Menyuapi Anak Balita Tanpa Merasa Frustrasi

Anak-anak memiliki pembawaan berbeda-beda. Ada yang suka makan dan menyantap apa saja yang tersedia dengan lahap, sehingga Anda heran melihat lemari makanan cepat kosong. Ada pula yang sulit sekali makan.

1,469 views   |   1 shares
  • Anak-anak memiliki pembawaan berbeda-beda. Ada yang suka makan dan menyantap apa saja yang tersedia dengan lahap, sehingga Anda heran melihat lemari makanan cepat kosong. Ada pula yang sulit sekali makan. Yang terakhir inilah yang akan kita bahas sekarang. Anda mungkin mempunyai anak balita seperti ini. Di saat makan Anda harus mengejar-ngejar anak Anda dan bila disuapi mulutnya terkunci, kadang-kadang sesudah makanan masuk ke mulut makanan itu disemburkan ke luar, atau malah jatuh tertidur. Bila Anda menghadapi masalah seperti ini, beberapa gagasan berikut mungkin dapat membantu Anda untuk mengatasi persoalan Anda.

  • Makanlah lebih dulu

  • Menyuapi anak dengan perut lapar akan membuat Anda frustrasi, karena itu isilah perut Anda sebelumnya. Bukan berarti Anda mementingkan diri sendiri. Anda akan lebih sabar dan bijak ketika memberi anak Anda makan. Anak Anda juga akan lebih senang karena Anda tidak marah-marah atau kesal. Waktu makan jadi lebih menyenangkan dan bukan lagi waktu yang ditakuti oleh anak Anda.

  • Bermainlah

  • Banyak cara dipakai oleh orang tua ketika menyuapi anak balitanya. Dengan daya khayal kita mencoba menarik perhatian anak kita sehingga dia mau membuka mulutnya lebar-lebar. Misalnya dengan berpura-pura menganggap sendok sebagai pesawat terbang yang harus mendarat di mulut anak Anda. Atau dudukkan anak Anda di bangku dan anggaplah itu lokomotif yang harus diberi batu bara supaya dapat berjalan. Katakan kepada anak Anda bila dia sebagai lokomotif tidak mendapat tenaga dari makanannya, yang diumpamakan sebagai batu bara, maka dia tidak akan mempunyai kekuatan untuk menarik gerbong-gerbong kereta. Melalui cerita seperti ini anak Anda belajar mengapa tubuh kita perlu diberi makan.

  • Upah

  • Sediakan makanan kecil kegemarannya sebagai pencuci mulut. Buatlah agar-agar atau puding coklat dan beritahu anak Anda sesudah makan dia boleh menikmati "makanan kejutan." Sebaiknya jangan menghidangkan makanan penutup ini di meja, karena dia mungkin akan merengek dan menangis untuk makan puding lebih dulu. Anda juga dapat menjanjikan sesuatu yang menyenangkan, seperti berjalan-jalan ke taman sesudah makan. Atau menonton film kesukaannya bila dia menghabiskan makanannya.

  • Kegiatan

  • Ada baiknya mengajak dia bermain ke taman supaya dia merasa lelah dan lapar sepulangnya ke rumah. Namun bila anak Anda seperti anak saya dulu, pulang sekolah dia bukannya merasa lapar tapi malah mengantuk dan tidur ketika disuapi. Mungkin karena saat makan sudah lewat dan saat tidur siang sudah dekat.

  • Advertisement
  • Jadwal yang sama

  • Bila Anda memberi makan pada jam yang sama setiap hari, anak Anda akan merasa lapar pada jam-jam tertentu dan perutnya akan menagih makanan pada saat itu. Biasakan agar dia makan pagi setengah jam sesudah bangun, ini akan membantunya bila dia bersekolah nantinya. Dan jangan membiarkan dia makan terlambat di malam hari karena akan mengganggu waktu tidurnya.

  • Nonton TV

  • Jadikanlah ini upaya terakhir bila semua yang di atas tidak berhasil. Perhatian anak balita Anda akan tersita oleh tayangan di TV dan dia tanpa sadar akan membuka mulutnya ketika Anda menyuapinya. Sama seperti bila kita harus makan makanan yang kurang kita sukai, dengan menonton TV kita tidak memusatkan perhatian kepada makanan kita dan tahu-tahu piring kita sudah kosong.

  • Bila semua ini tidak berhasil dan anak balita Anda tetap tidak suka makan sehingga tubuhnya kurus, mungkin Anda perlu membawanya ke dokter anak supaya diberi minyak ikan atau vitamin lain yang akan membantu menambah selera makannya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menyuapi Anak Balita Tanpa Merasa Frustrasi

Anak-anak memiliki pembawaan berbeda-beda. Ada yang suka makan dan menyantap apa saja yang tersedia dengan lahap, sehingga Anda heran melihat lemari makanan cepat kosong. Ada pula yang sulit sekali makan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr