Keluar dari Kubangan Media Interaktif

Penulis dan pembuat film Guy Debord pernah berkata bahwa teknologi menciptakan kondisi “keterasingan dari keramaian.”

838 views   |   shares
  • Penulis dan pembuat film Guy Debord pernah berkata bahwa teknologi menciptakan kondisi “keterasingan dari keramaian.” Hal ini benar sekali seperti saat ini. Perkembangan terakhir dari media interaktif adalah “media sosial.” Masalahnya istilah “media sosial” sangatlah tidak tepat. Kenyataannya, itu bukanlah kehidupan sosial sama sekali.

  • Saya akan memberikan dua contoh dari perjalanan saya ke bandara. Selagi menunggu penerbangan, saya memerhatikan seorang ibu muda mengetik SMS dengan jarinya yang begitu lincah di telepon genggamnya, sementara anak gadis kecilnya menarik-narik tangan ibunya dengan keras serta berusaha menunjukkan sesuatu kepada ibunya di sebelah luar jendela yang besar. Ini berlangsung selama beberapa menit, hingga gadis kecil itu menyerah. Sang ibu bahkan tidak memerhatikannya sama sekali. Pada saat yang bersamaan, saya menyaksikan dua anak remaja saling mengirim SMS dari setiap ujung bangku, tanpa pernah berkomunikasi secara verbal.

  • Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa rata-rata anak remaja Amerika menghabiskan hampir 11 jam sehari membenamkan diri di media interaktif. Bahkan bila ini cuma dibesar-besarkan, apakah ini bukan merupakan masalah? Berikut ini adalah beberapa cara yang saya sekeluarga pakai sehingga berhasil mengurangi ketergantungan kami pada media interaktif.

    1. Istri saya dan saya mengeluh karena banyaknya uang yang kami bayarkan setiap bulan untuk berlangganan TV satelit. Jadi, kami memutuskan untuk membeli antena televisi saja. Harganya hanya $30 (sekitar Rp. 300.000), kurang dari jumlah tagihan satu bulan untuk satelit TV. Saya agak pesimis apakah upaya ini akan berhasil. Saya sangat senang dan terkejut bahwa kami mendapat lebih dari dua belas saluran siaran televisi. Perubahan tersebut telah berhasil menghemat uang kami, mengurangi waktu menonton televisi, dan memiliki waktu luang tambahan untuk pengalaman yang lebih berharga seperti kegiatan membaca yang kami lakukan bersama.

    2. Anak-anak tampaknya tidak meluangkan waktu di luar sebanyak yang seharusnya mereka lakukan. Meskipun ada banyak faktor yang mendukung perubahan ini, salah satu penyebab utama adalah kecanduan bermain Permainan-permainan ini, selain membatasi kegiatan fisik, juga berdampak negatif pada cara anak-anak untuk bergembira. Anak-anak yang banyak bermain kehilangan kemampuan untuk menyenangkan diri mereka tanpa bantuan dari luar diri mereka.

    3. Internet merupakan alat yang luar biasa untuk penelitian. Melaluinya kita dapat menerima informasi dan menghubungi orang-orang dengan cara yang mustahil dalam beberapa dasawarsa yang lalu. Sayangnya, itu dapat digunakan untuk tujuan baik dan dapat pula untuk tujuan jahat. Terlalu sering internet berfungsi sebagai pintu gerbang racun seperti pornografi. Ruang obrolan via internet juga dapat membahayakan, karena memungkinkan orang-orang (yang berpotensi membahayakan) menampilkan diri dengan cara apa pun yang mereka inginkan. Demikian pula banyak orang dewasa mendatangkan masalah bagi diri mereka serta orang-orang yang mereka cintai dengan meluangkan terlalu banyak waktu dalam hubungan online, atau dengan membiarkan suami atau istri untuk “menjalin kembali hubungan” dengan “cinta lama.” Bahaya dari internet sangatlah nyata, oleh karena itu dalam keluarga harus waspada akan bahaya dari jaringan internet. Untuk para orang tua, pantaulah penggunaan internet oleh anak-anak Anda, dan batasilah waktu yang mereka habiskan untuk internet.

    4. Adalah susah untuk melepaskan telepon seluler karena kita biasanya dapat terhubung satu sama lain secara langsung. Di sisi lain, banyak dari telepon seluler zaman sekarang meyebabkan masalah yang telah saya ulas di atas. Telepon genggam telah menjadi komputer portabel yang berkemampuan untuk menampilkan siaran televisi, bermain serta terhubung dengan internet. Dengan semua kegunaan tambahan ini, kita mudah lupa bahwa kelengkapan ini sebenarnya tidak berguna sama sekali. Dapatkah Anda menemukan suatu hal mendesak yang mengharuskan Anda untuk bermain ? Daripada berlangganan bulanan yang mahal di perusahaaan telepon seluler, pertimbangkanlah untuk membeli pulsa yang hanya bisa untuk telepon dan sms saja. Saya dan istri saya telah melakukan ini, dengan memilih untuk menggunakan telepon seluler kami, hanya untuk keadaan darurat saja ketimbang untuk keperluan hiburan, dengan begitu kami menghemat ratusan ribu rupiah. Yang lucu, kami mendapati bahwa kami bahkan hampir tidak pernah menggunakan pulsa telepon yang kami beli.

  • Advertisement
  • Pada akhirnya, beberapa teknologi menyajikan kemudahan yang tidak diperlukan. Sejak dulu kita semua dapat hidup tanpanya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Unplugged Disconnecting from the mire of interactive media” karya Charles Senseman.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Charles lives in Colorado with his wife Irina. They are parents to five children. He received his MA in Political Science from Indiana State University and his BS from Utah State University.

Keluar dari Kubangan Media Interaktif

Penulis dan pembuat film Guy Debord pernah berkata bahwa teknologi menciptakan kondisi “keterasingan dari keramaian.”
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr