Anak Anda kerap marah-marah setiap kali keinginannya tidak dituruti?

Anda ingin mengajar anak Anda perilaku yang benar namun anak Anda kelihatannya menjadi pemarah bila keinginannya tidak dituruti, apa yang harus Anda lakukan?

9,301 views   |   39 shares
  • Anda ingin mengajar anak Anda perilaku yang benar namun anak Anda kelihatannya menjadi pemarah bila keinginannya tidak dituruti, apa yang harus Anda lakukan? Anda merasa sedih karena melihat perilaku anak Anda, padahal selama ini Anda tidaklah memanjakannya secara berlebihan, mengapa adatnya menjadi begitu jelek? Di mana salah Anda sebagai orangtua dalam mendidik anak Anda? Dan apa yang dapat Anda perbuat untuk memperbaiki tingkahnya itu?

  • Berlaku tegas

  • Orang Inggris mengenal istilah "tough love," cinta yang tegas. Dengan cara ini anak tidak akan berani bersikap kurang ajar terhadap orangtua. Sebaliknya anak juga akan memahami bahwa orangtuanya mencintainya. Namun ada batas-batas tertentu yang tidak boleh dilanggarnya sebagai seorang anak. Cinta mengandung unsur kepatuhan. Bukan berarti cinta orangtua bersyarat, namun ada sifat dan sikap yang harus dipatuhi seorang anak untuk menjadi anak yang baik.

  • Tidak memanjakan

  • Memanjakan seorang anak bukan berarti cinta tanpa syarat. Terlalu memanjakan justru dapat merusak anak. Si anak menganggap bahwa apa saja perbuatan atau permintaannya harus dikabulkan karena orangtuanya takut dia marah. Biasanya orangtua terlalu memanjakan anak karena dia anak tunggal atau karena si anak suka sakit-sakitan. Sulit untuk mengubah kebiasaan buruk yang terlanjur merusak tingkah laku si anak. Sebaiknya orangtua memberi syarat untuk setiap permintaan si anak. Misalnya dia ingin memiliki mainan baru, katakanlah bahwa dapat memperolehnya jika dia mendapat nilai bagus untuk matematika. Atau jika dia mau membantu pekerjaan ibu di rumah.

  • Beri pengertian

  • Memang sulit memberi pengertian kepada anak kecil namun Anda dapat mengajaknya berbicara dan berusaha membuat dia mengerti bahwa jika dia marah-marah, itu tidak akan menolong apa pun. Ayah dan ibu akan merasa terganggu dan tidak ingin mengabulkan permintaannya. Sebaliknya jika dia bersikap manis dan meminta dengan baik-baik maka akan lebih besar kemungkinan permintaannya dikabulkan. Pembicaraan seperti ini mungkin akan menolongnya memahami bahwa tindakan yang buruk tidak akan menghasilkan apa pun dalam hidup ini. Dia harus berusaha mengambil hati orangtua atau siapapun yang dia perlukan.

  • Agama

  • Melalui agama apapun yang Anda anut ajarkanlah budi pekerti yang baik dan lembah lembut. Didiklah dia supaya patuh kepada orangtua mau mendengarkan perkataan orang-orang yang lebih tua. Jika dia masih mempunyai kakek nenek, tunjukkanlah teladan bagaimana Anda bersikap santun dan menghormati orangtua Anda sendiri. Teladan adalah cara mengajar yang paling jitu dan akan tertanam dalam-dalam di hatinya.

  • Advertisement
  • Hukuman

  • Jika dia tetap suka berteriak-teriak atau menjerit-jerit untuk mencapai maksud hatinya, padahal Anda sudah berusaha mengajak dia berbicara baik-baik, jatuhkan hukuman supaya dia mengerti bahwa perbuatannya itu salah. Anda tidak perlu menjatuhkan hukuman badan seperti pukulan atau jeweran di telinganya karena ini akan memperburuk keadaan. Ambillah salah satu hak istimewanya sebagai hukuman jika dia berbuat salah. Misalnya dia tidak boleh menonton teve selama seminggu atau tidak boleh main video game. Dengan begitu diharapkan dia akan berusaha mengubah sikapnya yang buruk. Ayah dan ibu hendaknya sepakat dalam hal ini, jangan sampai dia menonton teve atau main video game pada saat ayah bekerja. Ibu hendaknya menjalankan hukuman ini juga demi kebaikannya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Anak Anda kerap marah-marah setiap kali keinginannya tidak dituruti?

Anda ingin mengajar anak Anda perilaku yang benar namun anak Anda kelihatannya menjadi pemarah bila keinginannya tidak dituruti, apa yang harus Anda lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr