Menciptakan Suasana Alami dalam Rumah: Cara Berkebun dalam Ruangan

Berkebun dalam ruangan merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki lahan terbatas. Jika Anda adalah seorang yang gemar berkebun, jangan biarkan keterbatasan lahan menghalangi Anda untuk mengikuti hobi dan kegemaran Anda.

2,294 views   |   shares
  • Berkebun dalam ruangan merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki lahan terbatas. Jika Anda adalah seorang yang gemar berkebun, jangan biarkan keterbatasan lahan menghalangi Anda untuk mengikuti hobi dan kegemaran Anda. Dengan beberapa ide inovatif, Anda dapat mengubah dengan mudah tempat-tempat atau ruangan kosong menjadi kebun dalam ruangan yang indah. Dengan perencanaan dan perawatan yang tepat, berkebun dalam ruangan menghasilkan pertumbuhan sepanjang tahun tidak seperti berkebun luar ruangan yang lebih banyak bergantung pada cuaca. Jika Anda ingin membuat kebun dalam ruangan, perhatikan beberapa saran berikut ini, yang akan membuat pekerjaan Anda sedikit lebih mudah.

  • Tentukan tempat Anda. Lokasi memainkan peranan penting dalam membangun kebun dalam ruangan yang benar. Pilihlah lokasi atau tempat dalam rumah Anda yang mendapatkan sinar matahari setidak-tidaknya 3-4 jam sehari. Jika rumah Anda kekurangan cahaya, Anda perlu mempertimbangkan pilihan pencahayaan lainnya. Juga, pastikan bahwa tempat yang dipilih memiliki ventilasi atau aliran udara yang baik. Ruangan dengan jendela yang menghadap ke arah pancaran sinar matahari, paling bagus untuk berkebun dalam ruangan.

  • Tanamlah dari bibit. Langkah penting dalam berkebun dalam ruangan adalah menentukan kebun apa yang Anda inginkan. Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman, bunga, dan sayur-sayuran. Setelah Anda yakin apa yang Anda inginkan, belilah bibit dari toko tanaman atau pusat-pusat pertamanan karena mereka mempunyai banyak macam benih. Anda dapat juga membeli benih dari toko-toko di internet.

  • Pilihlah tanaman Anda. Pilihlah tanaman yang kemungkinan besar tumbuh di dalam ruangan. Tanaman seperti lili paris, philodendron, pohon dolar, berbagai jenis tanaman merambat, seperti sirih Belanda, juga berbagai tanaman tropis tumbuh dengan baik dalam ruangan.

  • Pilih pot Anda. Segera setelah Anda mempunyai bibit, sekarang saatnya untuk memilih pot atau wadah. Pot atau wadah yang terbuat dari tanah liat, kayu, atau keramik adalah cocok untuk berkebun dalam ruangan. Pikirkan tentang ukuran tanaman Anda. Apa pun wadah yang Anda pilih, pastikan bahwa pot tersebut bersih dan kering sebelum menambahkan tanah.

  • Mulai menanam. Taruhlah wadah Anda di tempat yang Anda inginkan dan isilah dengan tanah sesuai dengan jenis tanamannya. Anda dapat mulai menanam dengan menggunakan bibit atau benih dari toko tanaman atau dapat menggunakan cabang yang dipisahkan dari tanaman yang subur. Pastikan bahwa pot atau wadah Anda terisi dengan campuran tanah dan pupuk organik. Jika Anda suka menggunakan cabang potongan, tempatkan dengan posisi tegak lurus dalam wadah setinggi ¼ tanahnya dan terus tambahi dengan tanah sampai bagian potongannya tertutup. Jika Anda menggunakan benih dari biji, bacalah petunjuk terperinci sebelum Anda mulai menanam.

  • Advertisement
  • Perawatan. Setelah Anda selesai menanam, siramilah tanaman Anda dengan saksama. Pastikan tanaman Anda ditempatkan di tempat yang aman, hangat, dan mendapatkan cukup cahaya. Selalu perhatikan reaksi tanaman tersebut terhadap keadaan dan buatlah penyesuaian yang diperlukan. Perhatikan secara khusus ukuran pencahayaan, kelembaban, air, dan pengendalian hama. Penyiraman adalah faktor yang pentingb agi pertumbuhan tanaman, jadi periksalah tanahnya setiap hari untuk memantau seberapa sering Anda perlu menyirami tanaman Anda. Untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang sesuai, Anda dapat menutupi wadahnya dengan kertas koran yang telah dibasahi, namun jangan lupa untuk membuka tutup tersebut setelah tanaman tersebut berkecambah di atas tanah. Dengan menggunakan saran-saran ini Anda dapat segera memiliki kebun dalam ruangan yang segar, sehat untuk dinikmati dan dipelihatkan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Invite Mother Nature in: How to create an indoor garden” karya Alex Martin.

Bantu kami menyebarkan

Alex is a writing professional. He is a complete foodie, and a coffee connoisseur. Loves globetrotting and meeting people from different cultures... all this, apart from surviving the regular drudgery of life.

Menciptakan Suasana Alami dalam Rumah: Cara Berkebun dalam Ruangan

Berkebun dalam ruangan merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki lahan terbatas. Jika Anda adalah seorang yang gemar berkebun, jangan biarkan keterbatasan lahan menghalangi Anda untuk mengikuti hobi dan kegemaran Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr