Bekerja hingga lembur meningkatkan risiko serangan jantung. Benarkah?

Bila Anda adalah seorang yang gemar bekerja keras dan sering melakukan kerja lembur, sebaiknya Anda berhati-hati karena tubuh Anda mungkin tidak sekuat yang Anda kira.

500 views   |   2 shares
  • Bila Anda adalah seorang yang gemar bekerja keras dan sering melakukan kerja lembur, sebaiknya Anda berhati-hati karena tubuh Anda mungkin tidak sekuat yang Anda kira. Anda mungkin tidak merasakannya pada awalnya, namun tanpa Anda sadari stres dan kecapaian bertumpuk dan menggerogoti tubuh Anda. Mendadak saja Anda jatuh karena serangan jantung padahal usia Anda masih muda, bagaimana hal itu bisa terjadi? Ternyata selama ini Anda mengabaikan kebutuhan tubuh Anda akan istirahat yang cukup, Anda kurang tidur, kurang minum, makan terlambat dan tidak ada keseimbangan dalam hidup Anda antara bekerja dan bersantai. Apa saja resiko bekerja terlalu keras tanpa memperhatikan kesehatan badan Anda?

  • Hepatitis

  • Atau sakit liver dapat terjadi karena terlalu banyak bekerja dan tidak cukup istirahat. Banyak bintang film Indonesia jaman dulu yang meninggal relatif muda disebabkan oleh jadwal kerja mereka yang tidak teratur.

  • Darah tinggi

  • Hidup yang tidak seimbang, seperti banyak kerja lembur dan kurang istirahat, dapat menimbulkan stres yang berakibatkan darah tinggi. Si penderita tidak saja harus mengurangi garam pada makanannya, namun juga mengubah gaya hidupnya dan pola makannya. Sebaiknya banyak makan sayur dan buah serta menghindari daging. Makan jerohan juga tidak boleh terlalu sering karena menyebabkan kolesterol yang pada akhirnya menimbulkan darah tinggi.

  • Sakit jantung

  • Akibat sakit darah tinggi pembuluh darah bisa menyempit dan menimbulkan penyakit jantung. Begitu juga kurang olah raga menyebabkan penyakit berdatangan. Namun jika Anda berusia cukup lanjut tidaklah dianjurkan untuk olah raga yang berat. Beberapa olah raga ringan seperti jalan kaki, tai chi, renang, yoga dapat membantu kebugaran tubuh serta mengurangi penyakit. Hentikan juga merokok dan minum minuman keras karena keduanya memicu sakit jantung.

  • Sakit perut yang kronis

  • Sakit perut seperti ini diakibatkan oleh tingkat stres yang tinggi sehingga menyebabkan Anda sedikit-sedikit sakit perut. Bukan karena makanan yang Anda santap melainkan karena usus Anda terlalu banyak menghasilkan asam lemak sehingga menyebabkan sakit perut. Jika Anda hidup lebih santai, Anda dapat menghindari penyakit ini.

  • Bagaimana Anda dapat hidup lebih santai jika tagihan menumpuk dan gaji Anda tidak cukup untuk melunasinya? Anda bagaikan lilin yang dibakar kedua ujungnya sehingga berumur pendek. Hidup menurut anggaran belanja adalah jawaban satu-satunya jika Anda ingin berumur panjang. Tidak peduli berapa pun penghasilan Anda, tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda karena selalu saja ada sesuatu yang perlu dibeli.

  • Advertisement
  • Atau pengeluaran Anda sangat besar karena anak sakit, keperluan sekolah, mobil rusak, genting bocor dan banyak lagi hal lainnya. Namun jika Anda mau berhemat dan mampu menabung, di saat-saat mendesak Anda dapat memakai tabungan Anda untuk menanggulangi masalah keuangan Anda. Jika Anda terbiasa kerja lembur untuk membiayai hidup Anda maka Anda lama-lama akan merasa diperbudak pekerjaan Anda.

  • Jauhkan gaya hidup yang konsumtif, janganlah bersaing dengan tetangga, melainkan susunlah anggaran belanja yang bijak. Dengan demikian Anda dapat menikmati hidup yang agak santai dan jauh dari penyakit. Jangan sampai Anda harus mengejar-ngejar penghasilan yang berlebihan demi hidup mewah namun tidak santai dan penuh stres.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bekerja hingga lembur meningkatkan risiko serangan jantung. Benarkah?

Bila Anda adalah seorang yang gemar bekerja keras dan sering melakukan kerja lembur, sebaiknya Anda berhati-hati karena tubuh Anda mungkin tidak sekuat yang Anda kira.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr