Hal-hal ini sebaiknya sudah Anda persiapkan untuk anak sedini mungkin

Setiap orangtua tentu mendambakan anaknya memiliki masa depan yang baik dan cerah. Tidak ada yang mustahil, Anda hanya perlu mempersiapkannya dengan baik.

726 views   |   6 shares
  • Setiap orang tua tentu mendambakan anaknya memiliki masa depan yang baik dan cerah. Untuk mewujudkannya tidak ada yang mustahil. Banyak cara yang dapat Anda tempuh. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan beberapa hal di bawah ini, bahkan sejak anak masih bayi:

  • Mengasah keterampilan anak sejak dini

  • Agar anak tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas serta mandiri, Anda perlu membekali anak dengan pengetahuan sedini mungkin. Rumah adalah tempat pertama di mana anak mulai mendapatkan pendidikan dan juga mengenal talenta apa yang dimilikinya. Untuk itu jangan pernah bosan mengajarkan anak segala macam ilmu yang perlu diketahuinya dan dukung dia dan menemukan atau mengasah kerampilan yang dimilikinya. Mengasah kemandirian sejak dini juga dapat membantu anak mudah beradaptasi di segala lingkungan.

  • Tabungan pendidikan

  • Selain pendidikan yang Anda bekali di rumah, Anak juga tentu perlu mengenyam pendidikan di sebuah institusi pendidikan atau sekolah. Biaya pendidikan semakin hari semakin mahal, karenanya Anda juga perlu mempersiapkan tabungan pendidikan bagi anak agar masa depan pendidikan mereka dapat terjamin dengan baik. Mengenyam pendidikan setinggi mungkin adalah bekal terbesar anak meraih kesuksesan. Semakin tinggi ilmu yang didapatnya, maka akan semakin tinggi pula kemampuannya yang dimilikinya sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik selalu terbuka lebar baginya.

  • Asuransi kesehatan

  • Selain tabungan pendidikan, yang tak kalah penting lainnya adalah asuransi kesehatan anak. Sekarang biaya rumah sakit juga mahal. Kita tidak pernah tahu, kapanpun penyakit bisa menyerang termasuk anak-anak kita. Untuk itu sebaiknya anak juga memiliki asuransi kesehatan, bahkan sejak ia bayi.

  • Rumah yang ramah lingkungan

  • Agar anak dapat hidup dengan nyaman, usahakan untuk menciptakan lingkungan rumah yang ramah anak. Artinya rumah tersebut bersih, aman dan tenteram. Kalau bisa, akan lebih baik jika rumah tersebut sudah menjadi milik sendiri. Jangan hidup berpindah-pindah, karena anak membutuhkan penyesuaian lama untuk beradaptasi di tempat baru. Karena lingkungan tempat anak dibesarkan juga mempengaruhi bagaimana kepribadian anak kelak. Namun, jika secara terpaksa Anda berada di lingkungan yang tidak menunjang pertumbuhan anak dengan sehat, misalnya banyak orang-orangnya yang berbicara kasar dan tidak senonoh, anak muda yang suka minum dan mabuk serta hal-hal lainnya, maka Anda perlu bekerja ekstra mengawasi dan membatasi pergaulan anak nantinya.

  • Advertisement
  • Dana pensiun

  • Anda juga perlu mempersiapkan dana pensiun bahkan sejak anak masih bayi. Mengapa? Hal ini untuk menjaga-jaga kemungkinan terburuk terjadi, misalnya pemutusan hubungan kerja, kecelakaan yang membuat Anda tidak dapat bekerja dan lain sebagainya. Sehingga biaya kehidupan anak Anda dapat terjamin dalam jangka yang panjang.

  • Tabungan tak terduga

  • Tabungan tak terduga juga perlu. Ini pasti akan bermanfaat bagi anak Anda kelak. Misalnya, ketika anak memiliki kebutuhan lain di luar sekolah atau sebagainya.

  • Sebagai orangtua, kita harus mempersiapkan masa depan anak dengan matang sejak dini apapun yang terjadi. Ini penting, agar anak memiliki masa depan yang lebih baik lagi.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Hal-hal ini sebaiknya sudah Anda persiapkan untuk anak sedini mungkin

Setiap orangtua tentu mendambakan anaknya memiliki masa depan yang baik dan cerah. Tidak ada yang mustahil, Anda hanya perlu mempersiapkannya dengan baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr