kurang enak didengar bila mereka mengutip sesuatu yang saya harap tidak pernah mereka dengar.

  • Sayangnya, hanya sedikit yang bisa kita lakukan sebagai orangtua untuk mencegah anak kita mendengar hal-hal yang kurang pantas dan kata-kata jorok. Walau sudah berusaha sebaik mungkin kita juga tidak bisa mengontrol apakah kata-kata tersebut akan keluar dari mulut anak kita atau tidak. Namun, meskipun hanya sedikit, ada yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk membantu mereka membuat pilihan agar tidak menggunakan kata-kata yang tidak pantas ketika berbicara.

  • Contoh bahasa yang pantas

  • Saya akan benar-benar jujur – saya punya sejenis sumpah serapah. Sungguh. Kata-kata tersebut selama bertahun-tahun saya pakai, karena kadang-kadang memang cocok untuk melampiaskan perasaan saya. Tapi tiba-tiba kebiasaan saya bersumpah serapah berhenti saat saya mendengar anak saya yang usia 2 tahun tidak hanya menggunakan kata-kata saya tapi juga menerapkannya dalam situasi yang benar.

  • Anak saya mengambil sedotan dari kotak minuman jus yang sedang dia nikmati, kemudian menjatuhkannya ke tanah, dan dengan suara kecewa dia mengatakan, “oh sialan.” Untuk memastikan saya tidak salah dengar, dia kemudian memungut sedotan tersebut, memandang saya, dan kemudian dengan sengaja menjatuhkannya kembali sambil mengucapkan kata yang sama, “Oh sialan.” Saya sama sekali tidak bisa menyalahkan siapapun kecuali diri saya. Cara terbaik, jika Anda tidak ingin mendengar hal tersebut tiba-tiba terucap dari mulut mereka, Anda jangan pernah mengucapkannya.

  • Membuat batasan

  • Bahaslah mengenai kata-kata yang mereka ucapkan. Pastikan mereka tahu kata-kata yang Anda rasa tidak pantas itu tidaklah baik untuk digunakan di rumah. Hal ini sangat penting untuk dilakukan tanpa emosi yang negatif. Alasan untuk hal ini, menurut sebuah artikel yang membahas sumpah serapah di antara anak-anak yang ditulis oleh Love and Logic Institute, emosi yang ditunjukkan orang tua bisa menjadi ganjaran cukup bagi anak-anak dan konsekuensi apa pun tak akan menghalanginya. Dengan membahasnya secara tenang akan membantu anak-anak memahami pelajaran tanpa merasa senang karena mampu membuat orangtua marah.

  • Advertisement
  • Seorang ibu yang bijaksana menyarankan agar mengadakan hari “kata-kata sampah”. Tulislah kata-kata sampah atau kata-kata yang tidak baik dan kemudian buanglah. Itu adalah pelajaran visual yang baik bagi anak-anak. Ada kata-kata yang sudah selayaknya masuk ke tong sampah.

  • Mungkin Anda bertanya apa gunanya melarang pemakaian kata-kata buruk di depan Anda, bukankah lebih baik melarang pemakaiannya sama sekali. Akan saya jelaskan. Anda ingin mereka fokus kepada sesuatu yang Anda, sebagai orangtua, bisa kendalikan. Memberitahu anak Anda bahwa dia tidak boleh menggunakan kata tertentu adalah di luar kemampuan Anda untuk mengontrol. Kemungkinannya adalah, jika anak Anda belajar untuk tidak menggunakan kata-kata buruk di hadapan Anda (dengan teladan Anda sendiri), mereka akan memilih untuk menggunakan kata-kata yang baik setiap saat.

  • Adakan tindak lanjut yang menyenangkan

  • Tetapkan konsekuensi dari sumpah serapah. Pastikan hukuman itu berlaku untuk semua orang, dan menyenangkan. Anda tidak salah baca, buatlah menyenangkan. Maksud saya bukan konsekuensinya sesuatu yang membuat anak-anak ingin bersumpah serapah supaya bisa menikmatinya, yang saya maksudkan jangan terlalu serius ketika Anda menghukum mereka.

  • Mungkin Anda bisa mengatakan bahwa bahasa yang tidak pantas hanya membuang-buang tenaga mereka yang terpaksa mendengarnya. Agar tenaga tersebut bisa pulih, tugas rumah tangga harus dikerjakan. Tugas tersebut mungkin berupa mencuci mobil untuk beberapa kasus, atau sedikitnya membantu ibu merapikan tempat tidur orang lain. Mungkin saja seseorang perlu membuat makanan bagi keluarga untuk memulihkan tenaga mereka karena telah mendengarkan kata-kata yang tidak baik.

  • Tugas rumah tangga paling sering dipakai sebagai cara mendidik di Love and Logic. Tugas seperti ini membantu seseorang merasa dibutuhkan, membuat mereka merasa telah menyumbangkan tenaga dan mengajar seseorang merasa senang karena sudah menyelesaikan sesuatu. Tugas rumah tangga juga sangat membantu keluarga pada umumnya.

  • Nada suara Anda dalam memberikan konsekuensi, dan reaksi Anda ketika anak-anak bersumpah serapah adalah faktor paling penting untuk menjaga anak dari kebiasaan buruk itu. Melalui teladan, menetapkan batasan-batasan yang bisa Anda kendalikan dan tindak lanjut yang menyenangkan, anak-anak Anda akan segera belajar untuk selalu ingin menggunakan bahasa yang baik.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Mommy what to do when your little one learns to swear” karya Rachel Larsen.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Rachel Larsen owns and operates the Busy Bugs Preschool, and has been a Love and Logic facilitator for the past five years. She is the author of a book called "Dear Girls". She resides in Sandy, Utah. Rachel can be contacted at rachelklarsen@gmail.com

Hati-hati, anak-anak mudah meniru perkataan kita

Jika anak Anda belajar untuk tidak menggunakan kata-kata buruk di hadapan Anda (dengan teladan Anda sendiri), mereka akan memilih untuk menggunakan kata-kata yang baik setiap saat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr